7 Tips Belanja Bahan Makanan bagi Anda yang Ingin Melakukan Penghematan

Harga yang serba mahal membuat Anda harus pintar mengatur uang belanja setiap bulannya. Anda bisa ikuti 7 tips belanja makanan berikut ini untuk lakukan penghematan.

0
82
tips belanja bahan makanan

Tak dapat dipungkiri sekarang semua serba mahal, tak terkecuali bahan makanan. Meskipun demikian, Kegiatan di dapur harus tetap berjalan terus. Bagi Anda yang sudah berkeluarga pasti terkadang merasa kesulitan mengatur keuangan untuk belanja bahan makanan. Sekarang tak perlu kesulitan lagi, Anda bisa mencoba tips belanja bahan makanan berikut ini agar kegiatan memasak bisa tetap menyenangkan tapi tidak menguras dompet.

  1. Buat Rencana. Mulai sekarang cobalah sebelum tidur malam, Anda membuat rencana menu untuk esok hari. Anda bisa menyusun daftar belanjaan yang disesuaikan dengan kebutuhan menu tadi. Dengan merencanakan apa yang akan dibeli, masak, dan makan bisa membantu Anda lebih sehat, menghemat uang lebih banyak, dan mengurangi makanan sisa.
  2. Ikuti Daftar Belanjaan yang Telah Disusun. Pada kenyataannya, saat belanja Anda sering sekali tergoda membeli berbagai macam bahan masakan dan barang-barang lain di luar daftar belanjaan yang telah dibuat sebelumnya. Untuk melakukan penghematan cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyusun menu selama 1 minggu dan beli bahan makanan yang ada di daftar belanjaan yang telah dibuat. Cara ini benar-benar bisa membantu Anda melakukan penghematan.
  3. Makan Buah dan Sayur yang Sedang Musim. Biasanya makanan-makanan seperti ini dijual dengan harga yang relatif murah. Manfaatkan momen ini untuk bisa menghemat pengeluaran. Hindari mencari buah atau sayur yang jarang dan sulit ditemukan, karena biasanya harganya pasti akan lebih mahal.
  4. Tak Sempurna? Tidak Masalah. Terkadang di tempat pembelanjaan makanan, Anda pasti sering menemukan sayur atau buah yang kurang mulus. Produk seperti ini biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Tidak masalah, beli saja karena rasanya juga sama dan nanti dipotong dan dimasak juga.
  5. Pilih-pilih Daging. Anda tidak perlu mengambil daging yang paling mahal. Ambil yang biasa saja asalkan bukan daging rusak. Bila ingin cepat empuk, Anda bisa memasak dengan api kecil dari stainless ke dalam kuahnya untuk dimasak bersama. Cara ini bisa membuat daging lebih empuk dalam waktu lebih cepat juga.
  6. Bekukan Makanan. Untuk menyimpan makanan agar tahan lama, Anda bisa memanfaatkan freezer di kulkas Anda. Dengan cara ini Anda bisa menghemat banyak, karena tak harus belanja setiap hari. Supaya semua makanan yang dibekukan bisa dimanfaatkan pada waktunya, Anda bisa memberi label atau tanggal pembelian dan tanggal kedaluwarsanya.
  7. Memperbanyak Sayur. Bila dalam keseharian, Anda lebih sering mengolah daging, sebaiknya segera beralih pada sayur dan jadikan sebagai sajian utama. Sebagai pelengkap, tambahkan tempe, tahu, telur, atau oncom,.

Itu dia 7 tips belanja bahan makanan untuk melakukan penghematan. Semoga bermanfaat ya. Sebagai referensi, Anda bisa beli sebagian bahan makanan di Alfamart, seperti buah, bumbu cepat saji, nugget, baso, camilan, atau makanan lainnya dengan harga yang terjangkau. Setiap minggu dan bulannya Alfamart sering mengadakan promo menarik baik potongan harga, hadiah berupa produk, undian, maupun lainnya. Agar tidak ketinggalan, Anda bisa mengecek informasi terkait promo Alfamart di situs resminya di www.alfamartku.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY