Wajib Diketahui Orang tua! Tips Merencanakan Dana Pendidikan Anak

Berikut tips merencanakan dana pendidikan untuk anak tercinta yang wajib diketahui seluruh orang tua dan menangkan dana pendidikan senilai ratusan juta dari Alfamart

0
118
Tips rencana pendidikan

Setiap Anda sudah menjadi orang tua, pastinya Anda memiliki impian agar anak-anaknya memiliki masa depan yang cerah dan berharap dapat memberikan segalanya yang terbaik bagi si anak termasuk dalam hal pendidikan. Namun tak jarang jika hal tersebut memiliki beban karena biaya pendidikan yang cenderung meningkat pada setiap tahunnya.

Bila Anda tidak mempersiapkan dana pendidikan dengan cermat, tentunya bisa tidak sesuai dengan rencana Anda dalam hal pendidikan anak dan bahkan mengganggu rencana Anda lainnya. Untuk itu, rencanakan dana untuk urusan pendikan anak Anda sebaik mungkin dengan mengikuti beberapa tips rencana pendidikan berikut ini.

1. Persiapkan Anggaran Sedini Mungkin

Pastinya Anda sudah sering mendengar kata-kata “sedini mungkin” dalam merencanakan sesuatu. Hal tersebut memanglah benar adanya karena dengan begitu di kemudian hari Anda bisa lebih tenang dan tidak takut dana pendidikan untuk si kecil menjadi terganggu karena hal lain yang bisa datang kapan saja.

Apalagi jika Anda masih dalam usia produktif, Anda wajib mengumpulkan dana pendidikan untuk anak, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika anak masih dalam usia sekolah dan Anda sudah memasuki usia pensiun.

2. Atur Jumlah Anggaran Pendidikan

Tips rencana pendidikan anak selanjutnya yaitu dengan mengatur jumlah anggaran pendidikan yang dibutuhkan. Carilah informasi mengenai biaya sekolah yang Anda inginkan. Hitunglah berbagai biaya lain yang mungkin muncul seperti biaya ekstrakulikuler, buku tulis, seragam, uang pangkal dan lain sebagainya.

Selanjutnya, perkirakan berapa banyak kenaikan rata-rata biaya tersebut setiap tahunnya. Hal ini digunakan untuk dapat menghitung berapa nilai anggaran tersebut beberapa tahun dari sekarang hingga saatnya nanti anak Anda memasuki sekolah.

3. Menentukan Prioritas

Jika Anda memiliki kesulitan dalam mengatur dana pendidikan untuk anak. Anda bisa menyusun daftar skala prioritas. Kurangi anggaran apa yang tidak terlalu penting dan bisa dialokasikan pada dana pendidikan anak. Misalnya, Anda bisa mengurangi anggaran yang akan digunakan untuk rekreasi dan mengurangi biaya untuk berbelanja atau sekedar untuk konsumsi.

4. Alokasi Dana

Menyisihkan dana dari pendapatan Anda adalah tips rencana pendidikan selanjutnya. Sisihkan dana dari pendapatan Anda setiap bulannya minimal 10% sehingga target menabung dapat terpenuhi. Dengan tips rencana pendidikan ini, Anda bisa terbantu untuk mendisiplinkan diri dalam mengumpulkan dana pendidikan anak.

5. Teliti Sebelum Berinvestasi

Banyak perusahaan asuransi yang memiliki solusi tabungan untuk biaya pendidikan anak Anda. Tetapi, sebelum Anda memutuskan untuk menginvestasikan pendapatan Anda ke produk investasi tersebut, identifikasikan target finansial Anda terlebih dahulu.

Ketahui berapa rata-rata target finansial Anda terlebih dahulu, dengan begitu Anda bisa memperkirakan berapa banyak uang yang bisa Anda sisihkan tanpa beban dan berapa banyak risiko keuangan yang bisa dihadapi jika membeli produk investasi.

Itulah beberapa tips rencana pendidikan yang perlu Anda ketahui sebagai orang tua. Dapatkan berbagai manfaatnya jika Anda sudah mempersiapkan dana pendidikan untuk anak sedini mungkin.

Anda juga bisa mengikuti berbagai program yang dapat memberikan Anda hadiah berupa tabungan pendidikan untuk anak seperti kejutan akhir tahun Bebelac bersama Ponta untuk memenangkan hadiah tabungan pendidikan untuk anak Hebat senilai ratusan juta rupiah.

Caranya sangatlah mudah! Anda hanya perlu membeli produk Bebelac ¾ minimal 2x800gr/4x400gr dengan menggunakan kartu Ponta Alfamart dan Anda akan mendapatkan satu bintang. Kumpulkan bintang tersebut sebanyak-banyaknya selama periode promo. Yuk cek info selengkapnya di www.alfamartku.com sekarang juga.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY