Supaya Makin Kuat, Simak Tips Berpuasa Dari Alfamart

Ramadhan menjadi salah satu momen terpenting bagi umat Muslim. Di bulan ini, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan lamanya, supaya bisa menahan hawa nafsu dan membersihkan diri sehingga kembali ke suci. Namun meski Anda berpuasa, tetap saja aktivitas harian tidak boleh sampai diabaikan. Puasa tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan apalagi kalau sampai hanya tidur seharian. Ada beberapa tips berpuasa dari Alfamart yang layak Anda simak seperti berikut ini:

Sahur di jam yang tepat

Banyak orang yang begadang sampai jam 12 malam dan kemudian memilih untuk langsung makan sahur supaya tidak perlu bangun dini hari. Hal ini memang terkesan praktis ya, namun justru kebiasaan semacam ini yang membuat Anda lebih mudah lapar saat puasa. Sebab ketika makanan sudah masuk di jam 12 malam lalu Anda pergi tidur, maka makanan akan dicerna oleh tubuh dan perut pun kembali kosong. Jangan heran kalau saat bangun pagi perut bisa jadi sudah terasa lapar kembali sehingga seharian Anda tak kuat beraktivitas. Maka dari itu, makanlah di jam yang tepat yakni satu jam hingag 30 menit sebelum imsak tiba.

Konsumsi makanan bernutrisi

Harus bangun dini hari dan memasak memang sangat melelahkan, ya. Itulah mengapa banyak orang yang lebih memilih menyantap makanan seadanya seperti mie instan atau bahkan hanya snack dalam kemasan. Tapi perlu Anda tahu, makan sahur bukan hanya tentang mengisi perut sampai kenyang, namun juga memastikan ada cukup nutrisi yang terpenuhi. Jadi semakin bernutrisi makanan yang Anda santap saat sahur, jelas makin kuat pula Anda berpuasa. Pastikan saat sahur makanan mengandung karbohidrat, serat, protein, serta vitamin dan mineral. Contoh sederhananya adalah sayur sop dengan ayam goreng, nasi, dan buah pepaya serta tentu saja segelas air putih.

Batasi aktivitas fisik

Tak bisa dipungkiri, saat berpuasa tubuh memang akan kurang berenergi dibanding biasanya. Maka dari itu, sebaiknya Anda membatasi aktivitas fisik yang tidak terlalu penting. Misalnya saja jika Anda ingin window shopping di siang hari, bisa menggantinya dengan belanja online yang lebih hemat tenaga. Tapi membatasi aktivitas fisik di sini bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan, ya. Aktivitas fisik yang berhubungan dengan pekerjaan atau kesehatan tetap perlu dilakukan. Untuk olahraga sendiri, bisa dilakukan di sore hari menjelang berbuka sehingga tubuh pun tidak akan terasa lemas karena segera terisi dengan makanan dan juga minuman.

Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka

Banyak sekali orang yang sudah merencanakan untuk makan ini itu ketika sahur dan berbuka, namun justru melupakan hal yang sangat penting yakni air putih. Padahal, air putih berperan dalam menjaga metabolisme tubuh dan memastikan tubuh tetap prima sepanjang hari. Saat sahur dan berbuka, usahakan selalu mengawali dan mengakhiri dengan air putih. Konsumsi minuman lain seperti kopi atau jus boleh-boleh saja, namun tetap air putih yang utama.

Kalau Anda menjalankan setiap tips kuat puas dari Alfamart tersebut, dijamin tak akan ada yang namanya lemas dan lesu di bulan Ramadhan. Selama bulan Ramadhan pun Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa dan mendapatkan pahala maksimalnya. Yuk, jalani Ramadhan penuh semangat dengan tips berpuasa dari Alfamart yang super praktis dan mudah diterapkan!

Comment here