Jangan Bingung, Begini Cara Memilih Tabungan Pendidikan Anak

Tabungan pendidikan anak sangat penting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari. Anda bisa memilih tabungan pendidikan anak dengan mengikuti 5 cara berikut.

0
105
tabungan pendidikan anak

Ketika sudah memiliki anak, banyak sekali kebutuhan yang harus dipersiapkan orang tua, salah satunya adalah dana pendidikan anak. Banyak cara untuk merencanakan dana pendidikan anak, salah satunya dengan mengambil tabungan pendidikan anak. Kini sudah banyak produk tabungan pendidikan anak yang ditawarkan berbagai lembaga keuangan yang terkadang membuat orangtua menjadi bingung mana yang harus dipilih. Bila Anda termasuk salah satunya, sebaiknya simak dulu tips memilih tabungan pendidikan anak berikut ini.

Tentukan Target Dana Pendidikan Anak Anda

Penting sekali untuk mengetahui perkiraan atau perencanaan dana pendidikan anak Anda sebelum memilih tabungan pendidikan anak. Anda harus memperkirakan besar biaya yang dibutuhkan anak Anda untuk masuk SD, SMP, SMA, hingga universitas, agar bisa mengetahui jumlah dana yang harus Anda kumpulkan dengan tabungan pendidikan tersebut. Sebaiknya, sebelum menentukan perkiraan biaya pendidikan anak Anda harus mencari informasi tentang biaya sekolah dan universitas dimana Anda ingin menyekolahkan anak Anda. Naikkan biaya sekolah atau biaya universitas tersebut dengan inflasi biaya pendidikan sebesar 10-15% setiap tahunnya.

Kenali Produk dengan Benar

Saat ini tersedia banyak produk tabungan pendidikan anak yang ditawarkan oleh berbagai lembaga keuangan. Kini ada beberapa produk asuransi pendidikan anak yang bentuknya hampir sama dengan tabungan pendidikan anak. Maka dari itu, Anda harus bisa membedakannya.

Tabungan pendidikan anak, nilai dana di dalam tabungannya dijamin dan lebih fokus pada hasil tabungannya. Hasil keuntungan tabungan pendidikan anak dalam bentuk bunga tabungan yang sudah disepakati sebelumnya. Anda perlu juga membandingkan antara tabungan pendidikan anak yang satu dengan yang lainnya agar bisa mendapatkan fasilitas dan fitur yang terbaik.

Adanya Perlindungan Asuransi Jiwa

Tak jarang ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan pilihan menggunakan asuransi jiwa ketika membuka tabungan pendidikan anak. Jika Anda memilih untuk mendapatkan asuransi jiwa, akan ada biaya tambahan yang akan dipotong dari bunga tabungan berjangka Anda. Sebenarnya menggunakan  asuransi jiwa, tabungan Anda akan ditanggung oleh pihak asuransi sampai masa jatuh tempo nanti.

Tapi, sekarang ada beberapa bank yang menawarkan layanan tabungan pendidikan dengan menyediakan fasilitas asuransi jiwa gratis. Hal ini membuat Anda tidak perlu membayar biaya tambahan yang dipotong dari bunga tabungan Anda sehingga hasil tabungan pendidikan anak Anda jauh lebih baik lagi nantinya. Jadi pastikan bahwa tabungan pendidikan Anda dilindungi asuransi.

Cari Lembaga Keuangan yang Memberikan Fasilitas dan Pelayanan yang Baik

Dalam memilih tabungan pendidikan, Anda perlu mencari tahu lembaga keuangan yang memberikan fasilitas yang lebih baik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan kemudahan apa saja yang disediakan oleh lembaga keuangan tersebut, seperti proses auto debit atau transfer, bahkan Anda bisa melakukannya secara online, atau bank yang dapat memberi bunga yang lebih besar, asuransi jiwa yang gratis dan lain sebagainya. Sebisa mungkin cari bank yang memiliki kredibilitas sehingga ketika Anda bertransaksi pun Anda akan merasa tenang dan nyaman.

Pilih Produk yang Disesuaikan dengan Kemampuan Keuangan Saat Ini

Sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan tabungan pendidikan mana yang sesuai dengan Anda, Anda perlu  memerhatikan kemampuan keuangan Anda saat ini untuk melakukan perencanaan tabungan. Hal ini untuk menghindari Anda berhenti menabung di tengah-tengah dan membuat Anda mengalami kerugian dan bisa dikenakan penalti. Sebaiknya pilih tabungan pendidikan yang memiliki jumlah setoran yang dapat Anda alokasikan setiap bulannya.

Ikuti Program SGM Fair di Alfamart dan Menangkan Grand Prize Tabungan Pendidikan Anak

Saat ini Alfamart dan susu SGM tengah mengadakan program SGM Fair yang menawarkan hadiah Grand Prize tabungan pendidikan senilai Rp75 juta untuk 3 pemenang dan hadiah dwi mingguan berupa 20 sepeda motor. Mekanisme program SGM Fair ini yakni:

  1. Khusus member, setiap pembelian SGM Eksplor 1+, 3+,5+2x900g atau 4x400g akan mendapatkan satu bintang berlaku (kelipatan).
  2. Kumpulka bitag sebanyak-banyaknya untuk berkesempatan mendapatkan hadiah dua mingguan dan Grand Prize.
  3. Hanya berlaku untuk konsumen akhir, bukan pedagang atau pemburu hadiah.
  4. Alfamart berhak mendiskualifikasi member dengan transaksi tidak wajar.
  5. Penentuan pemenang dilakukan berdasarkan oleh pihak Alfamart dan tidak dapat diganggu gugat.
  6. Info lengkap silakan kunjungi situs resmi alfamartku.com.
  7. Promo SGM Fair berlangsung dari 1 Februari hingga 31 Maret 2018.

Dengan mengikuti program SGM Fair yang ada di Alfamart, Anda bisa menambah tabungan pedidikan anak untuk masa depan si kecil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY