Berikut Tips Wawancara Kerja di Alfamart!

Persiapkan diri kamu untuk wawancara kerja di Alfamart dengan tips berikut.

0
113
Lowongan Kerja Alfamart

Bagi Anda yang berminat untuk bergabung menjadi salah satu bagian dari jaringan toko swalayan atau mini-market yang sudah sangat terkenal di Indonesia, Alfamart membuka kesempatan bagi pria maupun wanita untuk bergabung di berbagai macam posisi yang ditawarkan. Anda bisa langsung klik ke alamat website recruitment.alfamartku.com untuk mencari lowongan kerja Alfamart dan langsung melamar di posisi yang Anda inginkan serta sesuai dengan kemampuan Anda.

Nah, bila Anda pada akhirnya beruntung dan sampai ke tahap wawancara, Anda harus mempersiapkan diri. Wawancara merupakan salah satu bagian dari proses penerimaan calon karyawan baru pada perusahaan. Biasanya, wawancara dilakukan oleh para HRD/Personalia perusahaan tergantung dari seberapa tinggi posisi yang Anda ajukan. Ini juga merupakan sebuah kegiatan di mana perusahaan akan mencari tahu lebih dalam tentang kepribadian dan perilaku Anda pada kehidupan sehari-hari. Jadi, wawancara juga dapat menentukan cocok atau tidaknya posisi yang anda lamar dengan sifat yang anda miliki.

Nah, pertanyaan pentingnya adalah: bagaimana Anda dapat menjawab semua pertanyaan wawancara dengan baik? Nah, berikut 4 pertanyaan pamungkas yang biasa ditanyakan pada saat wawancara.

1. Beritahukan kami tentang diri Anda?

Umumnya, ini merupakan sebuah pertanyaan yang menjadi pembuka wawancara kerja. Maka dari itu jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawabnya. Hanya berikan jawaban yang menjawab empat subjek saja: tahun-tahun terakhir, pendidikan, sejarah kerja, serta pengalaman karir terakhir.

2. Apa yang Anda ketahui tentang kami?

Bila sang pewawancara menanyakan hal ini, Anda diharapkan mampu mendiskusikan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan. Bila Anda melamar lowongan kerja Alfamart, Anda harus bisa menjawab dan mendiskusikan beberapa hal pokok seperti produk atau pelayanan, pendapatan, reputasi, pandangan masyarakat, target, permasalahan, gaya manajemen, sejarah, serta filosofi perusahaan. Cara menjawab pertanyaan ini dengan tepat adalah: berikan jawaban yang memberikan kesan pada pewawancara bahwa Anda sudah ‘mengerjakan PR’ Anda mencari tahu tentang perusahaan tersebut tanpa berkelakuan seakan-akan seperti Anda sudah tahu segalanya tentang perusahaan tersebut. Tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberikan jawaban negatif.

3. Mengapa kami harus merekrut Anda?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda dapat mencoba menyebutkan prestasi-prestasi dan jenjang karir yang telah Anda capai. Sebutkan kemampuan dan hal-hal yang menurut Anda dapat menarik perhatian pewawancara, gabungkan dengan sejarah Anda mencapai hal-hal itu, serta jelaskan mengapa hal itu penting terhadap posisi lowongan kerja yang Anda lamar. Sebutkan kemampuan anda dalam menentukan prioritas, mengidentifikasi masalah, ataupun etos kerja Anda yang menarik lainnya

4. Apa kelemahan Anda?

Jangan menjawab secara gamblang tentang kelemahan Anda (misalnya: malas atau susah bangun pagi). Cobalah menjawab dengan diplomatis, seperti “Saya kurang percaya diri jika berbicara di hadapan orang banyak, tapi saya sedang berusaha untuk mengatasi hal ini karena saya sadar bahwa hal ini sangat berkaitan dengan perkembangan karir saya ke depan dan saya yakin bisa mengatasi hal ini”. Intinya setelah mengatakan kelemahan anda, sertakan usaha yang telah Anda lakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut

Nah berikut empat pertanyaan yang harus Anda kuasai jawabannya sebelum menghadapi wawancara kerja. Jangan lupa ya, jika Anda ingin mengajukan lamaran kerja di Alfamart, segera kunjungi langsung website recruitment.alfamartku.com untuk mengajukan diri Anda di posisi yang Anda inginkan. Semoga beruntung ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY