Mencegah konstipasi memang susah-susah gampang. Namun, jika tidak dicegah, konstipasi akan menyebabkan kita menjadi uring-uringan setiap hari.

Definisi Gangguan Kesehatan Konstipasi

Konstipasi atau dikenal juga dengan sembelit merupakan masalah sistem pencernaan yang sering dialami oleh banyak orang. Meski merupakan gejala umum dalam kehamilan, konstipasi yang dibiarkan berlarut-larut bisa menjadi semakin parah dan memicu timbulnya wasir atau ambeien.

Ketika makanan masuk ke dalam saluran pencernaan, tubuh akan mengambil nutrisi atau zat-zat gizi dan air dari makanan tersebut. Sisa atau ampas dari makanan tersebut selanjutnya dikeluarkan melalui usus halus lewat kontraksi usus.

Cara Mudah Cegah Konstipasi

Tanda-tanda konstipasi yang umum adalah frekuensi buang air besar yang kurang dari 2 kali dalam seminggu, buang air besar tidak teratur, dan feses yang keras sehingga kadang menimbulkan rasa sakit.Berikut tips tentang kebiasaan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah konstipasi.

  1. Kurang Olah Raga

Kurang berolah raga tak hanya menyebabkan kenaikan timbangan berat badan. Gangguan kesehatan termasuk pencernaan juga rentan mengintai jika Anda melakukan hal ini. Mulai rutin lakukan olah raga ringan setiap hari yuk.

  1. Asupan Kurang Serat

Serat akan mendorong sisa makanan yang dicerna dan menghasilkan feses atau kotoran sehingga mudah dikeluarkan. Cobalah mengonsumsi serat secara bertahap, dan rasakan manfaatnya agar mudah buang air besar.

  1. Kurang Minum Buy tegretol xr online

Kebanyakan orang kurang bahkan tak awas dalam memperhatikan gejala dehidrasi. Usahakan minum ketika Anda merasa haus atau ketika urin berwarna keruh dan tak jernih. Jangan abaikan tips kesehatan ini, lho!

  1. Junk Food

Substitusi makanan sehatmu! Ganti burger favorit dengan ubi bakar dan burger daging asap dengan roti dari gandum utuh. Selain lebih sehat, penggantian ini juga dapat melancarkan pencernaan.

  1. Menahan BAB

Menahan atau menunda BAB ternyata sangat memiliki efek negatif. Secara alami, sinyal ini dapat menghilang ketika diabaikan. Apabila lain kali Anda merasa sembelit, jangan pernah mengabaikan hal ini ya. Bahaya tuh!

Inilah tips kesehatan dalam mencegah konstipasi. Sebenarnya masih begitu banyak upaya-upaya yang dapat dilakukan, namun inilah yang biasanya dilakukan oleh orang-orang saat mengalami gejala konstipasi.

Saat gejala ini dirasa tidak membantu, Anda disarankan untuk konsumsi obat-obatan pencegah konstipasi. Alfamart sadar akan pentingnya hal ini, dan berusaha memenuhi semua kebutuhan pokok konsumen. Itulah sebabnya Anda dapat dengan mudah menemukan obat pencegah konstipasi di Alfamart dekat rumah Anda

Comment here