Dibandingkan dengan Sistem Konvensional, Bayar Listrik Alfamart Lebih Mudah dan Efisien

Dulu, sebelum Perusahaan Listrik Negara (PLN) berinovasi dengan memunculkan sistem pembayaran listrik pra bayar atau dalam istilah resminya disebut dengan nama Listrik Pra Bayar (LPB), setiap rumah yang menggunakan layanan harus membayar tagihan setiap awal bulan.

Memang tidak terlalu mengkhawatirkan harus terputus di tengah jalan atau harus mengalami pemadaman sendirian karena pasokan listriknya akan secara langsung dan terus menerus dialirkan oleh pihak PLN. Hanya saja yang menjadi hal yang mengkhawatirkan adalah tunggakan yang harus dibayar setiap awal bulannya dan tidak ada yang mengetahui berapa nominal yang harus dibayarkan jika tidak pergi ke kantor PLN terlebih dahulu.

Namun kini dengan digulirkannya LPB yang dikenal juga dengan istilah listrik token, maka seseorang dapat menikmati layanan listrik dengan cara membayar terlebih dahulu alias pra bayar. Seperti halnya ketika seseorang menggunakan telepon genggam, untuk dapat memakainya, maka secara logika harus memiliki pulsa terlebih dahulu, bukan? Nah, sistem itulah yang berlaku di LPB tersebut.

Keuntungan bayar listrik di Alfamart

Dengan menggunakan LPB maka seorang pelanggan dapat mengatur sendiri berapa jumlah pengeluaran yang harus digunakan untuk listrik selain pengeluaran rumah tangga lainnya. Bahkan dengan sistem token ini, pelanggan juga tidak perlu repot menunggu petugas PLN lagi karena proses pengisian pulsanya pun dapat dilakukan sendiri dengan mudah dan cepat.

Dan untuk membeli pulsa token atau pulsa listrik LPB itu, pihak PLN sendiri sudah bekerja sama dengan banyak tempat, seperti salah satunya adalah Alfamart. Dengan dapat membeli pulsa token listrik di Alfamar tersebut, maka pelanggan selain tidak lagi perlu repot-repot datang jauh ke kantor PLN, pembelian pulsa tersebut juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, mengingat banyaknya gerai Alfamart yang tersebar di berbagai tempat di seluruh Indonesia.

Ketika Anda ingin belu pulsa token atau bayar listrik di Alfamart, maka tidak perlu menunggu terlalu lama, bahkan tak sampai 5 menit, prosesnya dapat terselesakan dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu mendatangi salah satu gerai Alfamart terdekat dan kemudian memberitahukan nomor token listrik yang Anda miliki ke pihak kasir dan kemudian tunggu beberapa saat, Anda hanya perlu membayar jumlah yang ingin dibeli dan selesai. Cukup mudah, bukan?

Selain dapat bayar listrik di Alfamart, Anda juga dapat menggunakan media ATM sebagai sarana pembelian pulsa LPB-nya. Dan proses pembayaran via ATM ini juga tidak kalah mudahnya dengan bayar listrik di Alfamart. Anda hanya perlu memasukkan kartu ATM dan memilih pilihan-pilihan khusus yang tersedia, kemudian memasukkan nominal yang diinginkan dan selesai.

Sayangnya, dengan segala kemudahan dan juga kepraktisan yang dimiliki sistem pra bayar dari PLN ini, ternyata tidak banyak orang di Tanah Air yang mulai memutuskan untuk beralih dari penggunaan meteran listrik konvensional dengan yang versi LPB. Rata-rata beranggapan bahwa dengan sistem konvensional lebih tidak merepotkan dibandingkan dengan yang menggunakan token, padahal sebenarnya justru lebih sederhana yang sistem pra bayar daripada yang pasca bayar.

Memang secara umum keduanya memiliki kelebihan sendiri-sendiri, seperti contohnya seperti yang disebutkan di paragraf atas, dengan menggunakan sistem konvensional, maka pelanggan tidak perlu takut akan terputusnya listrik secara tiba-tiba, namun sistem pra bayar, pelanggan juga dapat lebih hebat dalam penggunaan listrik. So, semuanya akhirnya kembali ke minat dan keputusan masing-masing individu.

Comment here