Besar kecilnya gaji sering memiliki pengaruh terhadap cara mengelola keuangan dalam rumah tangga. Jika Anda termasuk dalam penerima fixed income atau gaji bulanan tetap dengan nominal yang sedikit maka akan sering merasa pusing karena harus menghadapi berbagai kebutuhan yang memiliki harga yang sering mengalam kenaikkan dari tahun ke tahunnya. Jangankan untuk menabung dana darurat, biaya kuliah, dana pension, dan hal lainnya. Untuk kebutuhan sehari-hari saja cukup sulit. Tapi sebenarnya Anda tidak perlu pusing dan khawatir karena dengan beberapa langkah yang tepat, Anda bisa mengatur keuangan dengan benar dan Anda tidak pusing, bahkan bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan dalam mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji atau pendapatan yang kecil.

Cheap isoniazid prophylaxis

1. Rencanakan Belanja Bulanan dengan Matang

Pemborosan cenderung terjadi ketika menggunakan uang dengan mengikuti keinginan. Padahal sebenarnya Anda harus menahan keinginan dan membelanjakan uang untuk membeli apa yang benar-benar dibutuhkan saja. Buatlah rencana terlebih dahulu untuk menyusun daftar belanja dengan rapi apa saja yang akan Anda beli dan jangan sampai membeli barang diluar daftar belanja.

2. Membeli Barang yang Masih Layak

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dalam menghemat keuangan rumah tangga yaitu dengan membeli barang yang masih layak pakai. Jadi Anda tidak melulu membeli barang baru. Anda bisa membeli barang-barang bekas yang masih layak pakai atau memiliki kondisi seperti barang baru. Contohnya seperti meja dan kursi bekas. Anda bisa mengakalinya dengan menyemprotkan cat agar bisa terlihat seperti baru.

3. Menghindari Hutang

Salah satu hal penting dalam mengatur keuangan yaitu dengan menghindari kegiatan hutang piutang. Meminjam uang perlu Anda lakukan jika benar-benar butuh dana darurat seperti untuk keperluan saat sakit. Jika Anda dengan mudahnya melakukan hutang di mana-mana, maka Anda akan kebingungan dalam proses pelunasannya. Apalagi jika Anda meminjam di bank yang memberikan beban bunga yang akan bertambah dari bulan ke bulannya dan akan semakin parah jika Anda tidak membayarnya dengan tepat waktu.

4. Mengikuti Program Berhadiah

Tidak ada salahnya jika Anda mengikuti berbagai program berhadiah yang diselenggarakan berbagai tempat belanja seperti yang diadakan minimarket Alfamart. Di Alfamart, Anda bisa memenangkan hadiah gratis voucher belanja sebesar Rp 25.000 dengan membeli produk S-26 Procal atau S-26 Promise senilai Rp 250.000. Untuk mendapatkan gratis voucher belanja, Anda perlu menjadi member Alfamart terlebih dahulu dan voucher akan diberikan secara otomatis kepada Anda dengan memenuhi syarat belanja yang telah ditentukan.

Program gratis voucher belanja ini hanya berlaku untuk pengguna akhir dan bukan pedagang atau pemburu hadiah. Ayo ikut program gratis voucher belanja dari Alfamart ini sekarang juga jangan sampai kehabisan! Periode program gratis voucher belanja berlangsung dari 16 Juli hingga 15 Agustus 2017.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan pendapatan atau gaji yang kecil. Anda tidak perlu khawatir dan cukup mengaturnya secara tepat. Silahkan mencoba!

Comment here