5 Cara Mengatasi Mual dalam Perjalanan

Sebagian orang ada yang selalu mengalami mabuk perjalanan di kendaraan. Untuk mengatasi kebiasaan tersebut, berikut 5 tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa Anda coba.

0
94
tips agar tidak mabuk perjalanan

Berpergian untuk urusan jalan-jalan menggunakan transportasi darat, laut, ataupun udara tentu akan sangat menyenangkan. Namun bagi orang yang sering mengalami mabuk perjalanan tentu akan menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan.

Ketika mengalami mabuk perjalanan, pasti perut akan terasa mual, kepala pusing dan terasa sakit, tubuh lelah, muncul keringat dingin, peningkatan air liur, dan juga kulit nampak pucat. Kondisi tersebut pastilah  menjadi gangguan bagi orang-orang yang hendak melakukan perjalanan jauh. Agar perjalanan Anda menyenangkan, Anda harus menyimak cara mengatasi mual dalam perjalanan di bawah ini.

Duduk di Bagian Depan

Cara mengatasi mual yang pertama adalah usahakan untuk duduk di bagian depan bepergian menggunakan mobil pribadi. Salah satu penyebab mengapa seseorang bisa merasa mual dan pusing, adalah karena adanya ketidaksesuaian antara apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tubuh menginterpretasikan gerak kendaraan. Hal itulah yang menjadi penyebab mual dan pusing sebagai gejala dari mabuk kendaraan. Untuk mengatasi hal tersebut, duduklah di kursi depan agar fokus mata berada di jalan yang Anda lihat di kursi depan.

Posisikan Kepala dalam Keadaan Stabil

Untuk menjaga pandangan mata tetap dalam keadaan stabil sebaiknya Anda memosisikan kepala dalam keadaan yang stabil. Hal tersebut bisa membantu menjaga kondisi kepala tetap dalam kondisi rileks sehingga kepala tidak terasa pusing. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti bantal kepala agar membuat posisi kepala tetap stabil.

Jangan Makan Berlebihan

Yang tak boleh dilupakan juga sebelum melakukan perjalanan adalah mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk mencegah tubuh merasa kelelahan. Namun, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu banyak dan memiliki kandungan lemak berlebih serta makanan pedas. Kedua jenis makanan tersebut berpotensi menyebabkan rasa mual dan juga muntah.

Minum Obat Anti Mabuk Sebelum Melakukan Perjalanan

Cara mengatasi mual yang tak kalah efektifnya adalah meminum obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan. Obat ini biasanya dijual bebas di toko-toko obat maupun minimarket. Namun sebelum mengonsumsi obat anti mabuk tersebut, Anda harus membaca baik-baik aturan pemakaian untuk memastikan apakah obat tersebut memberikan efek samping seperti mengantuk atau tidak.

Gunakan Minyak Kayu Putih

Cara mengatasi mual yang biasanya dilakukan oleh banyak orang dalam perjalanan adalah mengoleskan minyak kayu putih di dada maupun perut. Cara ini dianggap bisa menjadi obat paling ringan namun ampuh untuk menghilangkan mabuk perjalanan Anda. Minyak kayu putih bisa memberikan rasa nyaman pada tubuh dan aroma minyak kayu putih bisa sebagai aromaterapi untuk mencegah mabuk perjalanan.

Permen Mint dan Permen Karet

Memakan permen mint atau permen karet bisa juga Anda coba untuk mengatasi mual dalam perjalanan. Rasa mint dari permen akan memberikan rasa nyaman pada mulut sehingga keinginan untuk muntah bisa dihindari. Permen karet juga bisa mencegah mabuk perjalanan dengan mengunyah permen karet bisa mengalikan rasa mual dan membantu produksi air liur lebih banyak.

Tentunya untuk melakukan perjalanan, Anda perlu melakukan persiapan yang matang. Anda bisa membeli kebutuhan perjalanan seperti camilan, minyak kayu putih, obat anti mabuk perjalanan, permen mint dan permen karet di Alfamart. Semua produk yang ada di Alfamart dijual dengan menyediakan berbagai varian dan harga yang terjangkau. Selain itu, setiap weekend Alfamart menyediakan promo JSM (promo Jumat Sabtu Minggu). Di promo ini Anda bisa membeli produk tertentu dengan harga yang telah ditentukan.  Untuk mengetahui lebih lengkap terkait produk dan juga promo yang ada di Alfamart, Anda bisa mengunjungi situs resmi www.alfamartku.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY