Perbedaan Alfamart dan Alfamidi
#perbedaanAlfamartdanalfamidi #alfamidi #alfamart

Ingin Tahu Perbedaan Alfamart dan Alfamidi? Berikut Penjelasan Singkatnya

Pernahkah Anda sempat terbersit pertanyaan “Apa perbedaan Alfamart dan Alfamidi?” Walaupun ada yang mengatakan tidak pernah mempertanyakannya, namun tentunya tidak sedikit pula yang bakal menjawab bahwa sempat ada pertanyaan semacam itu dalam benak mereka suatu waktu. Nah, lantas apa beda antara kedua minimarket yang memiliki nama hampir sama tersebut?

Satu manajemen

Secara umum baik Alfamart dan Alfamidi merupakan dua buah waralaba yang berdiri di bawah satu manajemen, yaitu PT Sumber Alfaria Trijaya sebagai pemegang sahamnya. Dan dikarenakan masih berada di bawah satu bendera yang sama-sama mengusung brand Alfa, maka keduanya menggunakan logo yang hampir sama serta warna dominasi merah.

Selain itu, dalam praktiknya pun, tidak pernah ada cerita bahwa outlet atau gerai Alfamidi dengan Alfamart berada dalam radius yang sangat berdekatan. Hal itu dikarenakan karena sama-sama dalam satu manajemen, maka untuk menyeimbangkan sisi bisnis serta tidak memunculkan persaingan, maka jaraknya pun diatur sedemikian rupa. Pihak manajemen pun tidak menginginkan dua model bisnis mereka tersebut terjadi saling jegal apalagi sampai mematikan antara satu dengan lainnya karena akan merugikan mereka sendiri nantinya.

Alfamart

Sejarah terbentuknya Alfamart dimulai pada tanggal 27 Juni 1999 di mana PT Alfa Retailindo, Tbk. Dan PT Lancar Distrindo bekerja sama untuk menciptakan satu model usaha baru yaitu semacam swalayan yang berbentuk lebih kecil. Dikarenakan tidak mungkin untuk menggabungkan kedua perusahaan tersebut, maka pada akhir bulan Juni 1999 tersebut didirikanlah sebuah perusahaan baru yang bernama PT Alfa Mitramart Utama.

Sebagai hasil dari pendirian perusahaan baru itu, maka dirilislah sebuah minimarket yang mengusung brand Alfa dengan nama Alfa Minimart pada tanggal 18 Oktober 1999. Minimarket tersebut didirikan di Jalan Beringin Raya, Karawaci, Kota Tangerang.  

Hanya saja kepemilikan saham PT Alfa Mitramart Utama tersebut harus terjual pada tanggal 1 Agustus 2002 dan kemudian dimiliki oleh PT Sumber Alfaria Trijaya di bawah HM Sampoerna dengan kepemilikan saham sebesar 70 persen serta 30 persen sisanya dikuasai oleh PT Sigmantara Alfindo. Beberapa bulan setelahnya, tepatnya pada tanggal 1 Januari 2003, nama Alfa Minimart kemudian diubah dan menjadi bernama Alfamart sampai sekarang ini.

Alfamidi

Pada tanggal 28 Juni 2007 lalu dapat dikatakan sebagai awal dari sejarah terbentuknya Alfamidi. Dikatakan begitu karena memang pada tanggal, bulan dan tahun tersebut, Djoko Susanto selaku seorang pebinsis yang cukup sukses dan ternama dari Indonesia mendirikan perusahaan yang dinamakan PT Midimart Utama (MIDI).

Djoko sendiri juga merupakan pendiri sekaligus CEO PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. yang merupakan pemegang saham terbesar dari minimarket waralaba terkenal di Indonesia, Alfamart. Dengan didirikannya MIDI yang memiliki konsep hampir sama dengan Alfamart di mana menjadi satu tempat one stop shopping bagi masyarakat, maka diharapkan mampu memberikan pelayanan berupa tempat belanja murah dan dekat dengan tempat tinggal siapa saja.

Gerai Alfamidi pertama didirikan di Jalan Garuda, Jakarta Pusat dan kemudian menjelang akhir tahun 2007, sudah ada 3 gerai lainnya yang didirikan dan 1 Distribution Center (DC) di daerah Serpong, Bekasi. Sampai sekarang ini, sudah ada ribuan gerai Alfamidi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Perbedaan Alfamart dan Alfamidi

Walaupun berada dalam satu manajemen serta konsepnya juga sama, namun pastinya ada pembeda antara Alfamart dan Alfamidi. Perbedaan keduanya tersebut terletak pada ukuran tempatnya dan juga kelengkapan item yang dijual.

Alfamart memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Alfamidi karena pada dasarnya item yang dijual lebih terfokus pada kebutuhan pribadi saja dan jumlahnya pun terbatas. Sedangkan Alfamidi memiliki ukuran lebih besar dibandingkan Alfamart atau minimarket pada umumnya. Jadi dapat dikatakan ukurannya adalah lebih besar dari minimarket dan lebih kecil dari supermarket.

Untuk masalah item yang dijual, di Alfamidi berisikan banyak barang seperti yang dijual di Alfamart ditambah lagi dengan buah, sayur serta frozen food. Di Alfamidi juga menyediakan air panas yang dapat digunakan pelanggan untuk menyeduh noodle cup atau juga membuat kopi sachet-an.

Promo seru bulan juli, Alfamart bagi bagi motor, segera kunjungi promo alfamartku

Baca Juga : untungnya jadi member Alfamart

Comment here