Sarapan menjadi waktu makan yang banyak diabaikan people zaman now. Ada yang beralasan tidak berselera, terlalu sibuk, bahkan ingin menurunkan berat badan. Tentu saja ini salah kaprah. Meninggalkan sarapan merupakan kebiasaan tidak baik. Banyak sekali manfaat sarapan yang sayang jika dilewatkan.

Manfaat Sarapan Sebagai Sumber Energi

Sepanjang malam, tubuh akan mencerna makanan yang dikonsumsi seharian. Nutrisi akan diserap oleh tubuh dan residu akan dibuang melalui saluran pembuangan. Saat bangun di pagi hari, kondisi saluran pencernaan telah siap menerima asupan nutrisi kembali sebagai sumber energi.

Manfaat sarapan sangat terasa sebagai sumber energi awal. Bayangkan jika anda tidak sarapan, aktifitas harian akan terganggu karena tubuh kekurangan sumber energi. Sarapan mengambil peranan penting sebagai landasan saluran pencernaan sebelum waktu makan selanjutnya. Untuk itu, utamakan sarapan dengan menu yang kaya serat seperti buah-buahan, dan tinggi protein seperti susu dan telur.

Manfaat Sarapan untuk Diet sehat

Sebagian orang berusaha menurunkan berat badan dengan cara mengurangi makan. Bahkan, tidak sedikit orang yang tidak sarapan dengan alasan ingin menurunkan berat badan. Ini merupakan tidakan yang kurang tepat. Karena manfaat sarapan justru untuk mendukung diet yang sehat.

Dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, sistem metabolisme tubuh akan stabil. Kalori dapat dibakar dengan seimbang dan cukup sampai saatnya makan siang. Lain halnya jika tidak sarapan, anda akan merasa lapar. Hal ini berakibat anda akan makan lebih banyak saat bertemu makanan. Tindakan ini dapat menaikan kadar gula darah dan meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan.

Manfaat Sarapan untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Masih ingat saat Ibu anda menyuruh sarapan sebelum berangkat sekolah? Yup, manfaat sarapan memang terlihat jelas dari pencapaian prestasi anak sekolah. Anak-anak yang sarapan terbukti lebih mudah menerima pelajaran dibandingkan anak-anak yang tidak sarapan. Anak-anak yang tidak sarapan akan mudah lapar dan lemas. Ini akan berpengaruh terhadap daya pikirnya. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun akan mengalami hal yang sama.

Ketika bangun di pagi hari, sebagian besar energi berupa glukosa dan glikogen telah habis digunakan untuk beraktifitas di hari kemarin. Padahal otak manusia membutuhkan glikogen ini untuk membantu konsentrasi dan meningkatkan daya ingat. Sarapan bermanfaat untuk memberikan asupan glikogen ke otak dan meningkatkan kinerjanya.

Manfaat Sarapan untuk Mencegah Penyakit

Salah satu manfaat sarapan yang sangat penting adalah untuk mencegah penyakit. How much prednisolone for croup Kok bisa? Contoh sederhana adalah penyakit gastritis atau maagh yang akan mudah timbul jika lambung terlalu lama kosong. Dengan sarapan, anda memberikan jeda yang teratur untuk lambung mencerna makanan dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Selain penyakit lambung, manfaat sarapan juga dipercaya dapat mencegah penyakit diabetes. Hal ini sangat masuk akal, karena orang yang tidak sarapan tubuhnya akan lebih resisten terhadap insulin. Resistensi insulin dapat berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah dan menimbulkan penyakit diabetes.

Wah, ternyata sarapan memang sangat penting ya! Melihat betapa besarnya manfaat sarapan, sebaiknya anda jangan sampai melewatkannya. Pilihlah menu sarapan yang cepat penyajiannya namun tetap kaya nutrisi. Anda dapat mengoleksi resep menu sarapan dan mempraktekannya setiap hari. Menu yang bervariasi akan menggugah selera dan melenyapkan rasa bosan.

Anda juga dapat menyediakan susu, oatmeal dan roti di rumah, untuk persiapan jika tidak sempat memasak menu lain. Yang terpenting anda tidak kehilangan manfaat sarapan di awal hari. Perhatikan komposisi produk yang anda pilih dan telitilah label kadaluarsanya. Belanjalah ke Alfamart untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga pas.

Comment here