Mau Tabungan Rp10 Juta Meski Gaji Pas-pasan? Yuk, Ikuti 6 Tips Menabung Ini

Meski gaji Anda pas-pasan bukan berarti Anda tidak bisa menabung bukan? Ada 6 tips menabung yang bisa Anda ikuti yang memungkinkan Anda memiliki tabungan sebesar Rp10 juta.

0
140
tips menabung

semua orang pasti sudah tahu dengan manfaat menabung yang seringkali dikenalkan sejak seseorang masih kecil (usia sekolah). Meski terlihat mudah dan tidak merepotkan, namun ketika dipraktikkan kegiatan menabung cukup sulit untuk dijalankan oleh sebagian besar orang. Bukan hanya oleh para pelajar yang belum bekerja, mereka yang telah bekerja dan memiliki penghasilan pun, terkadang masih sulit untuk menjadikan menabung sebagai kebiasaan.

Alasan seseorang tidak menabung cukup beragam, mulai dari gaji yang terlalu kecil, pengeluaran yang selalu membengkak, atau bahkan penghasilan yang tidak pernah cukup untuk menutupi semua kebutuhan. Padahal bila ada tabungan, suatu waktu jika ada kebutuhan dan juga pengeluaran yang muncul mendadak Anda tak perlu bingung lagi. Hal-hal seperti inilah yang patut dijadikan sebagai alasan mengapa penting untuk segera memiliki tabungan.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana caranya mulai menabung, simaklah tips menabung berikut ini, yang bisa dilakukan untuk memiliki tabungan Rp10 juta dengan gaji yang pas-pasan:

Atur Anggaran dengan Ketat

Tips menabung yang pertama adalah mengatur anggaran pengeluaran bulanan. Biasakan untuk melakukan hal ini sebelum gaji turun, agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk menghitung, mempertimbangkan, dan menyusun anggaran yang dibutuhkan. Susun anggaran ini dengan ketat dan semua kebutuhan terpenuhi dengan tepat. Anda hanya perlu menggunakan uang untuk membelanjakan uang untuk berbagai kebutuhan pokok. Hindarilah berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting dan memiliki efek pemborosan di dalam keuangan.

Menempatkan Dana Darurat Sejak Awal

Dalam menyusun anggaran bulanan jangan lupa untuk menempatkan dana darurat di dalam anggaran keuangan, supaya tidak ada lagi alasan untuk mengganggu gugat sejumlah dana tabungan yang dimiliki. Ini sangat penting untuk ditempatkan diawal, sebab akan berdampak besar bagi keberlangsungan dana tabungan yang telah disisihkan di dalam keuangan setiap bulannya.

Utamakan Kegiatan Menabung setelah Gajian

Utamakan untuk menyimpan dana tabungan terlebih dulu sesaat setelah gaji cair. Hal ini sangat penting untuk selalu dilakukan, sebelum akhirnya mengalokasikan gaji ke berbagai pos pengeluaran lainnya di dalam keuangan. Bila Anda disiplin melakukan hal ini, maka setiap bulannya akan bisa memiliki sejumlah tabungan secara rutin.

Tabung Uang dalam Rekening Khusus

Tips menabung selanjutnya adalah memisahkan dana tabungan dari dana lainnya, sehingga Anda tidak akan mengganggu dan menggunakan dana tersebut. Buatlah sebuah rekening terpisah untuk dana tabungan ini, dan Anda tidak perlu membawa buku tabungan atau kartu ATM nya ketika berbelanja. Ketika gaji cair, segeralah mentransferkan sejumlah dana tabungan untuk membantu memudahkan dalam mengelola keuangan dengan ketat.

Tentukan Nominal Khusus

Tips menabung ini khusus bagi Anda yang menabung di rumah tanpa menyimpannya di dalam rekening tabungan. Anda bisa menabung misalnya memasukkan pecahan Rp20 ribu, pecahan Rp10 ribu, dan yang lainnya. Masukkan uang tersebut ke dalam celengan atau ke dalam wadah kaca yang terlihat menarik bagi Anda. Kegiatan ini cukup menyenangkan, apalagi jika Anda memiliki keinginan yang kuat untuk menabung.

Berhemat dan Tabungkan Setiap Hari

Selain tabungan bulanan, Anda juga bisa melakukan penghematan pengeluaran harian mulai sekarang. Karena ternyata pengeluaran harian juga lumayan besar jika melakukannya sepanjang bulan. Misalnya bila Anda sering menggunakan taksi untuk pergi ke kantor, sebaiknya mulai sekarang menggunakan kendaraan umum lainnya yang lebih seperti bus atau kereta. Bisa juga berhemat dengan membawa bekal makan siang dari rumah, sehingga bisa menabung dan memakan makanan yang sehat setiap harinya.  Tips menabung harian ini bisa membantu untuk menabung dalam jumlah besar, bahkan jauh lebih besar dari yang Anda perkirakan.

Anda bisa juga berbelanja kebutuhan sehari-hari mengandalkan promo yang sering diadakan di tempat perbelanjaan seperti minimarket. Salah satu minimarket yang secara rutin mengadakan promo baik mingguan maupun bulanan adalah Alfamart. Ada berbagai keuntungan bila Anda berbelanja di Alfamart. Di Alfamart menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari yang cukup lengkap mulai dari makanan, minuman, produk kecantikan, kebutuhan bayi, dan lain-lain.

Selain itu harga yang dipatok untuk setiap produknya cukup terjangkau. Alfamart juga hadir diberbagai daerah di Indonesia bukan hanya di pusat kota, bahkan hingga ke pelosok daerah. Alfamart selalu meng-update segala informasi promo di situs resminya di Alfamartku.com. Bagi Anda yang tak ingin ketinggalan informasi soal penawaran promo di Alfamart kunjungi gerai Alfamart atau situs resminya ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY