Anda telah membaca sejumlah buku pengasuhan, menjelajahi Internet, dan bertanya kepada dokter. Namun, dunia orang tua selalu mendatangkan kejutan. Berikut beberapa saran pengasuhan yang mungkin belum Anda dapatkan ketika mempersiapkan kedatangan bayi.

Tips pengasuhan nomor 1: Bayi tidak selalu tidur ketika merasa lelah.

Fakta ini bertentangan dengan logika, tapi bayi yang lelah tidak selalu berarti bayi yang mudah tertidur. Pada kenyataannya, anak yang terlalu lelah cenderung rewel dan sulit tidur. Cara mengatasinya dengan mencari-cari tanda bahwa bayi merasa lelah dan masukkan ke dalam boks sebelum dia terlalu mengantuk. Beberapa tanda bahwa si mungil lelah adalah: tangan terkepal, menguap, menggosok mata, membuat gerakan menghentak atau menarik telinganya. Jika Anda melewatkan tanda-tanda itu, jangan putus asa. Setelah bayi baru Anda berusia beberapa bulan, dia mungkin belajar untuk menenangkan diri, yang membuatnya lebih mudah untuk tidur dengan sendirinya. Dan, jika Anda merasa putus asa, berputar-putar dengan mobil, berjalan kaki mengelilingi lingkungan rumah, atau buaian lembut dalam pelukan Anda membantunya untuk melayang ke dunia mimpi.

Tips pengasuhan nomor 2: Kuman di mana-mana.

Ketika menjadi ibu baru, Anda tiba-tiba menyadari betapa semua terlihat kotor dan berkuman. Anda terus menerus siaga untuk menangkap dot yang jatuh dan selalu mengelap bayi saat melihat tanda-tanda tumpahan atau kotoran. Walaupun memang benar pajanan awal pada kuman dapat membantu sistem kekebalan anak, tidak seorang pun menginginkan buah hatinya jatuh sakit. Lakukan pengendalian kuman yang cerdas dengan memastikan siapa pun yang menggendong bayi mencuci tangannya lebih dahulu. Jauhkan juga teman dan anggota keluarga yang sakit dari sekitar bayi, basmi kuman di rumah secara teratur, dan jangan pernah lupa untuk membersihkan tangan bayi (dan Anda sendiri). Namun, ingatlah: Beberapa kuman tidak dapat dihindari. Jangan panik jika melihat anak memasukkan mainan temannya ke dalam mulut – Anda tidak dapat mencegah semuanya.

Tips pengasuhan nomor 3: Pelajari beberapa teknik menenangkan bayi.

Ketika bayi baru Anda mulai rewel, Anda perlu tahu cara menenangkannya sehingga Anda berdua merasa lebih baik. Semua bayi unik dan menyukai hal yang berbeda, tapi pijatan lembut dapat menjadi cara efektif menenangkan bayi saat rewel. Cobalah menghangatkan losion di tangan Anda dan mulai mengusap di dahinya, turun menyusuri hidung, pipi dan dagu, lalu akhiri di lehernya. Cara lain menenangkan bayi adalah memakai gendongan agar sang buah hati tetap dekat saat Anda melakukan berbagai pekerjaan di rumah.

Menjadi ibu baru bisa memenuhi benak kita dengan kegamangan dan sangat normal untuk mengidap kekhawatiran tersebut. Ingatlah bahwa naluri Anda sendiri yang bisa menjadi senjata terbaik melawan rasa tersebut. Setiap kali menemukan sesuatu yang baru dan Anda mampu menanganinya, pengalaman itu akan membantu Anda menjadi ibu yang lebih percaya diri.

Comment here