Wajib Dicoba, 5 Tips Menghemat Uang Jajan

Kebiasaan jajan harus dikontrol agar tidak menjadi kebiasaan yang memboroskan. Bagi Anda yang ingin melakukan penghematan uang jajan, Anda bisa mengikuti 5 tips berikut ini.

0
196
katalog alfamart jsm

Di kehidupan sehari-hari semua orang pasti perlu memenuhi kebutuhan pokok seperti sarapan, makan siang, dan makan malam. Akan tetapi, pasti disela-sela aktivitas yang Anda jalani muncul kebutuhan untuk membeli makanan di luar kebutuhan pokok tadi. Kebutuhan tersebut dinamakan jajan. Jajan diperlukan sebagai energi tambahan disaat waktu luang atau waktu diantara tiga jadwal makan tersebut. Di sinilah kemudian muncul kebutuhan akan jajan berupa makanan ringan seperti aneka jenis camilan atau minuman.

Jangan remehkan yang namanya jajan. Karena meskipun hanya berupa jajanan, Anda sebagai penikmatnya harus bisa mengontrol pengeluaran. Lalu bagaimana caranya agar bisa menghemat uang jajan ini dengan baik? Berikut ulasannya!

Jangan Lupa Sarapan

Sarapan sangat penting untuk dilakukan setiap hari. Dengan sarapan, Anda menjadi kenyang dan jika Anda  sudah kenyang maka keinginan untuk jajan pun akan berkurang. Memang salah satu alasan yang mendorong seseorang untuk jajan, karena diawali adanya rasa lapar. Untuk Anda yang sedang merencanakan program penghematan uang jajan, Anda bisa sarapan terlebih dahulu sebelum beraktivitas.

Membawa Bekal

Dengan membawa bekal makanan, bisa membantu Anda meminimalisir keinginan Anda untuk jajan sehingga bisa menghemat pengeluaran dengan baik. Sayangnya masih sedikit orang yang mau melakukan kebiasaan membawa bekal ke tempat aktivitas. Hal ini karena adanya rasa gengsi dan malu yang masih sangat besar. Bekal makanan ini tidak harus berupa makanan berat seperti nasi dan lauk pauknya, Anda juga bisa membawa bekal berupa makanan ringan seperti roti sandwich dan air minum.

Biasakan Hidup Sehat

Saat ini banyak sekali jajanan di luaran yang mengandung beberapa unsur kimia berbahaya bagi tubuh. Hal ini yang seharusnya Anda selalu ingat dan hindari. Dengan menjalankan pola hidup sehat, maka Anda bisa terhindar dari pengeluaran yang besar untuk jajan. Mengapa bisa demikian? Sebab ketika Anda sedang menjalankan hidup sehat dan saat hasrat ingin membeli jajan datang, maka Anda dipaksa untuk mengabaikan hasrat ini demi hidup yang sehat.

Buat Daftar Pantangan

Tentunya tidak semua jajanan makanan atau minuman bisa dikonsumsi. Ada sebagian orang yang memiliki pantangan terhadap sebuah makanan atau jajanan. Maka apabila Anda memang memiliki pantangan menu makanan, Anda bisa melakukan penghematan uang jajan. Caranya, dengan membuat daftar pantangan pada sebuah kertas. Setelah itu pasang dengan besar-besar daftar pantangan makanan dan minuman ini di tempat-tempat yang memungkinkan Anda sering melihatnya.

Cari Fasilitas Gratisan Hingga Promo Murah 

Jangan pernah malu untuk menggunakan semua fasilitas gratisan seperti WIFI gratis dan drinking fountain gratis. Anda juga bisa baca buku gratis di perpustakaan sebagai referensi tugas kuliah atau PR, dan sebagainya. Hal ini berguna untuk mengurangi pembelian kuota internet atau membayar sewa warnet. Selain memanfaatkan fasilitas gratis, Anda juga harus pintar-pintar mencari promo murah di tempat perbelanjaan.

Untuk menghemat biaya mingguan, Anda bisa berbelanja di Alfamart. Disetiap minggunya Alfamart selalu mengadakan promo JSM (Jumat, Sabtu, Minggu). Di promo ini Anda bisa mendapatkan produk yang dipromosikan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan hari biasa. Promo Alfamart JSM terbaru bisa Anda nikmati mulai dari hari jumat, sabtu hingga minggu. Untuk melihat apa saja yang ditawarkan pada promo JSM, Anda bisa melihat katalog Alfamart JSM. Katalog Alfamart JSM bisa Anda lihat updatenya melalui brosur yang biasa tersedia di setiap gerai Alfamart, maupun yang dibagikan ke rumah-kerumah oleh petugas Alfamart.

Selain itu, katalog Alfamart JSM bisa Anda lihat di situs resmi Alfamart di www.alfamartku.com atau bisa juga melihatnya di aplikasi Alfagift. Tentunya Alfamart sangat memudahkan konsumennya untuk mengetahui promo-promo terbaru yang dihadirkan.

Itulah 5 tips menghemat uang jajan yang bisa Anda coba. Ingatlah selalu untuk melakukan cara-cara di atas dengan keseriusan dan penuh totalitas agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari cara-cara jitu penghematan uang jajan di atas. Semoga berhasil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY