Begini 4 Cara Memulai Tabungan Pendidikan Anak

Tabungan pendidikan anak harus dipersiapkan sedemikan matang, agar anak Anda nendapatkan pendidikan terbaik. Untuk memulai tabungan untuk pendidikan anak, berikut 4 cara yang bisa dilakukan.

0
89
tabungan pendidikan anak

Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya dalam segala hal, mulai dari makanan, kebutuhan hidup sehari-hari, hingga pendidikan. Untuk urusan pendidikan, tidaklah murah. Bahkan, biaya pendidikan bisa menjadi salah satu biaya terbesar sepanjang hidup yang dijadikan sebagai investasi untuk perkembangan sang anak hingga dewasa nanti.

Maka dari itu, orang tua perlu menyediakan dana tabungan pendidikan sedini mungkin agar Anda tidak kesulitan mengumpulkan biaya pendidikan anak ketika waktunya anak Anda harus sekolah. Berikut ada 4 strategi membuat tabungan pendidikan anak agar Anda bisa megumpulkan uang dengan berjalan lancar.

1. Membuat Perkiraan Kapan Sang Anak Membutuhkan Biaya Tersebut

Anda perlu memperkirakan kapan biaya pendidikan anak akan dikeluarkan sebelum membuat rencana pemenuhan tabungan. Yang perlu diketahui, walaupun Anda menargetkan tabungan pendidikan anak untuk kuliah, tapi rencana dan besar tabungan Anda bisa berbeda di antara kondisi anak Anda masih balita dan anak Anda sudah masuk sekolah dasar. Faktor inflasi atau kenaikan biaya pendidikan dan biaya hidup sangat berpengaruh pada nominal uang yang perlu Anda tabung dan bergantung kondisi umur anak Anda sekarang.

2. Hitung Perkiraan Jumlah Tabungan yang Diperlukan

Bila Anda sudah memperkirakan kapan biaya tersebut akan dikeluarkan, selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah berapa besar biaya pendidikan yang akan Anda keluarkan untuk tabungan pendidikan anak tapi sudah termasuk biaya kebutuhan hidupnya sehari-hari. Untuk menghitung nilai investasi tabungan pendidikan anak, Anda perlu memerhatikan beberapa hal penting seperti tipe sekolah dan lokasi, contohnya sekolah swasta atau negeri karena itu membedakan biaya yang akan Anda keluarkan.

3. Membuat Target

Setelah mengetahui berapa besaran investasi dan kapan biaya akan dikeluarkan, Anda harus segera memulai membuat perhitungan sederhana untuk mencapainya. Anda juga perlu memeriksa kondisi keuangan apakah Anda sanggup untuk menyisihkan uang sebanyak target yang telah Anda tentukan atau tidak. Bila Anda merasa sanggup, mulailah untuk menabung mulai dari sekarang. Yang perlu diperhatikan, Anda harus tetap menyisihkan dana untuk tabungan lain, seperti pension atau dana darurat.

4. Pikirkan Cara untuk Menutupi Kekurangan Tabungan

Sebaiknya sebelum benar-benar membuat tabungan pendidikan anak, Anda perlu juga memikirkan cara untuk menutupi kekurangan tabungan bila di tengah masa Anda menabung ada kendala atau tabungan Anda tidak cukup. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut, yakni Anda bisa menghemat pengeluaran sehari-hari untuk menambah tabungan lebih cepat.

Itu dia 4 cara untuk memulai tabungan pedidikan anak yang bisa Anda lakukan. Semoga bisa membantu Anda untuk mempersiapkan segala keperluan pendidikan anak di masa depan.  Untuk membantu Anda mengumpulkan tabungan pendidikan anak, Anda bisa mengikuti program SGM Fair hasil kerjasama antara susu SGM dan Alfamart. Saat ini Alfamart dan susu SGM tengah mengadakan program SGM Fair yang menawarkan hadiah Grand Prize tabungan pendidikan senilai Rp75 juta untuk 3 pemenang dan hadiah dwi mingguan berupa 20 sepeda motor. Mekanisme program SGM Fair ini yakni

  1. Khusus member, setiap pembelian SGM Eksplor 1+, 3+,5+2x900g atau 4x400g akan mendapatkan satu bintang berlaku (kelipatan).
  2. Kumpulka bitag sebanyak-banyaknya untuk berkesempatan mendapatkan hadiah dua mingguan dan Grand Prize.
  3. Hanya berlaku untuk konsumen akhir, bukan pedagang atau pemburu hadiah.
  4. Alfamart berhak mendiskualifikasi member degna transaksi tidak wajar.
  5. Penentuan pemenang dilakukan berdasarkan peuria oleh pihak Alfamart dan tidak dapat diganggu gugat.
  6. Info lengkap silakan kunjungi situs resmi alfamartku.com.
  7. Promo SGM Fair berlangsung dari 1 Februari hingga 31 Maret 2018.

Tunggu apalagi, ayo ikuti program SGM Fair yang ada di Alfamart sekarang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY