Berangkat ke Festival Songkran di Thailand? Pelajari 5 Fakta Berikut!

Festival Songkran di Thailand memang salah satu acara yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebelum berangkat ke sana, pelajari 5 hal berikut!

0
182
Festival songkran thailand

Ada sebuah festival di Thailand yang banyak menarik minat wisatawan dunia. Festival itu bernama Festival Songkran yang merupakan perayaan Tahun Baru Thailand. Rutin diselenggarakan tanggal 13 – 15 April setiap tahunnya, festival ini diramaikan oleh kegiatan yang diadakan warga setempat, seperti mencuci patung Buddha, menawarkan makanan ke biksu, membuat pagoda dari pasir, melepaskan burung dan ikan, sampai perang air. Nah, bagi kamu travel junkie yang ingin hadir dan merasakan kemeriahan festival ini di Thailand langsung, pelajari dulu yuk lima fakta berikut!

1. Tiga Kota yang Paling Ramai dalam Merayakan Festival Songkran adalah Bangkok, Chiang Mai, dan Phuket.

Semua kota di Thailand pasti menyelenggarakan Festival Songkran, tapi Bangkok, Chiang Mai, dan Phuket adalah tempat yang paling dipadati oleh turis. Di Bangkok, akan sangat mudah mencari tempat-tempat yang menyenangkan untuk melakukan perang air. Kawasan sepanjang Khao San Road bisa meluap oleh banyak orang karena kemeriahan aksi ini. Anda juga bisa mengunjungi beberapa titik seperti Rattanakosin Royal Square, Phra Athit Road, Santhichaiprakan dan Wisut Krasat untuk merasakan kemeriahan yang menyenangkan.

Bila Anda mengikuti upacara perang air di Chiang Mai, Anda bisa mengikuti parade keliling kota dan menyaksikan bagaimana warga lokal melakukan tradisi siram air beraroma wangi ke patung Buddha dan orang-orang yang lebih tua. Setelahnya, Anda siap menembak atau ditembak seperti tentara di medan perang, namun dengan pistol yang terisi air.

2. Carilah Hotel yang Strategis agar Lebih Mudah dan Praktis

Rencanakanlah destinasi Anda di Festival Songkran di Thailand nanti agar Anda dapat lebih mudah memilih hotel tempat menginap. Perhatikan lokasi hotel dengan cermat. Hotel Anda haruslah dekat dengan tempat perayaan tahun baru, karena Anda tidak akan bisa menghindar dari semprotan air di manapun Anda berada. Karena mustahil sekali untuk bertahan kering di tengah festival yang tengah berlangsung. Situasi seperti ini bisa-bisa Anda hadapi sampai perang air selesai. Anda akan terus-terusan basah kuyup dan butuh sering-sering berganti pakaian ke hotel. Nah, inilah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memilih hotel dengan lokasi yang dekat dengan “medan perang”, agar Anda bisa cepat kembali ke hotel dan berganti pakaian.

3. Antisipasi Air dengan Melindungi Semua Barang Elektronik Anda

Seperti sudah disebutkan di beberapa poin sebelumnya, Festival Songkran adalah festival yang akan membasahi seluruh tubuh Anda, suka ataupun tidak. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengantisipasi hal ini dengan membawa plastik kecil untuk membungkus barang-barang elektronik Anda seperti smartphone, power bank, dan kamera. Bila Anda merasa sangat perlu memakai barang-barang tersebut di tengah-tengah perayaan dan perang air, maka kami sarankan Anda mencari waterproof case untuk melindungi perlengkapan elektronik Anda. Bila Anda merasa tidak begitu butuh, Anda bisa meninggalkannya saja di hotel.

4. Siapkan Pistol Air Anda dari Jauh-Jauh Hari

Seminggu sebelum tanggal dimulainya Festival Songkran, sudah banyak pedagang di Thailand yang menjual pistol air baik di minimarket, supermarket, atau bahkan pasar-pasar di pinggir jalan. Harganya pun bervariasi, tergantung jenis seperti apa yang Anda inginkan. Namun, jika Anda membeli jauh sebelum hari-H, maka harganya pun bisa dibilang lebih murah dibanding harga yang akan mereka pasang pada saat tanggal 13 April. Bila Anda ingin membawa sendiri pistol air Anda dari rumah, boleh-boleh saja loh!

5. Waspada dan Jaga Diri dari Hal-Hal yang Tidak Diinginkan

Ramainya Festival Songkran membuat Anda harus ekstra waspada dalam menelusuri lautan manusia di Thailand. Maka dari itu, menjaga pergerakan Anda saja tidak cukup, karena Anda berada di tengah-tengah perayaan besar dan setiap orang bergerak sesukanya serta menyemprot air ke mana saja mata mereka tertuju. Penting bagi Anda untuk menjaga emosi ketika benturan terjadi serta tidak terlalu mengganggapnya sebagai sesuatu yang harus dipersoalkan. Intinya, jangan mudah marah. Anggap senggolan sebagai suatu tantangan yang mendebarkan!

Itu dia lima hal yang patut Anda ketahui sebelum menikmati Festival Songkran di Thailand. Setelah mempelajari semua hal tersebut, selamat bersenang-senang ya. Semoga menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY