5 Rekomendasi Perlengkapan Fotografi Makanan Sederhana yang Wajib Anda Miliki dan Gunakan

Tertarik dengan food photography dan ingin memulai untuk mendalaminya? Yuk simak lima rekomendasi perlengkapan fotografi makanan dari kami untuk Anda!

0
137
Perlengkapan Fotografi Makanan

Banyaknya food blogger dan food photographer yang sedang naik daun di Instagram menjadikan food photography salah satu hal yang banyak diminati oleh orang-orang saat ini. Restoran dan kafe pun kini menjadi ramai kedatangan orang-orang yang membeli menu cantik mereka tidak hanya untuk dinikmati, tapi juga untuk diambil gambarnya dari berbagai sudut menggunakan perlengkapan mereka masing-masing. Anda mungkin juga salah satu dari mereka yang berniat ingin mulai menggiati food photography? Sudah tahukah Anda apa saja yang patut Anda persiapkan? Sebagai pemula, yuk simak lima rekomendasi perlengkapan fotografi makanan sederhana ini sebagai panduan persiapan Anda!

1. Kamera DSLR atau Mirrorless

Tentunya hal ini tidak bisa Anda lewatkan karena Anda tidak bisa memfoto makanan Anda bila tidak ada kamera. Namun, untuk menghasilkan gambar yang maksimal, kami sarankan untuk menggunakan kedua tipe kamera ini dalam mengambil gambar makanan yang Anda inginkan. Pilihlah jenis kamera dengan tipe sensor yang mulus, mampu mengambil gambar hi-definition (HD), serta memiliki opsi pengaturan ISO dan kecepatan rana.

2. Memory Card

Lagi-lagi, sesuatu yang sudah jelas harus kamu miliki untuk memotret apapun. Bedanya, perlengkapan ini sering terlupakan untuk dibawa karena ukurannya yang kecil sehingga membuat sesi foto menjadi gagal. Nah, demi meminimalisir terjadinya kesalahan teknis, Anda juga harus memperhatikan tipe memory card untuk kamera Anda. Pelajari jenis kamera serta tipe memory card seperti apa yang dapat membantu kelancaran proses fotografi dan transfer data, niscaya segalanya akan menjadi lebih termudahkan.

3. Baterai

Terdengar seperti sesuatu yang memang harusnya sepaket dengan kamera, namun di sini kami menyarankan Anda untuk selalu memiliki dan membawa baterai cadangan. Anda tidak akan pernah tahu kondisi di lapangan seperti apa. Bisa saja tidak ada colokan listrik yang memungkinkan Anda untuk mengisi ulang daya baterai Anda. Akan sangat menyebalkan bila terjebak di posisi tersebut, bukan? Maka dari itu, baterai cadangan termasuk salah satu perlengkapan fotografi makanan yang krusial untuk selalu diingat-ingat.

4. Lensa

Ada berbagai macam lensa yang akan Anda butuhkan tergantung pencahayaan yang Anda dapatkan di dalam kafe atau restoran tempat Anda memotret. Bisa juga lensa tertentu akan Anda butuhkan saat ingin mengambil tipe foto makanan yang Anda inginkan. Maka dari itu, pelajari berbagai jenis lensa yang cocok untuk kebutuhan food photography Anda. Namun, demi terjaganya kamera Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan, gunakan saja lensa multifungsi sehingga Anda tidak terlalu sering mengganti lensa kamera, karena pergantian yang terlalu sering rawan merusak lensa kamera.

5. Tripod

Anda tidak punya model tangan untuk food photography Anda sehingga harus mengorbankantangan Anda sendiri? Berarti tripod kamera adalah salah satu perlengkapan fotografi makanan yang tidak boleh Anda lupakan untuk dibawa. Selain dapat menggantikan Anda dalam memegang kamera, tripod juga dapat membantu pengaturan posisi kamera dengan mudah serta agar kamera tidak sering goyang dan menciptakan gambar yang blur pada saat memotret.

Nah, semua perlengkapan fotografi makanan sederhana sudah kami sebutkan nih. Setelah melengkapi semuanya, apakah Anda semakin semangat dalam menghasilkan gambar-gambar makanan yang dapat menggugah selera dan mempercantik feed Instagram Anda? Semoga beruntung ya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY