Sebagai kawasan konservasi, kawasan Raja Ampat di Papua memang dijaga agar alamnya tetap lestari. Seperti diungkapkan oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, ia berencana untuk menjadikanA�Raja Ampat sebagai lokasi wisata eksklusifA�agar situsnya tetap terjaga.

Oleh sebab itu, biaya liburan ke Raja Ampat memang mahal. Namun walau mahal, bukan berarti Anda tidak bisa liburan dengan lebih hemat ke Raja Ampat. Berikut tips yang bisa mengantar Anda ke Raja Ampat tanpa over budget.

  1. Cari Tiket Pesawat Promo

Biaya tranportasi ke Raja Ampat terkenal sangat mahal. Namun jangan khawatir, sekarang ini banyak travel agent atau maskapai penerbangan yang memberi Anda tiket pesawat promo ke kota Sorong. Tentu harganya bisa hampir setengah harga lebih murah.Umumnya harta tiket menuju Sorong sekali jalan berkisar dari 4-5 juta rupiah. Belum lagi tiket pulangnya.

  1. Ajak Rombongan

Untuk mengakali biaya liburan yang selangit, Anda bisa menyiasatinya dengan pergi bersama rombongan yang minimal terdiri dari 5 orang. Dengan demikian, mahalnya pengeluaran bisa dibagi berlima, jadi Anda tak perlu merasa terbebani seorang diri.

  1. Menginap di Homestay

Siasat liburan hemat lainnya adalah dengan memilih homestay sebagai tempat Anda mengingap selama di Raja Ampat. Menginap di homestay dan rumah penduduk merupakan salah satu opsi terbaik untuk menekan pengeluaran. Di Pulau Waisai misalnya, sudah ada sekitar 40 homestay yang bisa traveler pilih.Untuk range harga, biaya menginap satu malam untuk per kepala adalah sekitar 250-350 ribu rupiah. Jika ingin yang lebih murah, traveler bisa menginap di rumah salah satu penduduk yang memang dijadikan penginapan untuk turis.

  1. Pergi Di Luar Musim Liburan

Ketika memutuskan untuk berlibur ke Raja Ampat, carilah waktu di luar musim liburan. Mengapa? Seperti biasanya, jika Anda pergi di musim liburan, harga tiket dan akomodasi otomatis akan lebih mahal dari hari reguler. Maka sebisa mungkin hindari berlibur saat peak season.

  1. Transportasi Altenatif

Cara yang paling mudah menuju ke Raja Ampat adalah dengan terbang ke Sorong, naik taksi atau ojek ke Pelabuhan Sorong. Lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal ke Waisai. Namun cara ini membutuhkan budget mahal. Ada alternatif lain yang lebih murah, yakni dengan terbang ke Ambon dan melanjutkan perjalanan naik kapal Pelni ke Pelabuhan Sorong.

  1. Perkirakan Budget Menyelam

  2. Estimating the global costs of vitamin a capsule supplementation a review of the literature

Ke Raja Ampat, hampa rasanya tanpa menyelami indahnya lautan di bawah sana. Perkirakan budget menyelam Anda seperti ini:

  • Kapal Dari Cepat Sorong – Waisai PP : IDR 260,000
  • Akomodasi+3x makan (4 malam) : IDR 1,000,000
  • Keliling Pulau Di Raja Ampat : IDR 200,000-700,000 (sampai Wayag)
  • Biaya Konservasi Raja Ampat(PIN Raja Ampat): IDR 250,000 untuk orang Indonesia, IDR 500,000 Untuk Orang asing.
  • Transportasi: IDR 100,000

Beli Pocari Sweat di Alfamart, Menangkan Undian Berhadiah Liburan ke Raja Ampat

Selain keenam cara di atas, Anda juga bisa mencoba peruntungan lain agar lebih hemat liburan ke Raja Ampat dengan ikut undian berhadiah liburan dari Pocari Sweat dan Alfamart. Beli 2 botol Pocari Sweat 500 ml di Alfamart terdekat dan menangkan undian berhadiah liburan ke Raja Ampat, gratis. Untuk memenangkan undian berhadiah liburan ini, masukkan kode unik pada struk ke bit.ly/PocariSweat. Kesempatan Anda untuk ikut undian berhadiah liburan dari Pocari Sweat hanya sampai 31 Maret 2017, lho! Jadi jangan sampai ketinggalan promo undian berhadiah liburan kali ini ya.

Comment here