Kecanggihan teknologi kini bukan hanya mempengaruhi tren bermedia sosial, namun nyatanya juga dapat mengubah kebiasaan Anda saat melakukan aktivitas perekonomian. Bayangkan ketika Anda bisa bepergian tanpa harus membawa uang tunai, digantikan dengan satu kartu untuk segala jenis transaksi pembelian! Jauh lebih praktis, bukan? Inilah info cara beli e money yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan untuk beli E-Money, untuk yang masih bingung beli e-money dimana semoga artikel ini dapat membantu.

APA ITU E-MONEY?

Apa itu E-Money? E-Money adalah alat pembayaran dengan menggunakan media elektronik yang meliputi jaringan komputer dan internet. Bentuknya kartu, sehingga mudah dibawa kemanapun dan tentunya jauh lebih praktis. Bahkan salah satu ilmu Kriptografi menyatakan bahwa E-Money sangat aman digunakan karena cenderung sulit untuk dibajak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan uang dalam jumlah banyak pada E-Money tersebut. Hanya saja Anda tidah boleh sembarangan meletakkannya, mengingat bentuk kartu yang kecil terkadang mudah hilang.

JENIS-JENIS E-MONEY

E-Money sendiri memiliki 2 jenis yang berbeda. Sebelum Anda memutuskan beli E-Money, yuk ketahui perbedaan jenis-jenisnya!

  1. Prepaid Software

E-Money jenis Prepaid Softaware sering pula disebut dengan Digital Cash. Nilai uang yang ada pada E-Money ini akan tersimpan di dalam hard disk sebuah PC. Pemindahan dananya sendiri dapat dilakukan melalui jaringan internet. Intinya, seperti melakukan transfer secara online.

  1. Prepaid Card

Prepaid Card atau Electronic Purchase, merupakan E-Money yang nilai uangnya tersimpan di dalam sebuah chip yang ditanamkan pada kartu. Contoh Prepaid Card adalah Flazz BCA, Mandiri E-Money, Brizzi, dan BNI Prepaid.

Dari kedua jenis E-Money yang telah dijelaskan di atas, mana yang lebih cocok dengan kebutuhan Anda? Silahkan dipikir terlebih dahulu sebelum beli E-Money pilihan Anda ya!

CARA MENGGUNAKAN E-MONEY

  1. Gerbang Tol di Gardu Manual

  • Serahkan kartu E-Money kepada kasir tol
  • Kartu akan ditempelkan pada reader yang ada di gardu tol
  • Transaksi berhasil, saldo kartu E-Money berkurang sesuai tarif tol yang berlaku

Gerbang Tol di Gardu Ototmatis

  • Tempelkan kartu pada reader di mesin GTO
  • Transaksi berhasil, saldo kartu mandiri e-money berkurang sesuai tarif tol yang berlaku

Gerbang Tol di Gardu E-Tollpass

  • Mobil melaju dengan kecepatan sekitar 10km/jam
  • Transaksi berhasil ditandai adanya bunyi bip sebanyak 2x.
  • Palang pintu akan terbuka secara otomatis dan saldo kartu mandiri e-money berkurang sesuai tarif tol yang berlaku.
  1. Tiket Bus

  • Tempelkan kartu mandirie-money pada reader di halte/bus.
  • Transaksi berhasil, saldo kartu mandiri e-money berkurang sesuai tarif bus yang berlaku.
  1. Parkir

  • Serahkan kartu mandirie-money kepada kasir parkir.
  • Kartu akan ditempelkan pada reader yang ada di gardu parkir.
  • Transaksi berhasil, saldo kartu mandirie-money berkurang sesuai tarif parkir yang berlaku.
  1. Retailer (SPBU Pertamina, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo, Circle-K, 7-Eleven, Hypermart, Solaria, Excelso, Es Teler 77, dan lain-lain)

  • Serahkan kartu mandiri e-money kepada kasir/petugas toko.
  • Kartu akan ditempelkan pad reader yang ada di toko.
  • Transaksi berhasil, saldo kartu mandiri e-money berkurang sesuai nilai pembelanjaan.

Beli E-MONEY dimana?

Tertarik beli E-Money? Anda bisa langsung mengunjungi gerai Alfamart terdekat untuk mendapatkannya! Anda tidak akan dikenakan biaya ketika beli E-Money, cukup mengisinya dengan nilai uang yang Anda inginkan saja. Kabar baiknya lagi, E-Money tidak memiliki batasan masa berlaku, lho!

ISI ULANG E-MONEY

Setelah beli E-Money dan menggunakannya, Anda tentu harus mengisi ulang kartu sakti tersebut agar bisa terus menemani Anda di setiap transaksi pembelian sehari-hari. Cara mudahnya, cukup temukan ATM bertanda E-Money, lalu lakukan top-up melalui mesin ATM tersebut. Atau, kunjungi gerai Alfamart dan isi ulang E-Money Anda langsung dari kasir. Mau isi ulang secara tunai atupun dengan debit card? Semua bisa!

 

Promo belanja ngacir alfamart Ada hadiah motor setiap minggu nya, untuk keterangan lebih lanjut segera kunjungi gerai atau situs alfamartku.com

Comment here