Yuk, Mengenal Pemilik Alfamart Lebih Dekat

Siapa sih yang tidak mengenal Alfamart? Alfamart adalah jaringan minimarket yang saat ini tengah berkembang di seantero Indonesia. Toko swalayan ini telah mengembangkan sayapnya hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Anda akan menemukan ratusan gerai Alfamart di kota-kota besar. Bahkan, Anda dapat dengan mudah menemukan gerai Alfamart hingga daerah pedesaan. Alfamart dinilai sebagai minimarket dengan 200 jenis produk yang terbilang cukup lengkap. Tak hanya itu, Alfamart juga digemari karena menawarkan produk-produknya dengan harga yang bersaing. Pastinya, Anda pasti penasaran dan ingin mengenal pemilik Alfamart, bukan?

Mengenal Pemilik Alfamart

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengenal pemilik Alfamart, berikut adalah informasi tentangnya. Alfamart didirikan oleh Djoko Susanto (atau Kwok Kwie Po), salah seorang pengusaha sukses di Indonesia. Bahkan beliau menempati posisi ke-27 dari 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Djoko adalah anak keenam dari 10 bersaudara. Djoko tidak sempat mengenyam pendidikan tinggi. Beliau terpaksa putus sekolah di kelas 1 Sekolah Dasar karena kebijakan diskriminatif pemerintah saat itu.

Djoko mulai terjun di bidang usaha saat beliau berusia 17 tahun. Saat itu beliau membantu untuk mengelola bisnis toko sederhana yang dimiliki oleh orangtuanya. Dewi Fortuna mulai meliriknya setelah beliau menarik perhatian dari Putera Sampoerna, pemilik dari perusahaan rokok dan tembakau terbesar di Indonesia. Djoko kemudian bekerjasama dengan Putera Sampoerna dan mendirikan 15 kios serba ada yang tersebar di beberapa lokasi di Jakarta. Pada bulan Agustus 1989, beliau meluncurkan perusahaan kecil yang dinamai Alfa Toko Gudang Rabat. Hingga saat ini, Djoko menggunakan kata “Alfa” sebagai trademark perusahaannya.

Kelahiran Alfamart

Setelah mendirikan Alfa Toko Gudang Rabat, Djoko Santoso menyadari bahwa perkembangan toko tersebut tak lagi bagus. Hal tersebut disebabkan karena toko tersebut kalah bersaing dengan supermarket lainnya pada saat itu. Beliau kemudian memutuskan untuk menjual Alfa Toko Gudang Rabat kepada Carrefour. Beliau kemudian mengambil langkah besar untuk menginvestasikan uangnya untuk mengembangkan 2 minimarket turunan dari Alfa Toko Gudang Rabat. Minimarket tersebut tak lain dan tak bukan adalah Alfamart dan Alfamidi.

Alfamart adalah salah satu brand minimarket yang didirikan oleh PT Alfa Retailindo, Tbk. Gerai pertama Alfamart dibuka di Jl. Beringin Raya Karawaci, tepatnya pada tanggal 18 Oktober 1999. Saat itu, Alfamart memiliki nama Alfa Minimart. Nama tersebut diubah menjadi Alfamart di tanggal 1 Januari 2003. Penawaran saham perdana untuk minimarket ini dibuka oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya pada bulan Januari 2009. Alfamart memiliki gerai flagship dan kantor pusat yang terletak di Jl. MH Thamrin No. 9 Cikokol, Tangerang.

Bisa disimpulkan, keputusan yang diambil oleh Djoko Santoso saat itu sangatlah tepat. Saat ini Alfamart (dan Alfamidi) telah berkembang menjadi salah satu jaringan retail yang paling sukses di Indonesia. Ada lebih dari 1000 gerai Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia. Alfamart menawarkan berbagai macam produk yang lengkap dengan harga yang sangat ramah di kantong. Belum lagi Alfamart cukup sering mengadakan berbagai macam promo dan diskon yang menggiurkan. Alfamart memiliki 2 slogan yang cukup berkesan di tengah masyarakat. Slogan pertama adalah “Belanja Puas, Harga Pas” yang mulai diluncurkan pada tahun 2003. Pada tahun 2015, Alfamart kembali meluncurkan slogan “Belanja Hemat, Ya di Alfamart”. Kedua slogan tersebut hingga saat ini menjadi slogan utama dari minimarket ini.

Setelah mengenal pemilik Alfamart dan usahanya lebih dalam, saatnya Anda berbelanja murah di Alfamart! Jangan lupa untuk stay update dengan berbagai macam promo dan diskon yang ada, ya.

Comment here