5 Tips Agar Hasil Foto dengan iPhone Makin Cantik

iPhone dikenal akan kemampuan kameranya yang bagus. Tapi dalam membidik objek, agar makin bagus Anda bisa mengikuti 5 tips berikut ini agar hasil foto dengan iPhone lebih cantik.

0
186
promo iphone x

Salah satu smartphone yang banyak sekali diminati oleh masyarakat Indonesia adalah iPhone. Smartphone yang satu ini memang terkenal canggih dan sangat bisa diandalkan khususnya untuk mengambil foto. Jangan salah, meski hanya menggunakan smartphone, banyak foto indah yang berhasil diabadikan. Untuk mengabadikan momen menjadi foto yang bagus dengan iPhone sebenarnya tidak terlalu susah, asalkan bisa mengikuti beberapa aturan penting soal exposure, fokus, komposisi, dan pengeditan foto. Bila Anda ingin menghasilkan foto yang cantik dengan mengandalkan iPhone, berikut lima teknik penting yang harus Anda diketahui:

Bersihkan Lensa dan Fokus

Seringnya iPhone digunakan dan diletakkan termasuk di genggaman tangan atau dalam tas, bisa membuatnya cepat kotor. Kotoran yang menempel seperti debu, minyak, sidik jari pada lensa bisa berpengaruh pada hasil foto. Kaca lensa yang kotor bisa menghalangi cahaya masuk ke sensor kamera, sehingga akan memunculkan obyek seperti noda dalam hasil foto. Bila lensa iPhone Anda bersih, maka akan memudahkan untuk mendapatkan hasil foto yang tajam dan jernih. Maka dari itu, sebelum membidik objek Anda harus membersihkan lensa terlebih dahulu. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kain lembut.

Fokus juga harus Anda perhatikan untuk mengambil foto yang bagus.  Untuk menghasilkan fokus pada kamera iPhone, Anda hanya cukup tap layar pada subyek yang ada di dalam frame. Setelah itu, akan muncul sebuah kotak kuning kecil yang akan memastikan titik fokus. Usahakan agar kamera tidak goyang saat mengambil foto. Bila subyek berpindah, tap layar sebelum memotret agar hasilnya tetap fokus.

Atur Exposure Secara Manual

Exposure merupakan istilah dalam fotografi yang mengatur banyaknya cahaya yang jatuh ke medium (film atau sensor gambar) dalam proses pengambilan foto. Intinya, exposure itu berfokus pada seberapa terang dan gelapnya foto. Ketika Anda akan men-tap subjek untuk menentukan fokus, kamera akan menggunakan titik fokus untuk mengatur exposure. Terkadang menggunakan kamera untuk mengatur exposure secara otomatis bukan menjadi pilihan yang baik. Pada iOS, Apple disediakan tool exposure manual berupa ikon matahari yang muncul di samping kotak fokus berwarna kuning tadi. Anda bisa menggeser ikon matahari tadi ke atas atau bawah untuk menyesuaikan exposure agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Hindari Menggunakan Fitur Zoom

Bila Anda ingin mengambil foto subjek yang cukup jauh, hindari menggunakan zoom. Sebaiknya dekati subjek tersebut daripada harus menggunakan zoom untuk mendapatkan kualitas foto yang lebih bagus. Cara lain, Anda bisa memotong foto (cropping) dalam proses pengeditan untuk membuat subjek tampak lebih jelas.

Komposisi Rule of Thirds dan Leading Lines

Rule of thirds adalah salah satu komposisi fotografi yang cukup dikenal oleh penggemar fotografi. Aturan komposisi ini menjadi acuan untuk keseimbangan elemen foto, sehingga secara keseluruhan foto yang dihasilkan akan tampak lebih enak dilihat. Komposisi fotografi ini juga berlaku dalam fotografi mobile. Untuk pengguna iPhone, bisa menggunakan fitur grid pada layar untuk membantu mengatur komposisi foto. Cara menampilkan grid, yakni akses Settings, pilih Photo & Camera, lalu aktifkan Grid. Untuk pemula, fitur Grid bisa membantu melatih mata agar terbiasa dengan rule of thirds.

Komposisi fotografi lain yang bisa dipraktikan adalah leading line yang merupakan garis di dalam foto yang mengarahkan mata kepada subyek utama. Banyak hal yang bisa menjadi leading line seperti jembatan, garis pantai, pagar,  dan rel kereta api.

Jangan Lupa Eksplorasi Berbagai Fitur

Solusi untuk mengatasi latar belakang foto yang terlalu berantakan dan warnanya mengganggu adalah dengan mengubahnya menjadi black and white (BW) atau hitam putih. Anda juga bisa mencoba mode panorama di iPhone jika ingin mengambil foto pemandangan yang luas. Fitur ini bisa Anda gunakan langsung dari aplikasi kamera iPhone.

Cara lain untuk menghasilkan foto yang menarik adalah dengan memotret dari berbagai angle dan jarak. Jadi, sebisa mungkin ambil foto sebanyak yang Anda inginkan untuk mendapatkan satu foto yang terbaik.  Yang perlu diingat juga adalah bila Anda ingin mengedit foto, sebaiknya jangan menggunakan terlalu banyak aplikasi agar hasilnya tidak berlebihan.  Semoga tips di atas bisa membantu Anda menghasilkan foto yang lebih bagus dengan mengandalka iPhone.

Salah satu produk Apple yang baru saja dirilis secara resmi pada 2017 lalu yakni iPhone X yang menandai sepuluh tahun iPhone muncul di industri smartphone. iPhone terbaru ini diklaim paling spesial yang pernah ada, karena ada banyak fitur baru di iPhone X. Salah satunya adalah fitur Kamera TrueDepth yang memungkinkan kamera untuk bisa mengukur kedalaman gambar dengan mengetahui jarak setiap objek dengan lensa kamera. Selain itu, kamera iPhone X bisa menghasilkan efek bokeh seperti yang bisa dihasilkan kamera DSLR. Ada pula Wireless Charging yang merupakan fitur teknologi pengisian daya baterai nirkabel.

Bagi Anda yang ingin memiliki iPhone X dan sedang mengumpulkan uang untuk membelinya, coba saja ikutan promo iPhone X yang diadakan oleh Alfamart dan juga Sunsilk. Promo iPhone X ini dinamakan Program “Sunsilk Reward Point”. Dalam program “Sunsilk Reward Point” Anda bisa mendapatkan iPhone secara gratis. Bukan cuma promo iPhone, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah lain berupa 10 Samsung Note 8, 15 Emas Logam Mulia @ 10 gram, dan 20 Go Pro Hero 5. Untuk lebih lengkapnya, berikut syarat dan ketentuan program “Sunsilk Reward Point”.

Syarat dan Ketentuan

  1. Program “Sunsilk Reward Point” adalah program promo yang diberikan kepada konsumen Alfamart yang membeli Sunsilk Shampoo 170ml/340ml atau Sunsilk Conditioner 170ml.
  2. Untuk mengikuti program ini, konsumen harus mendaftarkan email terlebih dahulu dengan melakukan klik pada tombol “Daftar” dan melakukan login dengan melakukan klik pada tombol “Login” di bagian atas web ini.
  3. Setiap kali konsumen berbelanja Sunsilk Shampoo 170ml/340ml atau Sunsilk Conditioner 170ml di semua toko Alfamart, konsumen akan mendapatkan nomor transaksi dan kode yang tertera pada bagian bawah struk belanja.
  4. Upload nomor transaksi dan kode tersebut pada menu tambah poin di link http://sunsilk.alfamartku.com.
  5. Setiap upload nomor transaksi dan kode yang sesuai ketentuan, konsumen secara otomatis akan mendapatkan 1 (satu) poin, berlaku kelipatan untuk kode yang didapat dari pembelian Sunsilk Shampoo 170ml atau Sunsilk Conditioner 170ml. Konsumen juga bisa mendapatkan 2 (dua) poin, berlaku kelipatan untuk kode yang didapat dari pembelian Sunsilk Shampoo 340ml.
  6. Kumpulkan poinnya dan jadilah pemenang Grand Prize di akhir periode program.
  7. Pemenang Hadiah Utama ditentukan berdasarkan hasil perolehan poin tertinggi di akhir periode program.
  8. Pemenang akan dihubungi oleh Alfamart dan pemenang harus dapat menunjukkan struk asli pembelanjaan yang sah pada saat verifikasi oleh Pihak Penyelenggara.
  9. Periode program dimulai pada 15 Februari 2018 sampai dengan 31 Maret 2018.
  10. Promosi tidak berlaku untuk Karyawan Alfamart.
  11. Jumlah poin yang telah dikumpulkan dapat dilihat pada menu Cek Poin di website
  12. Dengan mengikuti program ini, konsumen secara otomatis dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang ada pada program ini.
  13. Dengan mengikuti program ini, konsumen memberikan izin kepada pihak penyelenggara (Alfamart) untuk menggunakan data konsumen demi kepentingan program dan/atau group perusahaan dari pihak penyelenggara.
  14. Syarat dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu.
  15. Keputusan pihak penyelenggara bersifat final dan tidak dapat diganggu-gugat.
  16. Penyelenggara berhak untuk mendiskualifikasikan Peserta maupun Pemenang yang tidak memenuhi dan/atau melanggar dan/atau dicurigai melakukan kecurangan terhadap ketentuan ini.
  17. Hati-hati penipuan yang mengatasnamakan program ini. Informasi tentang program, perolehan poin, dan poin tertinggi hanya terdapat pada website
  18. Pajak ditanggung pemenang.
  19. Promo ini dijalankan sepenuh nya oleh Alfamart. Keterangan lebih lanjut dan pertanyaan mengenai promo ini bisa menghubungi Call Center Alfamart di (021) 1500 959 atau email sahabat_alfamart@sat.co.id.

Ayo manfaatkan promo iPhone X yang ada di program “Sunsilk Reward Point” untuk dapatkan smartphone impianmu dan hadiah menarik lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY