Belanda, Negara yang populer dengan julukan a�?Negeri Kincir Angina�? ini belakangan menjadi destinasi di Eropa yang difavoritkan banyak traveler untuk dikunjungi. Selain Negaranya yang indah dengan hamparan bunga tulip di musim semi, Belanda juga dikenal memiliki banyak tempat wisata bersejarah, serta pusat perbelanjaan murah yang sayang jika tak disambangi. Berencana ingin ke Belanda? Berikut 5 hal yang harus diperhatikan sebelum Anda wisata ke Belanda.

 

  1. Visa Schengen

Untuk mengunjungi Belanda, hal pertama yang pasti Anda butuhkan adalah visa Schengen. Visa ini berlaku untuk 25 Negara yaitu Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Dengan visa Schengen, traveler bisa keluar-masuk 25 Negara tersebut tanpa perlu lagi mengurus visa. Namun lain halnya jika Anda akan berkunjung ke Irlandia dan Britania Raya. Anda bisa membuat aplikasi visa khusus Negara tersebut.

Tapi ada juga beberapa Negara non-Schengen yang menerima visa Schengen, dengan catatan, harinya terbatas. Asma Nadia, penulis buku Jilbab Traveler yang telah 3 kali berkeliling Eropa mengatakan, ia pernah menyambangi Negara-negara non-Schengen menggunakan visa Schengen.

Cara aplikasinya, datanglah ke kedutaan Negara Belanda. Anda bisa mengambil formulir aplikasi visa Schengen, atau mengunduhnya dari situs kedutaan yang bersangkutan. Selanjutnya, isi formulir permohonan dan lengkapi dokumennya.

Beruntung, aplikasi visa Schengen kini semakin mudah. Traveler Indonesia hanya perlu menunggu 4 hari kerja sampai visa rampung dibuat.

 

    Nitrofurantoin monohydrate over the counter

  1. Itinerary

Itinerary atau daftar rencana perjalanan juga wajib Anda buat sebelum wisata ke Belanda. Tujuannya agar Anda tak lagi bingung harus kemana, ketika sampai di tempat tujuan. Dengan menyusun itinerary, Anda juga bisa menakar biaya yang Anda keluarkan di setiap harinya. Mulai dari pengeluaran untuk transportasi, tiket masuk tempat wisata, makan, hingga belanja souvenir.

Adapun kota-kota di Belanda yang wajib Anda masukkan ke dalam itinerary tersebut adalah Amsterdam, Maastricht, Volendam, Den Haag, Zaanse Schans, Roterdam, Lisse dan Utrecht.

  1. WiFi Router

Wisata ke Belanda tetap update di social media dan rutin memberi kabar lewat aplikasi chat dengan koneksi internet memadai, kenapa tidak? Tak harus berlangganan internet berjaringan internasional, namun cukup menyewa WiFi router selama perjalanan Anda. Untuk rental WiFi dari Wi2Fly, Anda tinggal memesannya sekitar 3-5 hari sebelum keberangkatan. Paket Wi2Fly akan segera dikirim, secara gratis ke seluruh Indonesia, dalam waktu singkat.

 

  1. Pakaian Sesuai Musim

Terdengar sepele, namun menyesuaikan pakaian yang Anda bawa dengan musim yang berlangsung di Belanda sangatlah penting. Jangan sampai Anda kekurangan mantel dan celana panjang saat masih dalam cuaca winter yang sangat dingin. Untuk itu sebelum berangkat, cari tahu terlebih dulu sedang musim apa di Belanda.

  1. Bahasa dan Mata Uang

Jangan takut berkomunikasi ketika di Belanda. Anda tak harus bisa berbahasa Belanda, seperti kebanyakan orang di Jerman yang hanya menguasai bahasa nasionalnya. Warga Belanda banyak yang bisa berbahasa Inggris, bahkan beberapa diantara mereka juga familiar dengan Bahasa Indonesia.

 

Mengenai mata uang, Euro adalah mata uang yang berlaku di Belanda. Siapkan uang Euro Anda secukupnya. Bila perlu bawalah dollar Amerika untuk berjaga-jaga jika uang Anda kurang. Sebab, semua money changer di Belanda tidak menerima tukaran uang Rupiah.

Kumpulkan Alfastamp, Dapatkan Paket Wisata ke Belanda Gratis

Sekarang jalan-jalan ke negeri kincir angin tersebut bukan cuma mimpi. Apalagi kalau Anda salah satu pelanggan setia Alfamart, cukup kumpulkan alfastamp sebanyak-banyaknya, Belanda pun menunggu kehadiran Anda.

 

Alfastamp adalah stampel yang diberikan oleh pihak Alfamart sebagai tanda bahwa Anda telah berbelanja sesuai dengan ketentuan yang dibuat dalam undian Royal VKB ini. Selain berbentuk fisik berupa kartu, alfastamp juga hadir dalam versi digital.

 

Setiap konsumen yang telah melakukan penukaran stamp berhak mengikuti program undian berhadiah untuk memenangkan 2 paket liburan ke Belanda. Pemenang undian liburan dari Alfamart dan Royal VKB ini akan dimumkan tanggal 21 Juli 2017. Semoga beruntung!

Comment here