Yuk Ikuti 5 Tips Belanja Cerdas Berikut!

Belanja cerdas setelah melihat katalog Alfamart JSM? Simak artikel berikut!

0
149
Katalog alfamart JSM

Bagi kamu penggemar diskon, sudah tahu tentang promo JSM Alfamart? Di setiap akhir pekan, Alfamart memberikan Anda keistimewaan untuk bisa menikmati promo produk tertentu yang berupa potongan harga maupun bonus pembelian atau gratis barang untuk nilai pembelian yang ditetapkan. Seperti namanya, promo JSM (Jumat Sabtu Minggu) Alfamart hanya berlaku setiap weekend. Daftar produk yang masuk dalam program ini dapat Anda temukan di katalog JSM Alfamart. Anda bisa menemukan katalog JSM Alfamart langsung dengan mengunjungi website alfamartku.com/promo.

Nah, setelah membaca katalog JSM ini, Anda tetap harus mengetahui bagaimana caranya melakukan belanja cerdas, yaitu berbelanja barang kebutuhan dengan cara paling efisien sehingga mendapat apa yang diinginkan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Hal ini sangat penting karena bisa membantu kita memberikan lebih banyak ruang anggaran untuk digunakan pada sektor lain yang sifatnya mendesak. Nah, apa saja hal-hal yang dapat membantu kita untuk belanja cerdas? Simak lima tips berikut!

1. Buatlah Daftar Belanja agar Terhindar dari Belanja Gegabah

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum berbelanja adalah membuat daftar belanja. Sebelum pergi ke swalayan atau pasar, buatlah daftar barang yang akan dibeli. Tujuan dari membuat daftar belanjaan ini adalah agar Anda dapat terhindar dari menghabiskan uang demi barang yang tidak perlu dan malah lupa tidak membeli barang yang dibutuhkan.

Mulailah daftar belanja tersebut dari barang yang terpenting dulu, baru berlanjut pada barang yang sifatnya remeh atau bisa dinanti-nantikan. Tujuannya sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, agar terhindar dari membeli barang yang tidak perlu.

2. Bawalah Uang dengan Pas Sesuai Kebutuhan

Setelah melihat katalog JSM Alfamart dan mempertimbangkan ingin belanja apa saja, hindari membawa uang terlalu banyak di dalam dompet saat berangkat berbelanja. Bawalah uang secukupnya sesuai dengan daftar belanja yang sudah dibuat. Kalau niatnya untuk berjaga-jaga bila harga naik tanpa diduga, silahkan saja membawa uang lebih, namun jaga agar jumlahnya tidak lebih dari 10% dibandingkan dengan nilai perkiraan total belanja.

Hal ini bertujuan agar Anda bisa fokus untuk memenuhi kebutuhan utama yang sudah dibuat dalam daftar belanja lebih dulu. Nanti ketika ada sisanya, tidak masalah kalau mau memakainya lagi atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa mencegah tindak kejahatan dilakukan pada Anda.

3. Disiplin Dengan Daftar Belanja yang Sudah Dibuat

Perlu diingat pada poin pertama, tujuan dari membuat daftar belanja adalah agar terhindar dari membeli barang yang tidak perlu. Karena itu, kalau Anda masih gagal belanja hemat ketika sudah membuat daftar belanja, sudah pasti berarti Anda berarti mengingkari daftar belanjaan Anda. Kedisiplinan dari orang yang berbelanja sangat diperlukan agar tujuan yang sudah dibuat dalam daftar belanja bisa lebih dirasakan.

4. Setelah Belanja, Segerakan untuk Pulang

Bila Anda sudah selesai dan sukses belanja barang dengan anggaran yang sudah direncanakan, jangan jalan-jalan atau cuci mata di sekitar tempat itu. Segeralah bergegas pulang. Berkeliling justru akan membuat Anda jadi tertarik dengan barang-barang lain yang seharusnya tidak dibeli dan ini akan menggoda Anda untuk bersikap tidak disiplin dan mengingkari daftar belanja Anda.

5. Catat Pengeluaran Belanja Anda

Selalu mintakan resi atau bon belanja kepada toko atau swalayan tempat Anda berbelanja. Bila pedagangnya tidak menyediakan itu, catatlah sendiri. Selalu lakukan hal ini ketika Anda selesai berbelanja. Mengapa? Agar Anda bisa mengulas kembali harga barang yang telah Anda beli dan memiliki gambaran pengeluaran ketika mau belanja lagi di lain hari.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara belanja pintar? Bagi yang belum terbiasa melakukannya, sebaiknya mulailah untuk mencoba hidup hemat. Karena kita juga lah yang akan merasakan manfaatnya. Jangan lupa untuk selalu cek katalog JSM Alfamart di website alfamartku.com/promo dan belanjalah dengan cerdas!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY