5 Cara Mengatur Uang Belanja Harian untuk Ibu Rumah Tangga

Mengatur uang belanja bulanan untuk sebagian ibu rumah tangga gampang-gampang susah. Tapi jangan khawatir, berikut ada 5 cara mengatur uang belanja harian yang bisa Anda coba.

0
214
cara mengatur uang belanja harian

Belanja harian menjadi rutinitas yang tidak bisa dihindari oleh ibu rumah tangga sehingga harus pintar-pintar melakukan penghematan agar kebutuhan keluarga bisa terpenuhi dengan baik. Namun, tidak semua ibu rumah tangga pintar mengelola uang belanja. Bagi ibu rumah tangga yang sering mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan belanja, bisa ikuti cara mengatur uang belanja harian berikut ini.

Buat Rencana Belanja Selama Satu Bulan

Cara mengatur uang belanja harian yang pertama, buatlah rencana anggaran belanja untuk satu bulan penuh. Tentukan berapa nominal belanja dapur dan keperluan sehari-hari seperti sabun, sampo, tisu, dan lain-lainnya. Usahakan untuk mencatat secara detail dan teliti keperluan yang Anda dan keluarga butuhkan, jangan sampai ada yang ketinggalan. Masukkan anggaran belanja harian Anda ke dalam amplop. Buatlah masing-masing satu hari satu amplop dan berikan tanggal dari 1 sampai 31 pada masing-masing amplop.

Dengan cara ini Anda akan memiliki kurang lebih 31 amplop yang harus Anda isi dengan uang belanja harian. Jumlah uang yang dimasukkan ke dalam amplop harus sesuai dengan rencana anggaran yang telah Anda buat tadi dan setiap hari ambil uang belanja dari tiap amplop tersebut.

Buatlah Catatan Belanja

Penting juga untuk membuat catatan belanja. Catatlah barang apa saja yang sekiranya Anda perlukan dan harus dibeli. Ketika sedang berbelanja, bawalah catatan tersebut untuk menghindari kelupaan barang yang harus dibeli.

Buat Daftar Menu Makanan Perminggu

Cara mengatur uang belanja harian selanjutnya adalah dengan membuat daftar menu makanan selama 1 minggu. Ketika Anda belanja harian berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan yang telah dibuat tersebut. Cara ini bisa membuat Anda terjaga dari keinginan untuk berbelanja di luar rencana yang telah dibuat saat belanja untuk menu makan harian. Pada umumnya ibu rumah tangga yang tidak membuat daftar menu makanan, akan sulit membedakan antara mana yang harus dibeli dan mana yang seharusnya tidak dibeli.

Lihat dan Bandingkan Setiap Produk Sebelum Membeli

Ketika berbelanja, sebaiknya Anda membandingkan setiap produk yang ingin dibeli. Belilah produk yang memang benar-benar diperlukan oleh diri Anda. Bila harganya terlalu mahal, Anda bisa mengganti dengan produk lain yang sejenis.

Mencari Informasi Tentang Promo

Anda harus rajin mencari tahu informasi soal promo atau diskon yang biasanya disediakan oleh supermarket atau minimarket. Dengan mencari informasi soal promo atau diskon, secara otomatis Anda bisa menghemat uang belanja. Salah satu minimarket yang sering mengadakan promo atau diskon adalah Alfamart. Ada beberapa cara untuk mengetahui promo yang ada di Alfamart, yakni:

  1. Mendatangi langsung gerai Alfamart dan menanyakan kepada petugas Alfamart soal promo atau diskon periode bulan ini.
  2. Melihat dari katalog yang ada di gerai Alfamart. Ini bisa Anda dapatkan di dekat kasir Alfamart. Atau melihat dari brosur yang sering dibagikan oleh petugas Alfamart ke rumah-rumah warga.
  3. Bisa juga dengan mengunjungi situs resmi Alfamart di alfamartku.com.
  4. Anda juga bisa meng-update informasi soal promo Alfamart melalui aplikasi Alfagift yang bisa Anda download di Play Store maupun App Store secara gratis.

Itu dia 5 cara mengatur uang belanja harian yang bisa Anda coba. Semoga membantu Anda untuk bisa melakukan penghematan pengeluaran keperluan belanjaan Anda ya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY