Belanja kebutuhan sehari-hari menjadi rutinitas bagi seorang ibu rumah tangga, yang biasanya dilakukan sebulan sekali. Kegiatan ini tampaknya simpel, tapi Anda harus tahu bahwa belanja bulanan bisa sangat menantang dewasa ini. Selain karena harga kebutuhan rumah tangga kian merangkak naik, Anda bisa saja membeli sesuatu yang sebetulnya tidak dibutuhkan.

Seorang ibu rumah tangga harus memiliki kejelian saat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian, dia tidak akan salah memilih barang atau sebaliknya, mengambil barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Berikut ini delapan tips belanja hemat untuk para ibu rumah tangga. Yuk disimak!

Selalu Membawa Daftar Belanja

Luangkan waktu untuk membuat rencana belanja mingguan/bulanan. Kemudian susun rencana belanja Anda secara rapi di spreadsheet Excel agar lebih mudah untuk mengeceknya. Dengan membawa daftar belanja, Anda tidak akan melewatkan satu barang pun yang dibutuhkan. Selain itu, shopping list tersebut juga akan menghindarkan Anda dari jebakan promo, yang membuat Anda tergiur untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Jangan Belanja Saat Lapar

Menurut penelitian, orang yang belanja saat lapar cenderung membeli lebih banyak. Pada akhirnya, Anda akan membeli barang-barang yang sama sekali tidak dibutuhkan. Kondisi lapar juga akan membuat Anda tidak fokus pada barang yang akan dibeli. Anda juga menjadi malas untuk membandingkan harga produk yang akan dibeli karena kurang konsentrasi. Maka, sebaiknya isi dulu perut Anda sebelum pergi belanja bulanan. Dengan demikian, Anda tidak akan menyesal karena sudah membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.
Zoloft no prescription needed

Sesuaikan dengan Anggaran

Untuk menghemat anggaran belanja bulanan, sebaiknya cek harga barang-barang yang akan Anda beli. Anda bisa menggunakan internet untuk mengeceknya satu per satu. Setelah semua barang dicek harganya, Anda akan mendapat gambaran kasar tentang berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk belanjaan tersebut. A�Jadi, ketika Anda melakukan aktivitas belanja bulanan, Anda bisa lebih menghemat anggaran.

Membeli dalam Jumlah Besar

Jika kebetulan ada diskon untuk item tertentu, seperti kertas toilet dan pasta gigi misalnya, yang tidak memiliki tanggal kadaluwarsa, Anda bisa membelinya dalam jumlah besar. Cara ini cukup efektif untuk menghemat anggaran belanja bulanan Anda dalam beberapa bulan ke depan. Sebab, Anda tak perlu lagi membeli produk tersebut untuk beberapa bulan berikutnya.

Manfaatkan Promo Mingguan

Anda juga bisa memanfaatkan promo mingguan dan promo Alfamart JSM untuk menghemat anggaran. Dan Alfamart bisa jadi pilihan tepat untuk Anda. Gerai minimarket ini tersebar di hampir di seluruh Indonesia dan secara rutin memberikan promo/penawaran menarik kepada para pelanggannya. Seperti minimarket atau supermarket lainnya, Alfamart juga sering mengeluarkan promo yang diadakan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Promo Alfamart JSM bisa Anda manfaatkan untuk membeli produk kebutuhan sehari-hari dengan harga lebih terjangkau. Nah, Anda bisa mengunjungi situs resmi minimarket ini untuk meng-update Promo Alfamart JSM.

Langganan Katalog Belanja

Selain berburu promo/penawaran menarik dari promo mingguan seperti Promo Alfamart JSM. Anda juga disarankan untuk rajin mengumpulkan katalog dari minimarket/supermarket yang biasa dikunjungi. Dengan demikian, Anda tidak akan kelewatan promo menarik dari tempat-tempat itu. Di samping itu, Anda juga dapat membandingkan harga dari setiap produk yang ditawarkan antara toko satu dengan lainnya.

Yuk jadi ibu cerdas dengan lebih pintar mengelola anggaran belanja! Selamat mencoba, ladies.

Comment here