Berikut Ini Cara Membuat E-Toll Card di Alfamart dan Bagaimana Melakukan Top-up

Jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, sekarang ini ketika harus masuk ke tol, setiap pengendara sudah dimudahkan dengan penggunaan kartu elektronik tol atau e-toll card. Keberadaan e-toll card ini dirasa sangat membantu sekali terutama bagi orang-orang yang sering melakukan perjalanan menggunakan mobil yang mana harus melewati jalan tol.

Dikatakan sangat membantu karena dulu banyak orang yang harus menyisihkan atau mempersiapkan uang kecil untuk membayar karcis masuk ke suatu jalan tol, namun dengan kartu elektronik tol tersebut, hal itu sudah tidak lagi berlaku. Pasalnya, dengan e-toll card tersebut, selain ikut membantu program pemerintah dan memangkas terjadinya kecurangan atau juga pungli, penggunaannya sangat membantu sekali dalam proses pembayarannya sehingga perjalanan tidak banyak tersita.

Cara bikin e toll Alfamart

Sekarang ini ada sangat banyak sekali jenis-jenis e-toll card yang dikeluarkan oleh banyak pihak dan salah satunya adalah e toll Alfamart. Kartu elektronik tol dari Alfamart ini seperti halnya e-toll card lainnya, yaitu harus berisikan e-money yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri. Kenapa Bank Mandiri? Hal itu dikarenakan saat perilisan e-toll ini, Pemerintah Indonesia menggandeng Bank Mandiri sebagai pihak bank yang bertugas untuk menerbitkan dan mengatur masalah pengeluaran kartu elektronik untuk jalan tol tersebut.

Oleh karenanya, ketika ingin memiliki e-toll card, maka harus pulalah mempunyai e-money. Namun dalam hal ini bukan berarti Anda harus menjadi nasabah Bank Mandiri untuk dapat memiliki e-money karena jika Anda tidak memiliki e-money, maka saat ingin membuat kartu e-toll, Anda haya perlu mengatakan ke kasir di Alfamart bahwa Anda ingin membuat kartu semacam itu.

Setelah itu, pihak kasir Alfamart akan segera membuatkannya dengan cepat dengan biaya sebesar Rp50.000. Hanya saja, walaupun Anda menyetorkan atau membayar sebesar Rp50.000, di dalam kartu e-toll yang sudah Anda miliki tersebut hanya berisikan Rp40.000 karena Rp10.000 nya digunakan sebagai biaya administrasi pembuatan kartu. Dan jika Anda sudah memiliki kartu e-toll maka, ketika ingin top-up atau melakukan pengisian ulang, biaya administrasinya hanya sebesar Rp1.000 saja.

Cara isi ulang e toll Alfamart

Setelah mengetahui cara untuk membeli e-money dan juga e toll Alfamart, hal lain yang perlu Anda ketahui adalah bagaiamana cara isi ulang e toll Alfamart atau cara melakukan top-up nya. Untuk melakukan top-tup kartu e-toll di Alfamart caranya sangat mudah dan sama seperti halnya ketika Anda ingin menukarkan uang tunai untuk dijadikan e-money yang mana nantinya dapat digunakan untuk mengisi e-toll. Anda hanya perlu mencari gerai Alfamart terdekat dan kemudian mengatakan kepada kasir bahwa Anda ingin top-up e-toll.

Setelah itu Anda akan ditanya berapa nominal yang ingin ditambahkan ke dalam kartu e-toll yang Anda miliki tersebut dan sesaat usai Anda membayarnya, maka kartu e-toll tersebut sudah siap digunakan kembali. Sebagai catatan, pengisian saldo maksimum untuk sebuah e-toll card adalah sebesar Rp1 juta. Dan dengan saldo yang dimiliki dalam kartu e-toll tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir lagi untuk harus mempersiapkan uang kecil atau perjalanan menjadi tersendat karena harus bayar-bayar di tol. Cukup menggunakan kartu yang sudah terisi saldo tersebut, maka semuanya masalah terselesaikan.

Jadi bagi Anda yang masih awam dengan penggunaan e-toll ini, dapat langsung saja pergi ke gerai Alfamart atau ke cabang Bank Mandiri terdekat dan akan dijelaskan hal-hal yang terkait dengan kartu elektronik tersebut.

Comment here