Agar Freezer Nugget Awet, Begini Cara Membersihkannya

Agar freezer nugget bisa dijalankan sesuai dengan fungsinya, tentu harus di bersihkan dengan cara yang benar. Berikut cara yang bisa Anda ikuti.

0
105
Freezer nugget

Makanan olahan seperti nugget termasuk makanan yang harus disimpan ke dalam alat pendingin seperti freezer agar bisa bertahan lama. Biasanya bila ingin membeli nugget Anda bisa mendapatkannya di supermarket atau minimarket. Di minimarket seperti Alfamart, nugget disimpan di freezer nugget yang berukuran besar. Biasanya nugget yang ada di Alfamart tersedia dalam beragam merek dan ukuran. Sehingga Anda bisa memilih produk nugget yang Anda sukai.

Seiring waktu, lapisan es di dalam freezer nugget akan menebal. Tentunya hal ini akan mengurangi efektivitas dari  freezer nugget tersebut. Bahkan bisa menyebabkan tagihan listrik membengkak. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya freezer nugget harus secara rutin dibersihkan. Tentunya agar freezer nugget bisa bertahan lama dan berfungsi sebagaimana mestinya, Anda harus tahu bagaimana cara membersihkannya.

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan freezer nugget

1. Persiapan

Siapkanlah beberapa barang berikut :

-Sarung tangan karet (opsional)

-Spons

-Kain bersih

-Sikat gigi (opsional)

-Air panas

-Lap piring

-Sabun cuci piring atau yang menggunakan pewangi ringan

-Baking soda (opsional)

2. Membersihkan Freezer

Sebaiknya sebelum mulai mencairkan dan membersihkan, harus mematikan freezer nugget atau mencabut colokan listrik agar tidak ada arus yang masuk dan bisa mencelakakan Anda. Kemudian, keluarkan semua makanan yang disimpan di freezer nugget. Lalu simpanlah di tempat yang terdingin di rumah Anda dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Rak yang terdapat di freezer nugget bisa Anda rendam dulu di air hangat. Gunanya untuk mempercepat proses pencairan es yang masih menempel. Setelah semua es meleleh, akan muncul air pada bagian dalam unit freezer nugget. Anda bisa bersihkan  sampai semua puing-puing dan air hilang dengan memanfaatkan spons dan air bersih.

Selanjutnya, Anda bisa menyiapkan air sabun hangat yang ditaruh pada ember dan spons bersih. Pastikan semua bagian freezer nugget benar-benar bersih. Untuk bagian segel Anda bisa menggunakan pembersih dan kain yang lembut. Setelah freezer nugget bersih, siapkan campuran baking soda dan air untuk membersihkan sisa sabun yang masih melekat. Anda bisa memanfaatkan baking soda untuk membantu menghilangkan noda yang sulit dihliangkan dan menetralisir bau yang tak sedap. Lap semua bagian alat pendingin ini dengan cairan baking soda dan air tersebut.

Setelah semua bagian freezer nugget di lap, diamkan sekitar 15 menit. Kemudian siapkan kain bersih yang dibasahi dengan air bersih. Bersihkan semua bagian freezer supaya tidak ada lagi sisa cairan baking soda yang tersisa. Setelah itu Anda bisa mencolokkan kembali kabel daya freezer nugget ke dalam stop kontak listrik. Lalu tunggu sekitar 24 jam agar suhu kembali seperti semula. Kemudian pasang kembali keranjang dan letakkan kembali semua nugget yang akan disimpan.

Beli Beragam Varian Nugget di Alfamart

Untuk mendapatkan nugget yang berkualitas dari produk-produk ternama, Anda bisa membelinya di Alfamart. Minimarket yang satu ini menyediakan beragam varian nugget yang lezat dengan beragam ukuran. Anda bisa membeli nugget yang Anda sukai di Alfamart dengan harga yang terjangkau.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY