5 Tips Persiapan Umroh yang Efektif Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Ingin berangkat umroh dalam waktu dekat? Yuk simak tips persiapan umroh berikut agar ibadahmu dapat berjalan dengan lancar.

0
170
Tips persiapan umroh

Assalamu’alaikum!

Anda memiliki rencana untuk berangkat umroh dalam waktu dekat? Ibadah sunnah yang satu ini memang bisa dilakukan kapan pun sehingga Anda pun bisa mengatur sendiri jadwal keberangkatan agar tidak bertabrakan dengan segala kepentingan pribadi. Namun, bukan berarti ibadah ‘Haji Kecil’ ini tidak membutuhkan persiapan yang serius dalam menjalaninya. Agar semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan rencana, yuk simak tips persiapan umroh yang efektif dari kami berikut.

  1. Selalu Bawa Baju Lebih

Wisawatan memang banyak yang senang dan terbiasa dengan sesuatu yang sederhana dan tidak merepotkan. Sudah bukan sesuatu yang mengherankan bila saat melakukan perjalanan ke luar negeri, banyak wisatawan yang hanya membawa beberapa potong baju untuk berlibur selama 1 minggu penuh. Nah, umroh ini berbeda dengan wisata. Bawalah beberapa pasang baju yang sopan selama perjalanan umroh.

Negara Arab Saudi yang memiliki iklim gurun seringkali suhunya dapat mencapai 51 derajat Celcius, sehingga akan terasa sangat panas dan mengharuskan seseorang untuk sering berganti baju. Sementara di musim dingin pun, Arab akan terasa sangat dingin dan mengharuskan untuk memakai baju tebal berlapis-lapis.

  1. Selalu Ingat untuk Membawa Tas Tenteng

Salah satu tips persiapan umroh yang tidak kalah pentingnya adalah tas tenteng. Barang yang satu ini sangat berguna untuk membawa perlengkapan saat ingin melaksanakan ibadah umroh. Anda bisa mengisi tas tenteng Anda dengan kain ihram, pakaian dalam, kaos kaki ataupun obat-obatan pribadi. Selain itu, tas tenteng ini juga dapat berfungsi untuk membawa pakaian kotor agar tidak tercampur dengan pakaian bersih.

  1. Siapkan Fisik Anda

Hampir 70% porsi ibadah haji dan umrah sangat memerlukan ketahanan fisik. Hal ini karena suhu udara yang panas dan terik serta banyak mengandalkan jalan kaki seperti saat thawaf dan sa’i. Agar semua rukun haji bisa dilaksanakan dengan baik, pastikan Anda juga melakukan beberapa latihan fisik seperti berjalan pagi dan sore atau jogging jika memungkinkan. Lakukan juga olahraga ringan dan jaga kesehatan agar badan tetap bugar menjalani segala aktivitas lain di tanah suci.

  1. Vaksinasi Meningitis dan Influenza

Sebelum berangkat haji atau umroh, standarnya adalah kita pasti dibekali oleh vaksinasi meningitis untuk pencegahan penularan virus. Namun, akan lebih baik bila Anda menambahkan vaksin influenza atau vaksin lainnya untuk memperkuat kekebalan tubuh Anda di tanah suci. Vitamin C juga penting untuk Anda konsumsi selama berada di tanah suci. Selain itu, Anda juga perlu mengatur pola makan dan istirahat. Jangan sampai karena asyik beribadah, hingga mengabaikan kesehatan. Perbanyak juga mengkonsumsi buah dan air zam-zam untuk kebugaran tubuh Anda.

  1. Menunaikan Kewajiban di Tanah Air dan Meminta Doa Restu dari Orang Terdekat

Sebelum Anda meninggalkan tanah air, pastikan semua urusan telah diselesaikan terlebih dahulu. Bila Anda mengambil cuti kerja, jangan lupa tuntaskan semua pekerjaan sebelum terbang ke tanah suci. Kalau Anda pergi sendiri meninggalkan keluarga di Tanah Air, pastikan selalu bahwa keluarga yang Anda tinggalkan mendapat cukup nafkah selama Anda pergi berangkat umroh. Terakhir, pastikan alat komunikasi Anda dapat terhubung dan dihubungi oleh keluarga, sanak saudara, serta rekan kerja Anda di Tanah Air.

Mungkin sebagian dari Anda yang membaca artikel ini memang sudah mempunyai jadwal keberangkatan umroh yang dekat. Namun, kami juga mengerti bila masih ada dari Anda yang baru merencanakan untuk menabung karena keadaan finansial yang tidak mencukupi. Bagi Anda yang memiliki situasi demikian, kami sarankan Anda untuk menabung di SOBATKU. Anda bisa menggunakan kode referral ALFAMART untuk mendapatkan E-Voucher senilai Rp25,000 loh. Anda hanya perlu download aplikasi SOBATKU dan lakukan registrasi menggunakan kode referral ALFAMART. Tabungkan biaya minimal Rp50,000 di Alfamart melalui “Loket Sahabat” kepada petugas kasir dan dapatkan E-Voucher sebesar Rp25,000 dalam waktu tiga hari kerja setelah registrasi. Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan SOBATKU sebagai tabungan Anda. Salah satunya adalah Anda hanya bisa melakukan withdrawal di Alfamart atau Alfamidi terdekat dan jumlah uang di dalam rekening ini tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Mudah dan aman, bukan? Simak info lengkapnya di sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY