Apa Saja Manfaat Alpukat untuk Kesehatan? Cari Tahu Jawabannya di Sini

Di balik nikmatnya buah alpukat, terkandung berbagai vitamin dan senyawa lain yang baik untuk kesehatan. Ini 6 manfaat alpukat untuk tubuh yang perlu Anda ketahui.

0
141
khasiat alpukat

Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah alpukat. Alpukat memiliki hampir 20 vitamin dan mineral dalam satu porsi penyajian. Di dalam alpukat terkandung potasium, lutein, dan folat serta vitamin seperti vitamin B, C, E dan lainnya. Buah yang sering dijadikan sebagai bahan untuk jus ini memiliki kandungan rendah gula dan kaya akan serat. Alpukat juga memiliki kandungan lemak yang tinggi, tapi tidak perlu khawatir karena lemak ini adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal yang aman bila dikonsumsi secara tidak berlebihan.

Manfaat Alpukat yang Wajib Diketahui

Jika melihat dari kandungan yang ada di alpukat, menarik untuk melihat lebih jauh apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan, mari kita bahas satu-satu secara lebih mendetail.

Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan asam folat dalam alpukat dipercaya bisa mencegah munculnya kanker. Selain itu, di dalam buah berwarna hijau ini memiliki kandungan karotenoid yang merupakan senyawa antioksidan dan memiliki kemampuan sebagai antikanker. Beberapa kanker yang mungkin bisa dicegah dengan karotenoid adalah kanker prostat, mulut, lambung, dan payudara.

Bagus untuk Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya mungkin bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi alpukat. Hal ini karena kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat diprediksi baik untuk mata. Kedua zat tersebut yang termasuk ke dalam golongan fitokimia yang bekerja sebagai antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan mata dan meminimalisir risiko terkena degenerasi makula terkait pertambahan usia.

Baik untuk Pengidap Osteoarthtritis

Manfaat alpukat juga baik untuk pengidap osteoarthtritis bila buah alpukat diekstrak dengan minyak kedelai atau biasa disebut dengan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU). Produk tersebut diklaim bisa mengurangi rasa sakit dan cacat keseluruhan pada pengidap osteoarthritis di bagian panggul atau lutut.

Berguna untuk Mencegah Osteoporosis

Manfaat alpukat juga terdapat dari Vitamin K yang tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. Diperkirakan 25 persen kebutuhan tubuh akan vitamin K bisa Anda peroleh hanya dengan mengonsumsi setengah alpukat. Vitamin K dalam buah ini bisa membuat tulang lebih sehat dan lebih baik.

Baik untuk Menjaga Berat Badan dan Kesehatan Jantung

Bila orang dewasa yang mengonsumsi alpukat dipercaya akan memiliki kesehatan yang lebih baik daripada yang tidak suka mengonsumsinya. Selain itu, orang yang mengonsumsi alpukat biasanya menerapkan pola makan yang juga sehat, seperti rajin makan sayuran mengurangi gula. Tentu hal ini memiliki pengaruh pada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, dan massa indeks tubuh. Manfaat alpukat juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Untuk jantung sendiri, alpukat mengandung beta-sitosterol yang berguna bagi tubuh untuk membatasi kadar kolesterol yang sehat.

Baik bagi Kesehatan Janin

Alpukat memiliki kandungan folat yang tinggi dan dianggap baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat mampu melindungi ibu hamil dari keguguran dan meminimalisir janin dari kemungkinan lahir cacat

Jangan anggap remeh manfaat alpukat bagi kesehatan. Sebisa mungkin untuk mengonsumsinya dengan dosis tidak berlebihan dan konsumsi secara teratur agar bisa mendapatkan manfaat secara maksimal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY