Tahukah Anda kalau kulkas ternyata bisa mencerminkan karakter pemiliknya? Kulkas yang berantakan menandakan pemilik yang berantakan juga, sebaliknya kulkas yang rapi dan bersih juga mencerminkan pemilik yang cinta kebersihan. Selain untuk segi estetika, kebersihan dan kerapian kulkas juga sangat mempengaruhi kesehatan seluruh anggota keluarga. Jika isi kulkas selalu bersih, tentu makanan dan minuman yang ada di dalamnya juga terjaga kesegarannya.

Nah, berikut ini beberapa cara menyimpan makanan di kulkas yang patut Anda tahu:

Pastikan Temperatur Tepat

Cara menyimpan makanan di kulkas yang paling mendasar adalah mengetahui suhu yang tepay untuk menjaga sayur dan buah serta bahan lain tetap segar. Pastikan temperatur kulkas ada di bawah 40 derajat Fahrenheit atau sekitar 4,5 derajat Celcius. Sedangkan untuk bagian freezer, setidaknya harus berada di suhu 0 derajat Celcius. Hal ini akan membuat es dan daging yang Anda simpan tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

Masukkan Protein Hewani Ke Dalam Freezer

Untuk menjaga agar sumber protein hewani tetap segar dalam jangka waktu lama, Anda perlu memasukkannya ke dalam freezer yang memiliki suhu sangat rendah. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan makanan setengah jadi seperti pure ke dalam freezer untuk kemudian dimasak. Bahan yang keluar dari freezer perlu dikembalikan ke suhu normal sebelum diolah atau dikonsumsi.

Letakkan Minuman di Bagian Pintu

Rak di bagian pintu merupakan bagian kulkas yang paling cepat menghangat temperaturnya. Maka dari itu, Anda tidak seharusnya meletakkan daging atau sayuran di bagian tersebut. Susu serta telur juga tidak seharusnya ditaruh di bagian pintu, meski kebanyakan kulkas menyediakan wadah khusus untuk telur. Minuman seperti jus dan air putih adalah jenis yang paling aman untuk diletakkan di bagian ini.

Baca juga : Ini Lho, Pentingnya Siapkan Dana Pendidikan Sejak Dini

Masukkan Makanan Berbau Ke Dalam Wadah Tertutup

Ada kalanya makanan di dalam kulkas terkontaminasi oleh bau lain yang ditimbulkan oleh bahan makanan dengan aroma menyengat seperti durian, ikan, atau bawang putih. Untuk menghindari percampuran aroma dan rasa, pastikan Anda mengemas makanan dengan bau menyengat di wadah tertutup rapat. Cara menyimpan makanan di kulkas ini juga berlaku untuk makanan matang yang memiliki banyak rempah seperti sambal terasi.

Masukkan Buah dan Sayur Ke Dalam Plastik

Untuk menjaga buah dan sayur tetap segar, masukkan ke dalam plastik yang sudah diberi lubang. Sebelum dimasukkan ke dalam plastik, sebaiknya cuci dulu buah dan sayur hingga bersih kemudian keringkan. Dengan cara ini, sayur dan buah kesukaan keluarga bisa bertahan hingga waktu yang lebih lama. Hal ini juga berlaku untuk buah yang sudah dikupas atau dipotong sebelumnya.

Gunakan Food Storage Untuk Merapikan Kulkas

Jika kulkas sangat penuh, biasanya Anda akan kesulitan untuk menemukan bahan makanan yang dibutuhkan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya gunakan food storage atau Buy duetact brand food container yang tembus pandang dan terbuat dari kaca. Wadah penyimpanan semacam ini selain awet dan bisa menjaga kesegaran makanan, juga membuat tampilan kulkas lebih rapi dan mudah mencari bahan yang ingin dimasak.

Nah, ada promo menarik dari Alfamart berupa hadiah Airtight Container Glass seharga mulai Rp 39.900 saja untuk pembelian minimal Rp 40.000 dengan Rp 10.000 terdapat produk sponsor. Untuk mengetahui apa saja produk sponsor yang dimaksud, bukan link ini ya www.alfamartku.com/promo

Comment here