Jangan Asal Pilih Alpukat, Ikuti 5 Tips Memilih Alpukat Matang Berikut Ini

Bagi Anda yang suka dengan buah yang satu ini dan belum tahu bagaimana cara memilih alpukat yang matang, berikut 5 tips memilih alpukat matang yang bisa dicoba.

0
290
tips memilih alpukat

Siapa yang tidak tahu buah alpukat? Buah yang satu ini cukup populer di Indonesia dan sering dijadikan sebagai jus. Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini memiliki nama ilmiah Persea americana. Untuk bisa menikmati rasanya yang lezat, Anda harus pintar-pintar memilih alpukat yang matang.  Namun, memilih alpukat tidak mudah, karena alpukat memiliki tingkat kematangan yang sulit ditebak. Bila Anda salah memilih alpukat, bisa mendapat daging buah yang masih keras dan rasanya pahit di lidah. Untuk memudahkan Anda menentukan alpukat, berikut tips memilih alpukat matang dan siap disantap.

  1. Tips memilih alpukat yang pertama bisa Anda lihat dari bentuk luarnya. Bila kulit alpukat berwarna hijau cerah, maka Alpukat ini belum matang dan harus disimpan sampai matang. Sebaiknya, pilih alpukat yang warnanya hijau gelap karena ini menandakan alpukat sudah matang.
  2. Bagian bawah buah. Bila alpukat sudah matang, bagian bawah tempat tumbuhnya bagian batang alpukat masih ada sedikit sisa batang buah. Anda bisa memetik batang ini dan teliti bagian dalam buah melalui “lubang” yang ditinggalkan. Bila lubang ini sudah berwarna hijau, itu menandakan jika alpukat sudah matang. Sementara bila masih berwarna coklat, maka alpukat belum matang.
  3. Kupas kulit buah. Anda bisa mengupas sedikit kulit buah. Bila mudah dikupas, itu menandakan jika alpukat sudah matang.
  4. Tekstur buah. Alpukat yang sudah matang memiliki tekstur buah yang empuk. Bila Anda ingin memilih alpukat matang, Anda bisa menekan daging buahnya. Bila dirasa sudah empuk, itu menandakan jika alpukat sudah matang. Untuk memastikan jika alpukat benar-benar matang, Anda perlu menekan beberapa bagian alpukat.
  5. Biji buah. Tips memilih alpukat juga bisa dilihat dari biji buah. Biasanya biji buah yang matang mudah terlepas dari daging buahnya daging buahnya. Cara mengetahui apakah biji buah menempel atau tidak, tanpa perlu repot memotong buahnya lebih dulu adalah dengan menggoyangkan alpukat. Bila biji buah tidak menempel pada daging buah akan terdengar bunyi biji di dalam buahnya. Selain itu buah matang juga akan terasa lebih ringan dibanding yang masih mentah.

Itu dia 5 tips memilih alpukat yang bisa Anda praktikkan. Semoga bisa membantu Anda untuk bisa memilih dan menikmati alpukat yang benar-benar matang. Alpukat sendiri memiliki banyak manfaat, di antaranya batang pohonnya bisa digunakan sebagai bahan bakar, bijinya digunakan sebagai pewarna pakaian yang tidak mudah luntur dan berkhasiat untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Sementara, kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Untuk daging buahnya, dipercaya bisa mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Bagi Anda yang mengidap kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur, bisa menggunakan daun alpukat digunakan untuk mengobatinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY