5 tips belanja hemat dengan Promo Gajian Untung

Pertama kali bekerja sampai dengan pertama kali memiliki uang sendiri dari kerja keras yang dilakukan, maka akan terasa bangga dan menyenangkan ketika saat gajian tiba, bukan? Hal tersebut sangatlah wajar dan dialami oleh semua orang. Hanya saja, dalam penggunaan uang gaji tersebut, setiap orang tentunya sangat berbeda. Ada yang langsung menabungkannya, ada yang menginvestasikannya dalam bentuk apapun sampai dengan ada yang digunakan untuk berfoya-foya sebagai bentuk perayaan gaji pertama.

Terlepas dari semua aksi yang dilakukan saat menerima gaji untuk kali pertama, tentunya bagi seseorang yang benar-benar baru dalam dunia kerja dan tidak tahu harus melakukan apa selanjutnya agar gaji tersebut dapat mencukupi kebutuhan sampai sebulan atau setidaknya sampai gaji berikutnya, maka dibutuhkan perencanaan sistematis dan terukur agar tidak membuat hanya sampai tengah bulan, sudah tidak memegang uang sama sekali. Nah, berikut ini adalah kiat sederhana untuk melakukan pengelolaan uang gaji setiap bulannya.

Membuat perencanaan anggaran

Agar tidak sampai habis di tengah bulan dan akhirnya harus berutang ke sana- ke mari, maka dibutuhkan perencanaan anggaran yang benar-benar tepat. Buatlah perencanaan berupa pembagian pengeluaran dalam satu bulan, seperti uang yang harus dikeluarkan untuk makan, transportasi, komunikasi (pulsa dan paket data) dan lain sebagainya. Gaji satu bulan tersebut harus benar-benar dibagi sesuai posnya. Dan jangan lupa sisihkan untuk keperluan tak terduga, tabungan serta uang yang dapat Anda gunakan untuk hangout atau hal sepele lainnya.

Membuat laporan pengeluaran harian

Jika memang Anda beraktivitas dan berlaku sesuai dengan yang telah direncanakan dan uang yang dianggarkan dan dikeluarkan sesuai dengan yang telah dibagi berdasarkan kebutuhannya, maka mungkin laporan keuangan atau pengeluaran harian tidak perlu dibuat. Akan tetapi bukan berarti hal tersebut benar-benar dapat diabaikan begitu saja, karena laporan tersebut dapat Anda jadikan pijakan dan tolok ukur sejauh mana pengeluaran Anda dalam satu bulan sekaligus untuk mengetahui apa saja yang seharusnya tidak perlu dibeli di bulan sebelumnya.

Do not put all eggs in one basket

Ya, benar! Ungkapan “Do not put all eggs in one basket” atau “Jangan letakkan semua telur dalam satu keranjang” adalah benar adanya. Dikatakan begitu karena meletakkan semua penghasilan Anda dalam satu rekening atau satu tempat, maka Anda ada kalanya justru sulit untuk mengontrolnya. Jadi, buatlah rekening di bank lain yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan uang gaji setelah dibagi menjadi 2.

Prioritas utama

Ketika berbelanja, usahakan untuk benar-benar mengutamakan yang menjadi prioritas utama. Contohnya, sebelum berbelanja untuk keperluan satu bulan, catat terlebih dahulu apa saja yang harus dibeli. Ketika Anda berada di tempat perbelanjaan, Anda tidak perlu bingung harus membeli apa dan dibingungkan oleh banyaknya barang-barang lain yang menarik. Setelah semua kebutuhan yang dicatat terbeli, langsung bayar dan pergi. Semakin lama Anda berada di tempat perbelanjaan tersebut, maka ada kemungkinan godaan dan gelap mata menjadi semakin besar yang akhirnya Anda membeli barang-barang yang tidak begitu diperlukan. Setidaknya untuk waktu dekat.

Manfaatkan promo gajian untung

Apa yang dimaksud dengan promo gajian untung atau promo gantung ini adalah promo dari Alfamart yang diperuntukkan bagi para pelanggannya. Anda dapat memanfaatkan promo gajian untung Alfamart tersebut untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus menguras kantong berlebih. Promo gantung Alfamart ini memiliki periode tertentu yang harus cepat Anda manfaatkan serta peroleh manfaatnya.

Ada banyak produk yang dijual di Alfamart dengan harga khusus selama periode promo gajian untung ini. Bahkan harga yang dipotong tersebut tidak tanggung-tanggung, ada yang sampai 50 persen besarnya. So, segera dapatkan informasi mengenai promo seperti ini melalui selebaran atau brosur yang ada di Alfamart atau juga melalui aplikasi Alfagift.

Comment here