5 Cara Menentukan Asuransi Jiwa yang Tepat

Saat ini kebutuhan akan asuransi jiwa bagi setiap orang sangat penting. Maka dari itu, berikut 5 cara menentukan asuransi jiwa yang tepat untuk Anda dan keluarga.

0
62
voucher asuransi

Zaman sekarang gaya hidup yang semakin tinggi membuat masyarakat perkotaan makin sadar akan perlunya memiliki asuransi untuk melindungi keuangan keluarga. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan hal tersebut ditambah dengan banyaknya perusahaan asuransi jiwa sekarang ini, menjadikan pertimbangan dalam memilih asuransi jiwa bertambah.

Namun untuk sebagian orang, masih ada yang belum mengetahui bagaimana memilih asuransi jiwa yang tepat. Berikut berbagai pertimbangan yang dapat dilakukan sebelum memilih asuransi jiwa untuk Anda dan keluarga.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam memilih asuransi jiwa adalah dengan mengenal dan memastikan produk seperti apa yang akan Anda beli. Pada umumnya, beberapa perusahaan asuransi akan menawarkan kepada Anda lebih dari satu produk, oleh karena itu Anda harus memilih produk dengan cermat sesuai kebutuhan, kemampuan, serta tujuan keuangan Anda. Selain itu, Anda juga harus mencari tahu risiko apa saja yang akan ditanggung, dan Anda juga harus membandingkan produk satu dengan yang lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Anggaran

Anggaran juga perlu dipertimbangkan dalam memilih asuransi jiwa. Hal ini penting untuk menyesuaikan anggaran Anda agar tidak mengganggu kebutuhan lainnya. Bila Anda memerlukan manfaat asuransi kesehatan yang lengkap namun memiliki anggaran terbatas, sebaiknya pilih asuransi kesehatan murni yang memiliki premi relatif lebih rendah daripada asuransi plus investasi. Disarankan Anda membuat anggaran bulanan untuk membayar asuransi jiwa Anda. Dalam teori prencanaan keuangan, cara idealnya adalah dengan mengalokasikan pendapatan sebanyak 10%-20% untuk asuransi.

Kredibilitas Perusahaan Asuransi yang Anda Pilih

Ingatlah selalu jika asuransi merupakan perjanjian jangka panjang. Jadi, Anda sangat perlu untuk mempertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi yang telah Anda tentukan. Pilihlah perusahaan asuransi yang tidak bermasalah dalam hal pengelolaan keuangannya. Anda bisa melihatnya dari laporan keuangannya melalui surat kabar, media massa, atau situs resmi perusahaan asuransi. Perhatikan peringkat, rating, dan RBC (Risk Based Capital) perusahaan tersebut, apakah telah sesuai ketentuan pemerintah yang minimal 120%. Intinya, harus kenali dengan baik seluk beluk perusahaan yang akan Anda pilih.

Pelayanan 

Untuk mempermudah Anda, pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan pelayanan ekstra yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam, tentunya hal ini akan memudahkan Anda jika memerlukan informasi mengenai detail produk asuransi jiwa kapanpun Anda butuhkan. Cari tahu juga bagaimana prosedur untuk melakukan klaim, seperti persyaratannya sampai dengan berapa lama klaim Anda akan dibayar nantinya. Apakah perusahaan tersebut memiliki kerjasama dengan pihak rumah sakit, sehingga memudahkan nasabah dalam mengajukan klaim, tanpa membayar terlebih dahulu.

Lakukan Selagi Anda Sehat

Tentunya setiap perusahaan asuransi memiliki kriteria berbeda dalam hal kondisi kesehatan calon pembeli asuransi mereka. Ada sebagian asuransi yang menolak pengajuan asuransi bagi calon nasabah yang dirasa tidak memenuhi persyaratan mereka. Hal ini karena berpengaruh terhadap premi yang dibayarkan.  Oleh karena itu, selagi Anda sehat belilah asuransi karena premi yang dibayarkan tidak akan mahal daripada Anda membelinya pada saat sudah sakit.

Asuransi Jiwa Tokio Marine, Asuransi Jiwa Terpercaya

PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia (TMLI) adalah salah satu anak perusahaan Tokio Marine Group, yang termasuk dalam kelompok perusahaan asuransi tertua di Jepang yang telah berdiri sejak 1879. TMLI menyediakan produk asuransi jiwa baik asuransi jiwa berjangka maupun asuransi jiwa seumur hidup. Salah satu asuransi jiwa berjangka adalah TM Peace of Mind. Asuransi ini merupakan asuransi jiwa berjangka dengan masa pembayaran premi berkala, yang menyediakan asuransi dasar dengan premi yang kompetitif dan pilihan masa pertanggungan antara 5 sampai 20 tahun. Sementara TM Legacy VIP merupakan asuransi jiwa seumur hidup yang bisa memberikan perlindungan seumur hidup dan memaksimalkan perencanaan warisan untuk keluarga Anda.

Bagi Anda yang sudah memiliki asuransi Tokio Marine, Anda sekarang bisa membayar voucher asuransi Tokio Marine di Alfamart. Bayar voucher asuransi di Alfamart tentu lebih praktis karena Anda bisa datang ke gerai Alfamart terdekat sekaligus sambil berbelanja. Cara bayar voucher asuransi Tokio Marine di Alfamart cukup mudah, Anda tinggal menyebutkan nomor ID kepada petugas. Selanjutnya, petugas Alfamart akan membantu proses pembayaran dan Anda tinggal meminta struk sebagai bukti pembayaran. Transaksi bayar voucher asuransi di Alfamart sangat aman dan terjamin, serta Anda tidak akan dikenai biaya khusus.

Selain bayar voucher asuransi Tokio Marine di Alfamart, Anda juga bisa membayar berbagai keperluan lain seperti cicilan, rekening air, dan juga TV kabel. Anda pun bisa melakukan pembelian voucher WiFi dan voucher game di Alfamart. Tak cuma menjadi tempat belanja favorit keluarga dengan menyediakan berbagai produk berkualitas, Alfamart juga membantu memudahkan keperluan pembelian dan pembayaran Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY