Inspirasi Menu Buka Puasa Simple Yang Dinikmati Bersama Keluarga

Bulan Ramadhan adalah salah satu momen terbaik karena Anda jadi lebih punya banyak waktu bersama keluarga tersayang. Namun di sisi lain, banyak sekali yang merasa stres karena bingung harus menyiapkan apa untuk buka puasa setiap harinya. Anda diharuskan menyiapkan makanan yang lezat, bergizi, tapi juga harganya cukup terjangkau. Nah, untuk Anda yang mencari menu buka puasa simple namun bisa bikin ketagihan, berikut ini beberapa inspirasinya:

Ayam tepung asam manis

Nah, menu satu ini pasti jadi favorit karena rasanya yang lezat dan juga cukup mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan ayam fillet tanpa tulang, kemudian dipotong kecil-kecil dan dilapisi tepung bumbu lalu digoreng hingga matang. Untuk saus asam manisnya, Anda bisa menggunakan paduan saus tomat dan saus sambal botolan. Tapi untuk membuat dari nol juga cukup mudah kok, tinggal melumatkan tomat lalu membumbuinya dengan sedikit gula dan menambakan kaldu. Kentalkan saus dengan larutan tepung maizena. Untuk sayurnya, Anda bisa memasukkan irisan wortel, buncis, dan juga nanas ke dalam saus. Lauk ini nikmat sekali disantap dengan nasi hangat dan pastinya juga penuh dengan protein.

Ikan tim sayuran

Selain ayam, ikan pun bisa jadi menu buka puasa simple untuk disiapkan. Anda bisa memilih ikan laut ataupun ikan tawar sesuai selera. Untuk menu satu ini, pas sekali jika menggunakan ikan dengan duri yang jarang seperti tuna atau kakap. Membuat menu ikan tim ini sangat mudah. Pertama, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amisnya. Kemudian masukkan ikan ke dalam alumunium foil dan tambahkan jahe yang sudah digeprek, gula, garam, serta sedikit kecap ikan. Anda juga bisa menambahkan wortel, brokoli, dan kentang sebagai sayurannya. Masukkan semua ke dalam aluminium foil kemudian kukus sampai matang. Saat matang nanti, akan ada kuah yang  berasal dari kaldu ikan. Rasanya super sedap dan pas sekali disantap dengan nasi hangat.

Tumis tahu jamur pedas

Siapa bilang kalau menu buka puasa harus selalu menggunakan ayam atau ikan? Anda juga bisa kok, memakai sumber protein nabati seperti tahu. Dari segi gizi tak kalah bagusnya, dan dari segi rasa juga sangat nikmat. Untuk membuat tumis tahu jamur pedas, Anda perlu memotong tahu menjadi ukuran sekali suap kemudian menggorengnya. Setelah itu, masukkan tahu ke dalam bumbu pedas dan tambahkan dengan irisan jamur. Anda juga bisa memasukkan beberapa sayuran seperti wortel dan paprika yang rasanya akan sangat cocok dengan bumbu pedas. Tekstur tahu yang empuk akan bisa menyerap bumbu pedas dengan sangat sempurna. Menu satu ini  juga cocok dijadikan pilihan saat sahur karena mudah dibuat.

Sayur tempe labu siam

Pecinta tempe juga bisa merasakan kelezatan menu berbahan dasar tempe yang super lezat. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan labu siam yang sudah dipotong tipis memanjang mirip dengan mie. Tempenya sendiri bisa dipotong kotak kecil atau memanjang juga. Tempe dan labu siam ini dimasak dengan kuah santan pedas, kemudian bisa disantap dengan ayam goreng atau ikan goreng dan juga sambal. Menu ini bisa dipanaskan untuk keesokan harinya lho, jadi cocok jika Anda tidak sempat memasak setiap hari.

Sudah mendapatkan menu buka puasa simple untuk sore ini? Jangan lupa juga siapkan hidangan pencuci mulut untuk melengkapi momen bersantap Anda.

Comment here