Lakukan Belanja Online dengan Cara yang Cerdas Lewat 5 Tips Berikut Ini

Berbelanja online memang praktis. Tapi bila tidak hati-hati dalam memilih barang, bisa-bisa produk yang dipesan tidak sesuai harapan. Ikuti 5 tips belanja online berikut agar Anda tidak salah pesan barang.

0
93
tips belanja online

Kehadiran bisnis online benar-benar membantu siapapun yang ingin membeli barang secara cepat tanpa harus repot keluar rumah dan juga mengantre. Sudah banyak sekarang e-Commerce yang hadir menawarkan berbagai produk kebutuhan masyarakat dengan sangat lengkap. Kemudahan yang dihadirkan oleh sistem belanja online juga banyak dipilih orang karena bisa menghemat waktu.

Tetapi, jika dilihat berbelanja online juga bisa memberikan efek negatif untuk sebagian orang, seperti menjadi lebih boros daripada sebelumnya. Berbelanja online memang tidak dilarang, tapi bila Anda tidak bisa mengontrol keinginan belanja, bisa –bisa kantong Anda bisa cepat jebol. Belum lagi, terkadang barang yang sampai di tangan Anda, tidak sesuai dengan yang Anda pesan di website.

Untuk memandu Anda berikut tips belanja online agar tidak menjadi konsumtif dan mendapatkan produk sesuai pesanan Anda, berikut tips belanja online yang bisa Anda ikuti.

Mengenali Keaslian Barang

Anda perlu memeriksa keaslian suatu barang yang Anda beli secara online tersebut. Hal ini dikarenakan barang yang hendak dibeli tidak berwujud secara langsung. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengecek ke outlet tertentu yang menjual merek tersebut, dan meminta pendapat dari orang yang Anda percayai tentang model produk yang Anda beli secara online.

Anggaran

Tips belanja online selanjutnya adalah mempertimbangkan anggaran. Bila Anda pintar mengelola uang, sebaiknya buatlah anggaran untuk berbelanja online. Anda bisa mengecek anggaran belanja untuk bulan ini, apakah mengalami peningkatan atau masih sama saja dengan sebelumnya.

Membandingkan Produk

Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang secara online, Anda perlu membandingkan produknya terlebih dulu dengan pertimbangan beberapa faktor, seperti apakah kualitasnya bagus, apakah ada gratis ongkos kirim, apakah sedang mendapatkan diskon. Untuk mendapatkan informasi terkait produk yang Anda ingin beli, bisa diperoleh Anda di situs tersebut, atau bisa bertanya kepada penjualnya langsung. Yang perlu diingat adalah pastikan barang yang akan dibeli adalah barang yang memang sedang diinginkan.

Melakukan Review

Anda bisa mengecek review yang diberikan oleh konsumen lain terkait produk yang hendak Anda beli di situs online tersebut. Atau Anda bisa saling berbincang dengan teman-teman Anda untuk saling melakukan review masing-masing produk yang hendak kalian beli.

Memeriksa Kembali Pesanan

Tips belanja online yang terakhir yakni memeriksa kembali pesanan sebelum melakukan konfirmasi pembayaran. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya salah pemesanan barang, jumlah, warna, ukuran (pakaian atau sepatu), harga, dan kualitas yang tidak sesuai dengan yang ingin dipesan. Jangan sampai saat barang sudah di tangan, ternyata barang tersebut tidak sesuai dengan yang Anda pesan.

Menjadi Pelanggan Online yang Cerdas

Sebisa mungkin untuk lebih teliti dalam melakukan pemesanan secara online. Untuk menghindari terjadinya penipuan saat berbelanja online. Jangan cepat tiergiur dengan harga yang murah dan jenis barang yang sedang trending saat ini. Tetaplah berbelanja online dengan lebih pintar dan bijak.

Semoga tips belanja online di atas bermanfaat dan selamat berbelanja!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY