Mengenal Djoko Susanto, Pemilik Alfamart Dengan Kekayaan Miliaran Rupiah

Apakah Anda pernah berbelanja di Alfamart? Jika pertanyaan ini terlontar kepada Anda, tentu jawabannya ?Yaa?. Bagaimana tidak, semenjak hampir 15 tahun lalu Alfamart telah menjadi sahabat bagi para konsumen dalam menyediakan produk sehari-hari yang dijual dengan harga terjangkau. Terlebih, semakin tahun gerainya pun semakin tersebar di seluruh penjuru kota di Indonesia, sehingga mudah disambangi oleh semua lapisan masyarakat.

Di balik kesuksesan Alfamart ini, tentu selalu ada pekerja keras yang memperjuangkan segalanya dari nol. Siapa lagi kalau bukan Djoko Susanto selaku pemilik Alfamart yang mulai merintis bisnis jaringan minimarket tersebut sejak 1994. Ketahui lebih lanjut fakta-fakta seputar pemilik Alfamart dengan kisah suksesnya sebagai motivasi Anda dalam berkarir di dunia bisnis berikut ini!

FAKTA MENARIK SEPUTAR PEMILIK ALFAMART

 

  1. Djoko Susanto lahir pada tahun 1950 di Jakarta dengan nama Kwok Kwie Fo.
  2. Ia berdarah keturunan Tionghoa yang tumbuh dan besar di Jakarta.
  3. Djoko kecil dididik di tengah keluarga sederhana yang selalu bekerja keras demi berjuang melanjutkan hidup.
  4. Jauh sebelum menjadi pemilik Alfamart, berbisnis mulai Ia lakoni ketika umurnya masih 17 tahun.
  5. Awalnya beliau membuka usaha kios yang dimiliki oleh orang tuanya di Pasar Arjuna. Kios yang menjual bahan makanan tersebut diberi nama Sumber Bahagia.
  6. Pada tahun 1960-an, Djoko Susanto dan Putera Sampoerna resmi bekerjasama dengan membuka kios rokok baru di kawasan Jakarta.
  7. Berawal dari keberadaan kios baru itu, mereka mulai berpikir untuk membuka mini market. Mini market tersebut kemudian diberi nama Alfa Toko Gudang Rabat.
  8. Nama minimarket Alfa Toko Gudang Rabat lalu disingkat menjadi Alfa Minimart di tahun 1994. Dengan demikian, resmilah Ia menjadi pemilik Alfamart.
  9. Pada 2014,Forbes Magazine menempatkan pemilik Alfamart ini pada urutan 27 dari 50 orang terkaya di Indonesia.
  10. Sepanjang karirnya sebagai pengusaha dan pemilik Alfamart, Djoko Susanto memiliki harta kekayaan sebesar 1,040 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,36 triliun.

KIAT SUKSES PIMILIK ALFAMART

Bagi Djoko Susanto, kunci suksesnya yang utama tentu saja bekerja keras dan pantang menyerah. Memulai suatu bisnis akan selalu dekat dengan kegagalan. Namun besar atau kecil kegagalan tersebut sejatinya merupakan awal dari keberhasilan jika tak gentar dalam mengusahakan yang terbaik secara maksimal. Itulah hal yang menjadi pelajaran paling berharga sepanjang menjalankan peran sebagai pengusaha dan pemilik Alfamart.

Comment here