Agar Perjalanan dengan Kapal Laut Aman dan Nyaman, Ikuti 7 Tips Ini

Perjalanan laut memang lebih lama daripada dengan transportasi lain. Tapi, Anda bisa menikmati perjalanan dengan kapal laut dengan mengikuti tips aman dan nyaman menggunakan kaal laut berikut ini.

0
86
beli tiket kapal

Banyak pilihan yang bisa Anda tentukan untuk pergi ke tempat tujuan ketika ingin traveling. Anda bisa memilih jalur darat, udara, maupun laut yang masing-masing memiliki pengalaman, kelebihan, dan risikonya tersendiri. Untuk jalur laut, meskipun memerlukan waktu tempuh yang lumayan lama dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, kapal laut masih saja diminati oleh masyarakat karena harga yang lebih terjangkau dan Anda bisa menikmati pemandangan laut sepanjang perjalanan. Agar perjalanan Anda aman dan nyaman selama berpergian dengan kapal laut, berikut 7 tips yang bisa kamu ikuti.

Memilih Operator Kapal Laut Terpercaya

Anda harus selektif saat mencari info seputar operator kapal yang akan dinaiki. Pastikan memilih operator yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Anda bisa mencari info di internet tentang operator-operator kapal laut yang terpercaya terlebih dahulu. Anda juga bisa meminta rekomendasi dari teman atau traveler yang pernah menggunakan kapal laut dengan aman.

Hindari Membeli Tiket dari Calo

Sebisa mungin untuk selalu membeli tiket kapal laut langsung dari pihak penjual tiket yang resmi. Sekarang sudah banyak operator kapal laut yang menyediakan jasa beli tiket kapal secara online maupun melalui merchant seperti Alfamart untuk calon penumpang yang tidak ingin repot mengantri di konter tiket kapal.

Hindari Memaksa Naik Kapal Bila Sudah Terlihat Penuh

Pasti disetiap kapal laut memiliki kapasitas maksimal jumlah penumpang dan barang yang boleh dibawa. Kendati demikian, masih ada saja operator kapal yang nekat dan tidak memerdulikan batas maksimum penumpang dan barang karena hanya ingin mendapatkan untung yang lebih besar. Keamanan penumpang pun jadi taruhannya. Bila Anda melihat jumlah penumpang yang tidak sebanding dengan kapasitas kapal, lebih baik tunda dulu keberangkatan dan naik kapal lain daripada harus berdesak-desakan dan bisa membahayakan keselamatan jiwa Anda.

Perhatikan Aturan Kapal yang Dinaiki dan Petunjuk Keselamatan

Sebelum berangkat, setiap penumpang wajib membaca prosedur keselamatan yang tulisannya tertera pada poster yang ada di sudut-sudut kapal. Selain itu, biasanya operator kapal yang kredibel dan profesional pasti memiliki ABK (Awak Buah Kapal) yang berpengalaman yang juga akan memberikan informasi terkait prosedur tersebut. Ketika di dalam perjalanan ada keadaan genting yang terjadi, kamu harus mematuhi instruksi ABK, usahakan jangan panik dan jalankan prosedur keamanan yang ada dengan tertib.

Ketahui Letak Pelampung

Kapal laut yang seharusnya pasti akan menyediakan jaket pelampung dan sekoci yang bertujuan untuk berjaga-jaga seandainya terjadi musibah yang tidak diinginkan. Pada umumnya, jaket pelampung ada di beberapa titik kapal mulai dari bawah kursi hingga sudut kapal. Untuk sekoci biasanya terletak di pinggir kapal. Anda bisa mengetahui posisi pelampung dan sekoci dengan bertanya kepada ABK yang bertugas.

Ketahui Jalur Evakuasi

Jangan lupa juga untuk mengetahui dan memahami jalur evakuasi yang ada di kapal laut. Jalur evakuasi sendiri disiapkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, sebelu kapal berangkat, harap Anda selalu memerhatikan dulu jalur evakuasi yang ada. Hal Ini sangat berguna untuk keselamatan jiwa Anda.

Hindari Panik

Bila dalam perjalanan terjadi hal yang tidak diinginkan, usahakan untuk tetap tenang.  Sebisa mungkin untuk mengingat semua prosedur keselamatan yang sudah Anda baca sebelumnya.

Demikianlah 7 tips aman dan nyaman ketika traveling dengan kapal laut, sebagai tambahan, pastikan menggunakan sunblock untuk menghindari kulit terbakar sinar matahari.

Beli Tiket Kapal di Alfamart

Sekarang Anda bisa beli tiket kapal di Alfamart yang telah bekerjasama dengan PT Pelni untuk memudahkan urusan perjalanan Anda dengan menyediakan layanan tiket kapal laut. Beli tiket kapal laut mudah bisa Anda dapatkan dengan menunjukkan kartu identitas, memberitahukan nomor ponsel, nama kapal, waktu keberangkatan, tujuan keberangkatan dan jumlah kursi yang dipesan. Setelah transaksi layanan tiket kapal laut selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan struk yang berisi nomor booking. Setelah itu Anda dapat menukarkan struk tersebut untuk mendapatkan tiket kapal laut di pelabuhan tempat Anda akan berangkat, satu jam sebelum keberangkatan.

Dengan cara yang cukup praktis di atas, beli tiket kapal laut di Alfamart, memudahkan Anda untuk mendapatkan tiket perjalanan laut dengan cepat dan mudah, karena layanan tiket kapal laut bisa dilakukan di seluruh gerai Alfamart. Alfamart memiliki jaringan yang tersebar di seluruh kota di Indonesia, sehingga Anda akan mudah menemukannya. Di Alfamart, Anda bukan hanya bisa menikmati layanan tiket kapal laut saja, tapi juga tiket pesawat, kereta api, bus, tiket konser, jasa kurir, pemesanan, dan layanan lainnya yang pastinya guna memenuhi berbagai kebutuhan Anda.

Tak perlu repot lagi beli tiket kapal laut cepat dengan layanan tiket kapal laut bisa didapatkan dengan mengunjungi gerai Alfamart terdekat. Lakukan transaksi layanan tiket kapal laut bersama Alfamart sekarang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY