Tips Mudik Aman Supaya Bisa Lebaran Bersama Keluarga Tersayang

Tidak terasa ya, tak lama lagi hari Raya Idul Fitri akan segera tiba. Anda tentu sudah mulai mempersiapkan segala sesuatu yang akan dibawa untuk mudik, bukan? Mudik memang menjadi salah satu tradisi yang banyak dilakukan di Indonesia. Mahasiswa, para pekerja, dan anggota keluarga yang merantau semuanya pulang kembali ke kampung halaman untuk merayakan hari spesial ini bersama keluarga tersayang. Tidak hanya itu saja, Idul Fitri juga jadi momentum terbaik untuk kembali menjalin silaturahmi yang sempat terputus akibat kesibukan dan aktivitas sehari-hari.

Tapi yang perlu Anda tahu, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar mudik bisa berjalan dengan lancar. Yuk, simak dulu beberapa tips mudik berikut ini:

Jangan berangkat terlalu mepet Lebaran

Sebisa mungkin, ambil cuti jauh-jauh hari dan mulai mudik setidaknya 10 hari sampai satu minggu sebelum Lebaran tiba. Semakin Anda mudik di waktu yang mepet, maka makin besar pula kemungkinan untuk menghadapi kemacetan yang sangat melelahkan. Berangkat lebih awal tak hanya membuat perjalanan lebih nyaman, tapi harga tiket juga masih lebih terjangkau. Apalagi jika Anda memutuskan untuk berangkat dengan mengendarai mobil pribadi, maka penting sekali untuk menentukan jadwal keberangkatan yang tepat.

Siapkan perjalanan dengan baik

Ketika akan mudik, bukan hanya uang saja yang perlu dipersiapkan. Ada banyak hal yang harus Anda siapkan, misalnya saja fisik dan mental. Melakukan perjalanan jauh selama semalaman tentu membutuhkan fisik yang prima. Terlebih lagi jika Anda harus bepergian dengan anak-anak yang mungkin akan rewel selama perjalanan. Kemudian mental juga harus dipersiapkan karena mungkin Anda akan terjebak kemacetan, mengalami mogok kendaraan, atau hal-hal tidak terduga lainnya. Jangan sampai segala hambatan yang terjadi saat mudik membuat Anda stres dan tidak bisa menikmati liburan dengan baik. Ingatlah, di rumah ada keluarga besar yang menunggu kedatangan Anda dengan penuh suka cita.

Jangan lupa bawa perbekalan

Anda mungkin berpikir tidak perlu membawa terlalu banyak bekal, toh ada gerai Alfamart di seluruh kota. Tapi ingatlah, ada kondisi yang mungkin membuat Anda tak bisa mampir untuk membeli makanan, misalnya saja saat macet panjang. Jadi jauh lebih baik kalau Anda sudah mempersiapkan perbekalan sejak sebelum berangkat. Bawa camilan, minuman, air putih, dan juga roti untuk mengganjal perut. Membawa cup noodle juga bisa jadi pilihan terbaik karena tinggal diseduh dengan air panas. Obat-obatan juga jangan sampai dilupakan. Obat mabuk kendaraan, obat pusing, obat sakit perut, dan juga minyak kayu putih perlu dijadikan perbekalan selama perjalanan.

Selalu aktifkan GPS

Untuk menghindari salah arah dan membuat perjalanan mudik makin lambat, sebaiknya selalu aktifkan GPS selama perjalanan. Maka dari itu, pastikan paket data selalu penuh sehingga Anda bisa mengakses GPS di perjalanan. Anda bisa membeli paket data di Alfamart sebelum perjalanan dan pastikan juga membawa charger atau power bank untuk mengisi daya smartphone. Selain itu, pulsa telepon dan SMS juga perlu dimiliki, sebab bisa jadi Anda berada di daerah yang susah sinyal sehingga GPS pun sulit untuk diakses.

Bagaimana, sudah siap melakukan perjalanan panjang dengan tips mudik Alfamart? Pastikan semua persiapan sudah dilakukan dengan baik sehingga mudik Anda jadi lebih aman dan nyaman. Selamat menikmati libur Lebaran bersama keluarga tersayang!

Comment here