Tahukah Anda, tidak semua anak-anak dapat menikmati minuman bergizi seperti susu seperti pada anak kebanyakan lainnya. Bukannya karena mereka tidak menyukai susu tetapi karena mereka memiliki alergi pada susu. Mengapa bisa terjadi demikian? Alergi susu merupakan bentuk respon alami yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh terhadap susu atau produk lain yang mengalami kandungan susu di dalamnya.

Reaksi pada tubuh ini merupakan salah satu alergi pada makanan atau minuman yang cukup banyak dialami anak-anak, khususnya ketika mereka mulai mengonsumsi susu sapi setelah sekian lama mereka mengonsumsi ASI (Air Susu Ibu).

Anak yang memiliki alergi pada susu biasanya terlihat setelah mengonsumsi susu dengan kemunculan reaksi alergi berupa muntah, napas yang berbunyi (mengi), ruam-ruam yang gatal dan gangguan pencernaan. Lalu apakah yang menjadi penyebab alergi susu pada anak?

Penyebab Alergi Susu

Alergi susu merupakan respon pada tubuh yang disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh pengidap yang menganggap suatu kandungan pada protein (dalam hal ini susu), sebagai zat yang berbahaya. Dengan adanya respon tersebut memicu sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi immunoglobulin E untuk menetralkan alergen tersebut. Proses ini lalu menghasilkan pelepasan histamine dan zat kimia lain di dalam tubuh dan menjadi penyebab gejala-gejala alergi susu tertentu.

Dua kandungan utama pada protein susu yang menjadi penyebab alergi susu adalah kasein dan whey. Kasein terdapat pada bagian susu yang padat sedangkan whey terdapat pada bagian susu yang cair yang ada meski susu mengental.

Faktor penyebab alergi susu pada anak juga bisa dikarenakan memiliki riwayat alergi di keluarga, misalnya hay fever atau rhinitis, asma dan eksim.

Gejala Alergi Susu

Reaksi alergi susu pada anak berbeda-beda pada tiap anak atau pun orang dewasa. Namun pada umumnya reaksi alergi susu muncul satu jam setelah pengidap mengonsumsi susu. Berikut gejala alergi susu pada anak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dirasakan oleh pengidapnya:

  • Kram perut
  • Hidup berair (ingusan)
  • Mata berair
  • Diare
  • Kotoran yang lebih cair
  • Ruam gatal di sekitar mulut
  • Munculnya kolik pada bayi dan ditandai dengan menangis tanpa henti

Cara Mengatasi Alergi Susu

Anda tidak perlu khawatir, karena pada umumnya alergi susu pada anak akan menghilang siring pertambahan usia anak. Namun ada juga yang terus memiliki alergi hingga mereka dewasa. Menghindari alergen (sumber alergi) merupakan tindakan pengobati alergi terbaik. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, makanan atau minuman apa saja yang harus dihindari, hal ini dikarenakan pemiliki alergi susu sebenarnya masih dapat mengonsumsi susu dengan jenis tertentu seperti yoghurt dengan aman.

Untuk meredakan penyebab alergi susu pada anak, Anda bisa memberikan obat antihistamin dan memberikan suntikan adrenalin (epinephrine) jika memiliki reaksi alergi yang lebih serius yaitu anafilaksis. Bawalah pengidap alergi ke ruah sakit untuk berjaga-jaga terjadinya reaksi susulan.

Terdapat pepatah a�?mencegah lebih baik daripada mengobatia�?. Hal tersebut memanglah benar dan penting untuk Anda sebagai seorang ibu untuk menerapkannya. Hindari susu dan produk-produk yang mengandung susu atau pun protein susu. Bacalah dengan teliti label produk sebelum Anda membeli dan memberikannya kepada anak Anda. Waspadai juga produk yang mencantumkan label nondairy dan milk-free karena kemungkinan masih memiliki kandungan protein susu.

Strategi tepat lainnya jika anak Anda memiliki alergi pada susu yaitu dengan memberikan minuman penggantinya yang memiliki kandungan formula hidrolisat penuh, formula asam amino atau formula isolat protein kedelai (soya) yang ada pada produk Morinaga Soya yang aman untuk dikonsumsi dengan petunjuk dari dokter.

Alergi susu dapat teratasi dengan baik dan Anda bisa menikmati liburan bersama si kecil ke Universal Studio Singapore atau Lego Land Malaysia! Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membeli 2 box Chil Kid Soya 300gr, lalu daftar dan kirim dukungan Anda di www.cekalergi.com dan menangkan paket liburan keluarga dari Alfamart! Tunggu apalagi? Ikutan sebelum periodenya selesai!

Comment here