Tasini Alfamart, kurangi Pencemaran Plastik

Penggunaan plastik di Indonesia termasuk tinggi. Hal ini terbukti dengan penggunaan plastik untuk dijadikan sebagai pembungkus dan wadah berbagai barang. Maka dari itu, tingginya jumlah penggunaan plastik di tanah air ini membuat banyak pihak yang berusaha menanganinya agar hal ini tidak menjadi limbah yang dapat merusak lingkungan. Bahkan, Indonesia sekarang menjadi negara penghasil sampah terbesar nomor 2 di dunia. Pada masa kini, kalangan industri ritel sudah mulai menerapkan gerakan KPTG (Kantong Plastik Tidak Gratis) atau dengan kata lain berbayar. Hal seperti ini sudah dilakukan oleh berbagai kalangan, termasuk juga dengan Alfamart.

Solihin, Corporate Affairs Director Alfamart mengatakan bahwa penerapan kantong plastik berbayar seharga Rp 200 per lembar ini untuk mengingatkan masyarakat Indonesia supaya peduli terhadap lingkungan. Sebenarnya, hal ini diterapkan bukan karena harga Rp 200 yang dikenakan untuk tiap lembar kantong plastik, tetapi bagaimana masyarakat Indonesia sadar diri untuk peduli pada lingkungan. Maka dari itu, di samping penerapan hal yang satu ini, pada tanggal 11 Juli 2019 lau telah diadalkan sebuah acar peluncuran Recycle Ecobag Tasini yang diadakan di Alfa Tower, Tangerang Banten. Acara ini juga menjadi salah satu upaya untuk mengajak masyarakat Indonesia agar lebih peduli terhadap penggunaan plastik.

Tasini alfamart sendiri merupakan sebuah tas lupat yang telah tersedia di dalam berbagai bentuk gantungan kunci lucu berbentuk hewan laut. Tas ini adalah hasil kolaborasi antara Alfamart dan Tasini sebagai pengganti dari kantong plastik yang bisa digunakan ketika berbelanja di minimarket serupa. Ide ini merupakan inisiatif lingkungan hidup, MOPF atau Making Oceans Plastik Free yang dibentuk dari 4 orang warga negara Indonesia dan Jerman. Mereka pun memunculkan solusi untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan ekosistem dan membuatnya menyenangkan serta mudah dalam kebiasaan pengguanaan kantong plastik. Setelah itu, muncullah ide untuk membuat tas ini dengan bentuk lucu dan menggemaskan yang bisa dimiliki oleh siapa pun dalam bentuk gantungan kunci.

Produk tas pengganti kantong plastik ini menempuh proses pembuatan yang cukup panjang. Dua buah botol plastik didaur ulang dengan cara dipotong, lalu diolah menjadi benang dan dibentuk menjadi sebuah tas lucu. Anda bisa menemukan 3 bentuk hewan pada gantungan kunci ini. Warna merah muda untuk Olivia gurita, biru untuk Shaq si hiu, dan hujau untuk Teo si penyu. Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab harga tas yang satu ini sangat terjangkau. Bahkan, Anda juga bisa menemukan kehadiran promo Tasini alfamart untuk memenuhi kebutuhan yang satu ini tanpa harus membuat isi dompet Anda mendadak tipis.

Anda bisa menggunakan produk yang satu ini untuk mengurangi volume sampah plastik yang ada di Indonesia. Tasini kurangi sampah plastik ini juga bisa mendukung edukasi lingkungan dan konservasinya. Di samping itu, tas ini juga mendukung perdagangan bebas. Bahkan, produk tas ini juga sudah bisa dikembalikan ketika telah rusak. Pengembalian bisa dilakukan dengan mengikuti prosedur yang ada di http://www.tasini.co.id. Yuk, mulai kurangi sampah dan volume penggunaan plastik untuk menjaga lingkungan hidup. Hal yang satu ini tidak hanya berefek untuk masa kini, tetapi juga di waktu yang akan datang. Jika tidak dimulai dari sekarang, maka kapan lagi penekanan terhdap jumlah sampah plastik bisa dilakukan?

Comment here