Seiring dengan semakin banyaknya franchise asing maupun lokal yang tumbuh di Indonesia, bisnis waralaba pun menjadi suatu peluang menggiurkan. Bisnis waralaba bisa dikatakan lebih aman untuk mereka yang belum memiliki pengalaman sama sekali karena dalam bisnis ini tak perlu membangun segalanya dari nol. Anda akan menjalankan usaha yang sudah memiliki nama dan pelanggang sehingga risiko untuk merugi bisa dihindari.

Meski demikian, banyak pula pantangan yang harus Anda patuhi untuk menjamin kesuksesan bisnis waralaba seperti berikut ini:

Jangan berpikir bahwa bisnis waralaba akan memberikan keuntungan besar dengan cepat

Meski Anda membeli franchise yang sudah memiliki nama besar, namun keuntungan yang diperoleh belum tentu sebesar gerai lain sejenis. Maka dari itu, hindari memiliki pikiran bahwa bisnis waralaba yang Anda jalankan sudah pasti memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Pikiran seperti ini akan membuat Anda lengah dan tak menjalankan strategi bisnis dengan maksimal. Meski franschise yang dibeli memiliki peluang sangat baik, tetaplah berusaha untuk berbisnis dengan matang sehingga hasil yang didapatkan pun lebih besar.

Jangan mengabaikan kebutuhan pasar

Hanya karena menuruti keinginan pribadi, jangan sampai Anda mengabaikan kebutuhan pasar. Melihat pasar adalah hal utama yang harus dilakukan sebelum membangun bisnis waralaba. Jadi ketika Anda berkeinginan untuk membuka franchise restoran cepat saji namun lokasi yang dipilih jauh dari pemukiman warga, hal tersebut bisa jadi bumerang. Maka dari itu, selalu sesuaikan franchise yang akan Anda beli dengan kebutuhan pasar di sekitar lokasi tersebut.

Jangan nekat melakukan improvisasi

Memiliki strategi bisnis tersendiri memang bisa jadi pembeda dengan bisnis lain sejenis yang berpeluang meningkatkan keuntungan Anda. Namun di sisi lain, butuh pertimbangan matang sebelum memutuskan untuk menjalankan strategi bisnis tertentu. Jika salah perhitungan, bisa jadi strategi bisnis tersebut justru akan merugikan Anda. Untuk awalnya, ikuti saja prosedur dan apa strategi bisnis yang disarankan oleh pemilik ritel waralaba tersebut.

Jangan melanggar sistem yang telah ditetapkan

Meski Anda merasa tidak puas atau tidak cocok dengan sistem yang telah ditetapkan oleh pemilik waralaba, bukan berarti Anda bisa seenaknya melanggar sistem tersebut. Pemilik bisnis waralaba tentu sudah memiliki pertimbangan tersendiri mengapa menetapkan sistem tersebut. Kalau Anda melanggarnya, bukan hanya risiko kerugian yang meningkat, namun pihak pemilik juga bisa membatalkan kerja sama secara sepihak.

Jangan meremehkan penyebab kegagalan pemilik waralaba lainnya

Kadang ada hal sepele yang membuat sebuah bisnis waralaba merugi, misalnya saja karena pemilihan lokasi yang tidak tepat atau mempekerjakan pegawai yang kurang disiplin. Hal-hal sepele semacam itu bisa menghancurkan sebuah bisnis waralaba yang sudah memiliki nama besar sekalipun. Pastikan Anda rajin melakukan research kecil-kecilan untuk memperkaya ilmu dan strategi bisnis franchise yang dijalani.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis waralaba terjamin, franchise Alfamart bisa jadi pilihan terbaik. Dengan jangkauan luas, banyaknya prestasi yang diraih, serta kesetiaan jutaan pelanggan, memulai bisnis franchise tentu jadi lebih mudah.

Alfamart juga menjadi salah satu shopping destination yang dicintai karena banyaknya promo dan diskon menarik setiap harinya. Alfamart juga memberikan keuntungan berlipat bagi para membernya mulai dari potongan harga, hadiah menarik, hingga voucher belanja gratis. Belum lagi ada komunitas khusus yang membuat para member lebih dimanjakan dan bisa memperoleh berbagai informasi serta pengetahuan baru.

Comment here