Inilah Menu Takjil untuk Buka Puasa yang Super Praktis

Yuk, mulai dari sekarang konsumsi makanan takjil untuk buka puasa yang sehat dan praktis dan dapatkan hadiah kejutan dari Alfamart

0
371

Puasa Ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim di dunia. Waktu puasa Ramadhan berlangsung selama kurang lebih 30 hari lamanya. Dengan berpuasa, seharusnya dapat membantu Anda untuk menjadi lebih sehat karena sudah mengontrol untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan yang biasanya Anda makan. Tapi, setiap yang berpuasa sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan manis saat berbuka. Mengapa demikian? Karena selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan dan sari makanan. Hal ini mengakibatkan kadar gula dalam darah menurun dan ketika kadar gula darah menurun, maka tubuh pun kekurangan sumber energi yang menyebabkan kondisi menjadi semakin lemas pada beberapa jam menjelang berbuka.

Sumber energi yang dimiliki pada tubuh manusia dihasilkan oleh karbohidrat yang mengandung glukosa atau gula, lalu tubuh akan memproduksi insulin yang mengubah gula tersebut menjadi energi. Oleh sebab itu, bagi yang berpuasa, sangat dianjurkan untuk berbuka dengan makanan atau minuman (takjil) yang manis, tujuannya untuk mengembalikan kadar insulin pada kondisi normal.

Namun harus selalu diingat bahwa makanan atau minuman yang manis tetap dalam porsi yang cukup atau tidak berlebihan karena dapat membuat timbulnya penyakit seperti diabetes. Berikut takjil buka puasa yang terbilang ringan dan cocok untuk dikonsumsi karena mempunyai nilai gizi yang baik.

1. Kurma

Kurma memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Dengan kandungan gula alami tersebut, kurma dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

2. Madu

Cairan yang dihasilkan oleh serangga lebah ini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh jika dikonsumsi sebagai makanan untuk buka puasa Anda. Karena madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan. Fungsinya untuk tubuh yaitu dapat melancarkan metabolism dan juga mengatasi gangguan pencernaan.

3. Air Putih

Saat Anda berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi yaitu saat tubuh kekurangan cairan yang dapat mengakibatkan Anda menjadi mudah lelah, sakit kepala dan juga sulit untuk berkonsentrasi. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih disaat berbuka puasa agar cairan di dalam tubuh dapat kembali normal.

4. Buah-buahan

Makanan untuk buka puasa yang baik dan bagus untuk Anda konsumsi selanjutnya yaitu buah-buahan seperti pisang, pepaya, semangka, jeruk, anggur dan lainnya. Mengosumsi buah segar saat dianjurkan karena buah mudah dicerna oleh usus.

5. Sayur-sayuran

Sayuran sangat cocok juga menjadi makanan untuk buka puasa Anda, karena sayuran sangat mudah dicerna oleh tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin, zat besi yang pastinya sangat bermanfaat untuk tubuh.

6. Biskuit

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan untuk buka puasa yang praktis, Anda bisa mengonsumsi biskuit Good Time. Bukan hanya praktis tapi juga memiliki banyak gizi yang baik untuk tubuh yaitu mengandung banyak kalori, lemak, karbohidrat, serta protein. Disaat mengembalikan energi di dalam tubuh, Anda juga bisa sekaligus mendapatkan hadiah dari Alfamart. Bagaimana caranya? Upload saja foto seru Anda saat berbuka puasa dengan Good Time dengan sekreatif mungkin, lalu tag atau mention ke Facebook Good Time Lover dan Instagram GoodTimeID lalu menangkan hadiah parcel lebaran Good Time dan voucher belanja Alfamart!

Yuk, mulai dari sekarang konsumsi makanan untuk buka puasa yang praktis dan juga bergizi agar Anda bisa tetap sehat dan juga semangat dalam menjalani aktivitas. Selamat berpuasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY