3 Tips Penyajian Makanan Untuk Hasil yang Cantik

Bukan hanya memasak yang harus Anda pelajari, namun juga menyajikan makanan. Yuk simak tiga tips penyajian makanan dari kami!

0
228
3 Tips Penyajian Makanan Untuk Hasil yang Cantik

Dalam bidang tata boga, memasak memang menjadi sesuatu yang paling penting. Namun tahukah Anda, penyajian makanan merupakan suatu hal yang tidak kalah krusialnya. Harus diakui, tentu menikmati makanan tidak hanya sekedar menggunakan dua panca indera saja, tetapi juga melibatkan seluruh indera yang kita miliki termasuk indera penglihatan. Nah, kalau kita melihat masakan dengan penyajian yang bagus, otomatis selera makan kita juga akan bertambah dong.

Nah, penyajian ini tidak hanya penting untuk meningkatkan kualitas masakan Anda di mata penikmatnya, namun juga penting untuk feed Instagram Anda bila Anda sering menjadikan foto makanan sebagai konten utama di media sosial Anda. Nah, jika Anda adalah salah satu dari orang yang telah kami sebutkan tersebut, maka wajib bagi Anda untuk mempelajari tiga tips penyajian makanan dari kami berikut agar hasilnya menjadi cantik dan sempurna!

  1. Percantik Makanan Anda

Perhatikan unsur-unsur penting seperti skema warna dan tekstur makanan. Hindari skema warna yang monoton ataupun sekedar terkesan monokromatik karena hidangan tentunya akan terlihat sangat menarik apabila memiliki tingkat kekontrasan warna yang tinggi. Contohnya, bila Anda hendak menyajikan oatmeal, kami sarankan Anda menyajikannya dengan buah-buahan beri merah yang segar dan siraman sirup maple kuning. Bila Anda lebih memilih untuk membuat pasta, maka Anda bisa sajikan pasta dengan siraman saus pesto (saus khas Italia) hijau yang sehat dan tomat ceri cincang.

Perhatikan juga tekstur makanan dan pelajari teknik-teknik tertentu yang dapat membantu Anda menjaga tekstur hasil masakan Anda. Contohnya: pasta harus dicelup sebentar ke dalam air atau dicampur sedikit dengan minyak goreng setelah dimasak agar tidak menggumpal. Makanan yang digoreng juga tidak boleh disimpan di dalam wadah kedap udara, karena sudah pasti panas dari makanan itu akan menguapkan makanan dan menjadikannya lembek. Bayangkan perpaduan warna makanan yang cantik dengan tekstur yang premium. Pasti membuat air liur Anda menetes, kan?

  1. Aturlah dengan Penuh Kehati-hatian

Ini adalah tips penyajian makanan yang paling penting untuk diperhatikan. Gunakan kemampuan Anda dalam berpikir dua kali demi penyajian makanan yang mendekati kesempurnaan. Coba visualisasikan hasil akhir dari makanan Anda dengan menggambarkan sketsanya di atas kertas agar Anda selalu punya patokan yang jelas dalam mengeksekusi penataan. Bila Anda ragu harus menggunakan wadah berwarna apa, selalu pilih putih, karena putih tidak pernah memberikan kesan buruk pada makanan dengan warna apapun. Usahakan juga untuk mengikuti aturan jumlah ganjil, karena elemen hidangan dalam jumlah ganjil secara visual lebih menarik daripada jumlah genap. Terakhir, jangan lupa untuk membatasi ukuran porsi makanan. Isilah dua pertiga bagian piring dengan makanan dan kosongkan sisa bagian piring yang lain. Ruang yang kosong akan memberikan efek kontras pada makanan dan membuatnya terlihat lebih menarik. Tentukan ukuran penyajian yang standar dan sajikan jumlah yang tepat dari tiap bagian hidangan.

  1. Tambahkan Sentuhan yang Menarik

Saatnya Anda menambahkan sentuhan khas Anda di sini! Namun jangan lupa, hiasan makanan harus relevan agar dapat meningkatkan cita rasa hidangan yang Anda sajikan. Gunakan kreativitas Anda dan gunakan hiasan yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya, seperti menaburkan sedikit bubuk kayumanis di atas hidangan ayam atau segenggam biji delima di atas salad biasa. Pilihlah hiasan yang tidak hanya menambah keindahan sajian, namun juga mempertajam rasa makanan Anda.

Berikut tiga tips penyajian makanan dari kami untuk hasil meja dapur dan feed Instagram Anda yang lebih cantik. Bila Anda membutuhkan peralatan makan eksklusif demi menambah keindahan penyajian makanan Anda, maka Anda tidak perlu repot mencarinya ke mana-mana. Anda bisa mengoleksi peralatan makan eksklusif dari RoyalKVB dengan mengumpulkan stamp dari Alfamart! Selain Anda bisa mendapatkan 1 stamp untuk setiap pembelanjaan senilai Rp 30.000 (berlaku kelipatan), Anda juga bisa mendapat extra stamp untuk pembelanjaan produk sponsor dengan jumlah tertentu. Terlebih lagi, hanya dengan mengunduh aplikasi Alfastamp di Google Play Store / App Store, Anda bisa mendapatkan bonus 5 digital stamp Alfamart. Baca info lebih lengkapnya di sini dan selamat menghias makanan Anda!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY