Menggunakan Pengeluaran secara Smart dan Hemat? Ikuti 5 Tips Berikut!

Suka langsung habis uang saat gajian? Ikuti lima tips berikut!

0
217
promo alfamart jumat sabtu minggu

Tidak akan ada yang bisa menyangkal bahwa tanggal gajian adalah salah satu tanggal paling menyenangkan di setiap bulannya. Pasti peluh dan lelah pekerjaan selalu terasa terbayarkan dengan seimbang setiap tanggal 25 di akhir bulan. Setelah gaji di rekening masuk, rasanya semua mimpi untuk memiliki barang idaman langsung terwujudkan. Namun, jika terlalu kalap dan tidak bisa mengontrol pengeluaran, semua pendapatan kamu akan menguap begitu saja pada minggu pertama setelah gajian.

Bila Anda termasuk tipe orang yang sering mengalami hal tersebut, kamu perlu tahu bahwa ada banyak tips untuk kamu menggunakan pengeluaran secara smart dan hemat, termasuk memanfaatkan promo Alfamart di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Yuk simak 4 tips berikut!

1. Pendam Hasrat Belanja, Buat Daftar Pembayaran Wajib di Muka

Sering kali, salah satu jawaban dari pertanyaan “kenapa kita kalap belanja” adalah karena kita selalu merasa memiliki lebih banyak uang dari sebelumnya sehingga seakan-akan kita memiliki kuasa lebih untuk memenuhi hasrat kita. Efek psikologi “orang kaya” ini bisa memberikan dampak yang sangat membahayakan: Anda bisa dengat sangat ceroboh memesan barang dari online shop sampai banyak karena merasa punya banyak uang.

Agar hasrat belanja yang ceroboh itu tidak lagi datang, buat daftar untuk segala kewajiban pembayaran yang harus Anda lakukan tiap bulannya, lalu kemudian prioritaskan untuk menuntaskan semua pembayaran itu segera sesudah Anda gajian. Setelah gaji dibayarkan ke rekening Anda, segera pisahkan sejumlah uang Anda untuk pembayaran kebutuhan yang rutin, contohnya bayar kosan, cicilan motor atau mobil, sampai biaya paket internet dan pulsa — pisahkan sejumlah uang ini dari rekening yang ada.

2. Buat Satu Tanggal Keramat Untukmu Berbelanja Pribadi

Belanja harus diperlakukan sebagai suatu hal yang sakral, maka dari itu tetapkanlah satu tanggal penting tiap bulannya untuk Anda berbelanja sepuasnya. Siapkan kelengkapan Anda dari jauh-jauh hari: mulai dari daftar belanjaan, membaca ulasan dari berbagai sumber, sampai survey setiap toko hingga Anda menemukan diskon dan harga termurah untuk mendapatkan produk yang Anda butuhkan. Buatlah hukum tertulis untukmu bila ada barang yang lupa dibeli di hari itu yang berharga di atas 100 ribu. Misalnya: “harus bertahan hidup tanpanya sepanjang bulan”.

Dengan cara ini uang Anda akan lebih aman dari pengeluaran-pengeluaran mendadak. Perencanaan ini juga bisa menjauhkan Anda dari kunjungan yang tidak terlalu penting ke mini market yang membuat Anda sering tergoda dalam memberi barang yang tidak dibutuhkan

3. Sebelum Belanja, Pastikan Perutmu Sudah Kenyang Terlebih Dahulu

University of Minnesota melakukan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang pergi berbelanja dengan perut kosong cenderung lebih ceroboh dalam menentukan pilihan barang belanjaan. Rasa lapar ternyata bisa berubah jadi hasrat untuk mengambil apa saja yang ada di depan mata. Nah, agar hal yang tidak diinginkan itu tak terjadi pada Anda, pastikan Anda sudah makan sampai kenyang sebelum berangkat ke toko langganan. Perut yang kenyang akan membantu Anda berpikir lebih jernih dan rasional dalam memutuskan mana barang yang benar-benar Anda butuhkan.

Selain itu, bila kamu belum memiliki keteguhan hatimu yang kuat sekali-kali membiarkan diri belanja dengan trolley. Jinjing keranjang plastik yang membuat sakit tangan itu saja, agar barang yang kamu masukkan tidak melebihi yang seharusnya.

4. Belanjalah Saat Jumat, Sabtu, dan Minggu di Alfamart.

Alfamart selalu mempunyai promo di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu demi memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggan. Anda bisa cek di alfamartku.com/promo untuk daftar promosi yang mereka tawarkan setiap weekend. Promo serta kelengkapan barang yang ditawarkan oleh Alfamart pun akan memberikan Anda kepuasan dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan anda setiap bulannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY