Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meringankan beban para korban bencana alam, korban tragedi kemanusiaan seperti peperangan, ataupun orang yang kurang mampu. Berdoa dan memberikan support secara moral merupakan cara termudah untuk membantu mereka. Namun bagi yang memiliki rezeki lebih, menyumbangkan sebagian harta benda melalui donasi tentu bisa jadi pilihan terbaik.

Saat ini, berdonasi pun jadi lebih mudah karena ada berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan kesediaan Anda. Apa saja jenis donasi yang bisa dilakukan untuk membantu sesama? Yuk, simak informasinya berikut ini:

Donasi berupa makanan

Tak perlu menunggu memiliki harta berlimpah untuk berdonasi. Ya, donasi bisa dimulai dari hal terkecil misalnya memberikan makanan yang Anda miliki kepada orang yang membutuhkan. Memberikan makanan jadi adalah pilihan terbaik jika Anda tinggal berdekatan dengan korban bencana alam maupun peperangan. Namun jika Anda tinggal di lokasi yang berjauhan, donasi bisa dilakukan dengan menyumbangkan makanan instan seperti mie, roti, dan minuman dalam kaleng atau botol. Sumbangan bahan pokok seperti beras, minyak, dan gula juga bisa disumbangkan untuk membantu lebih banyak orang.

Donasi berupa obat-obatan

Selain makanan, obat-obatan adalah kebutuhan utama bagi korban bencana alam, peperangan, dan juga masyarakat kurang mampu. Banyak sekali nyawa yang sangat tergantung dengan obat-obatan, namun sayang harganya yang mahal membuat tak semua orang mampu membelinya. Dalam kondisi ini, menyumbangkan obat-obatan tentu jadi jalan terbaik untuk membantu mereka. Obat-obatan luar seperti perban, cairan antiseptik, serta pereda nyeri menjadi pilihan terbaik diberikan kepada korban bencana dan peperangan. Sedangkan untuk orang kurang mampu, sesuaikan obat dengan kebutuhan mereka.

Donasi berupa pakaian

Selain makanan dan obat, pakaian juga menjadi barang yang bisa didonasikan. Selain bisa membantu mereka yang membutuhkan, Anda juga sekaligus bisa memanfaatkan baju yang sudah tidak digunakan tetapi masih layak pakai. Korban bencana alam dan perang tentu sangat membutuhkan pakaian sebagai perlindungan utama. Sedangkan orang yang kurang mampu tentu bisa memperoleh manfaat lebih dari pakaian yang Anda berikan entah untuk digunakan sendiri atau dijual lagi demi memperoleh uang.

Donasi uang

Where can i purchase lotrisone cream
Kalau Anda ingin berdonasi namun tak yakin benda mana yang paling dibutuhkan, maka menyumbangkan uang menjadi pilihan terbaik. Saat ini memang banyak oknum tak bertanggung jawab yang mengatasnamakan organisasi tertentu untuk menarik sumbangan namun hasilnya digunakan untuk keperluan pribadi. Maka dari itu, pilihlah berdonasi dengan cara yang terpercaya misalnya melalui Alfamart care.

Apa itu Alfamart care? Alfamart care merupakan program donasi yang sangat praktis karena Anda bisa melakukannya sekaligus sambil berbelanja melalui Alfamart. Anda bisa menyumbangkan kembalian belanja saat berada di kasir dan kemudian dana tersebut akan dikumpulkan untuk disalurkan pada mereka yang membutuhkan.

Biasanya, kasir akan selalu menawarkan program Donasiku ini ketika Anda memiliki kembalian saat belanja. Jumlah kembalian dan besarnya uang yang Anda sumbangkan akan tertera di layar monitor dan tercetak di struk belanja.

Program Donasiku yang merupakan bagian dari Alfamart care ini selalu menggandeng organisasi maupun yayasan terpercaya yang akan menyalurkan sumbangan Anda secara tepat sasaran. Semua donasi yang dilakukan melalui Alfamart care juga dilakukan dengan transparan, jelas ketentuan hukumnya, dan bisa diakses secara luas oleh para pelanggan Alfamart.

Comment here