Mimisan atau epistaksis merupakan salah satu jenis perdarahan yang cukup sering dialami manusia. Darah bisa keluar dari salah satu atau kedua lubang hidung dalam jangka waktu yang bervariasi. Ada orang yang mengalaminya hanya selama beberapa detik, namun ada juga yang lebih dari 10 menit.

Walaupun tidak mengkhawatirkan, tapi mimisan cukup mengganggu pengidapnya. Penyebab mimisan diduga karena pecahnya pembuluh darah yang terjadi pada hidung yang disebabkan karena temperatur yang ekstrim, alergi ataupun iritasi, membuang ingus terlalu keras, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Bila Anda atau kerabat mengalami mimisan, jangan panik dulu. Mimisan sangatlah normal dan tidak mematikan. Ada beberapa cara mengatasi mimisan yang bisa Anda lakukan di bawah ini untuk mengobatinya.

Beri Kompres Hidung dengan Menggunakan Es untuk Menyempitkan Pembuluh Darah

Buy amantadine online

Cara mengatasi mimisan yang pertama adalah dengan menggunakan kompres dingin. Caranya, siapkan es batu dan bungkus dengan kain lembut. Lalu, duduklah secara tegak dan mencubit hidung perlahan, kemudian kompres pada bagian luar hidung selama beberapa menit sampai perdarahan berhenti.

Gunakan Daun Sirih untuk Mempercepat Pembekuan Darah dan Membuat Luka Cepat Kering

Daun sirih dikenal memiliki sifat antibakteri, anti-peradangan, dan bisa mengurangi rasa sakit. Maka dari itu, daun sirih dianggap bisa mengobati mimisan. Caranya Anda bisa mengambil satu atau dua helai sirih yang sudah dibersihkan dengan air mengalir. Kemudian gulung dan masukkan ke dalam hidung yang berdarah, dan Anda duduk tegak sambil menekan dengan perlahan. Anda bisa menunggu beberapa saat dan darah bisa berkurang secara perlahan.

Daun Ketumbar untuk Redakan Mimisan yang Alami

Cara mengatasi mimisan bisa juga dengan mengandalkan daun ketumbar. Bukan hanya digunakan sebagai bahan untuk memasak, daun ketumbar juga bisa membantu menghentikan perdarahan dan menyeimbangkan tekanan darah. Caranya, daun ketumbar dihaluskan lalu oleskan daun ketumbar yang sudah dihaluskan tersebut pada bagian dalam hidung. Kemudian, diamkan beberapa menit hingga aliran darah berhenti.

Gunakan Air Garam Untuk Meredakan Perdarahan

Bila penyebab Anda mengalami mimisan karena udara yang terlalu dingin atau panas kering, bisa di atasi dengan penggunaan air garam untuk membantu melembapkan lapisan dalam hidung dan mengurangi iritasi pada selaput hidung. Garam juga dipercaya ampuh memiliki kemampuan untuk mempersempit aliran pembuluh darah di hidung sehingga perdarahan akan cepat terhenti. Cara mengatasi mimisan ini bisa dilakukan dengan cara melarutkan garam dalam air hangat, lalu basahi kapas dengan air garam tersebut. Dongakkan kepala, kemudian teteskan air garam secukupnya dari kapas lewat lubang hidung. melakukan cara ini bisa membuat Anda merasakan sedikit perih, tapi perdarahan bisa segera mereda.

Bawang Merah Membantu Pembekuan Darah Secara Alami

Cara mengatasi mimisan selanjutnya yakni dengan menggunakan bawang merah. Di dalam bawang merah, selain mengandung senyawa belerang, ada juga vitamin C dan flavonoid yang berfungsi memperkuat pembuluh darah kapiler. Cara mengobati mimisan dengan bawang merah, yakni dengan menghirup aroma bawang merah yang telah dipotong tipis-tipis dan tempelkan irisan bawang merah tersebut di bagian bawah atau lubang hidung. Anda bisa menghirup aromanya selama beberapa menit untuk meredakan perdarahan.

Semoga 5 cara mengatasi mimisan di atas bisa membantu Anda untuk meredakan mimisan yang sedang dialami. Setidaknya dengan mengetahui cara-cara di atas, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke dokter. cukup melakukan langkah praktis dan alami, mimisan Anda bisa teratasi.

Comment here