Liburan akhir tahun 2016 baru saja usai dan kita sudah memasuki tahun 2017 dengan warna yang lebih cerah dan berharap semua hal bisa menjadi lebih baik lagi. Momen-momen bahagia menghabiskan liburan akhir tahun juga pastinya masih terbayang di benak Anda. Dari berbagai kejadian yang telah dialami. Termasuk juga dalam menghabiskan uang yang Anda miliki untuk merayakan perayaan akhir tahun tersebut.

Jika Anda tidak membuat perencanaan dan Famvir dose over the counter mengatur keuangan Anda dengan baik maka hal ini bisa menjadi masalah yang akan timbul di awal tahun 2017 dan juga dapat menyengsarakan Anda di hari-hari berikutnya.

Berikut 5 cara mengatur keuangan agar biaya pengeluaran setelah liburan akhir tahun tidak membuat Anda sengasara:

  1. Buat Catatan Pengeluaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam mengatur keuangan adalah membuat catatan sederhana untuk biaya yang telah Anda gunakan selama liburan akhir tahun 2016 kemarin dengan serinci mungkin. Coba hitung, apakah total biaya yang Anda keluarkan sesuai dengan perencanaan biaya yang telah Anda buat sebelumnya. Jika iya maka Anda harus lebih berhemat dalam menggunakan biaya untuk keperluan lainnya. Jika tidak maka Anda bisa menyimpan uang tersebut untuk investasi dan gunakan uang tersebut untuk hal-hal yang lebih penting saja.

  1. Membayar Tagihan

Setelah liburan berakhir jangan lupa untuk membayar tagihan-tagihan rutin Anda seperti membayar tagihan air, listrik, telepon, internet atau lainnya. Setelah itu jangan lupa untuk segera membayar tagihan kartu kredit jika Anda menggunakannya saat liburan akhir tahun. Jika Anda tidak segera membayar tagihan-tagihan tersebut yang ada utang Anda akan semakin menumpuk dan kesulitan untuk membayar keperluan lainnya.

  1. Kembalikan Dana Darurat yang Terpakai

Jika Anda menggunakan dana darurat untuk liburan akhir tahun kemarin maka sebaiknya Anda segera menabung dan mengembalikan dana darurat tersebut seperti semula dan juga memberikan tambahan. Karena berganti dan bertambahnya tahun maka tidak menutup kemungkin berbagai biaya produk atau keperluan lainnya juga ikut meningkat.

  1. Hindari Jajan atau Jalan-jalan

Mungkin Anda kurang puas dengan liburan akhir tahun kemarin, tapi sebaiknya Anda mengurangi membeli barang-barang yang kurang penting atau berjalan-jalan yang akan menghabiskan uang Anda bahkan sampai harus mengutang. Lebih baik Anda menunggu gaji bulan selanjutnya dan memakai uang lebihnya untuk jajan atau jalan-jalan seperti yang Anda inginkan.

  1. Mencari Informasi Promo atau Diskon

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan dalam mengatur keuangan setelah liburan akhir tahun adalah dengan mencari informasi promo dan diskon yang dapat menghemat keuangan Anda. Di Alfamart Anda bisa menemukan berbagai promo dan diskon produk yang menggiurkan. Bukan hanya itu, Anda juga berkesempatan memenagkan berbagai hadiah menarik. Info promo dan diskon bisa Anda dapatkan di akun instagram dan twitter @alfamart, facebook Alfamartku atau website www.alfamartku.com.

Jangan khawatir akan pengeluaran yang dipakai untuk liburan akhir tahun 2016 kemarin. Anda bisa menggunakan 5 cara mengatur keuangan di atas agar Anda tidak pusing dan bisa menjalani hari-hari di awal tahun 2017 dengan lebih bahagia. Selamat mencoba!

Comment here