5 Tips Mengelola Keuangan Keluarga Tanpa Ribet untuk Para Istri

Sebagai istri, sudah menjadi tugasnya untuk mengatur keuangan keluarga. Berikut ini 5 tips mengolah keuangan keluarga untuk para istri tanpa perlu ribet.

0
154
download alfa gift

Setiap suami pasti ingin memiliki istri yang cerdas dalam mengelola keuangan keluarga agar penghasilan yang diperoleh bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun keperluan masa depan. Namun tidak bisa dipungkiri jika wanita gemar untuk berbelanja. Maka tak jarang, terjadi hal yang dilematis bagi sang istri antara memilih keinginan berbelanja dan memenuhi kebutuhan keluarga. Bila istri bisa mengatur prioritas dan berhemat maka keuangan keluarga akan aman.

Akan tetapi jika istri kurang cerdas memilah prioritas dan suka boros, maka sebesar apapun pendapatan suami pasti akan terus merasa kurang dan muncul berbagai persoalan. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini 5 hal yang sebaiknya dilakukan sang istri dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran:

Mengenali Kondisi Keuangan Keluarga

Dalam mengatur keuangan keluarga, Anda harus mengetahui kondisi keuangan keluarga. Ada baiknya Anda menuliskan pos-pos pemasukan dan pengeluaran, sehingga Anda bisa melihat keperluan apa saja yang harus dipenuhi pada setiap bulannya.

Menyusun Rencana Keuangan Bulanan

Setelah mengetahui keadaan keuangan, susunlah rencana keuangan untuk satu bulan ke depan, seperti kebutuhan biaya rutin bulanan, konsumsi, tabungan, dan biaya lain-lain. Anda harus membuat anggaran belanja secara realistis tapi jangan juga terlalu ‘irit’ juga. Anda perlu juga untuk memisahkan uang untuk berbagai keperluannya dan simpanlah segera di tempat yang berbeda, seperti amplop dan menuliskan posnya disana. Dalam melakukannya Anda harus disiplin dalam pemisahan uangnya.

Kenali Mana Keinginan dan Kebutuhan

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang bila tidak terpenuhi bisa menimbulkan dampak yang merugikan bagi Anda. Sementara keinginan adalah hal yang bila tidak dipenuhi tidak akan memberikan dampak yang merugikan. Bila istri bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan maka skala prioritas bisa disusun dengan tepat.

Menabung

Alangkah baiknya jika anggaran untuk menabung ditetapkan sejak awal setelah Anda menerima gaji dan sebelum pengeluaran untuk konsumsi. Hal ini bertujuan untuk melatih diri dan mengingatkan jika  tabungan merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus diutamakan.

Meminimalkan Belanja Konsumtif

Kebiasaan berbelanja konsumtif sangat mempengaruhi rencana keuangan Anda yang sudah disusun. Usahakan untuk mengutamakan berbelanja barang-barang yang menjadi kebutuhan terlebih dahulu, baru yang lainnya. Anda bisa juga memanfaatkan berbagai promo yang biasa ditawarkan oleh tempat berbelanja seperti Alfamart. Di Alfamart Anda bisa membeli berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, di Alfamart selalu mengadakan promo berhadiah produk maupun potongan harga yang bisa membuat Anda melakukan penghematan. Untuk memudahkan konsumennnya berbelanja, Anda bisa meng-update informasi terkait promo, undian maupun kuis berhadiah yang diadakan oleh Alfamart di aplikasi Alfa Gift.

Aplikasi ini memuat informasi terkait promo-promo produk atau undian, A-Kupon gratis, lokasi Alfamart, dan media sosial resmi baik di Facebook ataupun Twitter. Dengan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah mengecek berbagai informasi terbaru terkait promo Alfamart yang ada setiap bulan hingga minggunya.

Anda bisa download Alfa Gift di app store maupun Google Play. Dengan download Alfa Gift Anda tak perlu repot untuk datang ke gerai Alfamart dan Anda tidak akan ketinggalan informasinya. Selain itu, dengan download Alfa Gift, Anda bisa mengikuti promo Alfa Gift yang dinamakan Gebyar Undian Hadiah Alfa Gift. Promo Alfa Gift ini menjadi program hadiah undian pertama yang ada di Alfa Gift dengan menawarkan berbagai hadiah menarik berupa 1unit Mobil Honda Mobilio, 10 unit Motor Honda Beat, 25 unit smartphone Samsung Note 8, 3pcs Logam Mulia 5gr, 50 voucher belanja Alfamart sebesar Rp1 juta dan 100 voucher belanja Alfamart senilai Rp500 ribu. Promo Alfagift berlangsung dari tanggal 1 Desember 2017 sampai dengan 31 Januari 2018.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Gebyar Undian Hadiah Alfa Gift, Anda bisa megecek informasinya di aplikasi Alfa Gift, maupun situs resmi Alfamart di www.alfamartku.com. Ayo ikut undiannya sekarang juga.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY