Terapkan Tips Belanja Hemat Ini Agar Finansial Lebih Terjamin

Belanja menjadi sesuatu yang cukup sensitif diantara sebagian orang. Hal ini karena belanja erat sekali hubungannya dengan keuangan. Keuangan Anda dengan orang lainnya cukup berbeda. Jika Anda memiliki keuangan serba cukup, tidak ada masalah jika Anda harus sering-sering berbelanja. Namun, bagaimana jika Anda memiliki keuangan yang bisa dibilang belum stabil? Tenang saja, Anda bisa mempraktikkan tips belanja hemat agar kantong Anda tidak jebol. Tips belanja hemat ini bisa Anda terapkan untuk berbelanja apa pun. Anda bisa menerapkannya untuk belanja kebutuhan rumah tangga seperti bahan makanan yang banyak memakan porsi pengeluaran setiap bulannya.

Sebelum Pergi Belanja, Intip Dulu Tipsnya Berikut!

Sebelum pergi belanja, baiknya Anda simak dulu tips belanja hemat dari Alfamart ini:

  • Menyusun anggaran keuangan dan rencana belanja

 Setiap sesuatu yang terorganisir dan terencana dengan baik akan menghasilkan luaran yang baik pula. Sama halnya jika Anda telah merencanakan pengeluaran sebelum pergi berbelanja. Manfaatnya Anda tidak akan kebobolan dalam segi keuangan. Anggaran dan rencana ini bisa dibuat dengan mencatat segala pemasukan dan yang Anda terima. 

  • Catatlah pula kebutuhan apa saja yang harus Anda beli per bulan

Pastikan jumlah kebutuhan ini masih lebih kecil daripada pemasukan Anda. Hindari berutang karena hanya akan menyusahkan Anda di kemudian hari. 

  • Jadilah kreatif saat belanja

Tips belanja hemat dari Alfamart yang kedua yaitu kreatiflah dalam berbelanja. Mungkin Anda fanatik terhadap produk dengan merek tertentu. Sayangnya, keuangan Anda tidak mampu untuk mengakomodasi pembayaran tersebut. Karenanya, Anda harus kreatif mencari cara agar tetap mendapatkan produk yang Anda butuhkan. Anda bisa mencari pemasukan lain atau beralih ke merek yang berbeda dalam satu jenis produk yang sama. 

  • Cermat pilih alternatif produk

Dengan memilih alternatif produk, Anda tentu akan menemukan produk-produk serupa dengan harga yang beragam. Anda bisa memilih harga yang lebih murah tetapi dengan kualitas yang masih cukup baik. Hal ini bukanlah suatu masalah karena pada dasarnya semua produk memiliki manfaat yang sama. Anda butuh manfaat dari produk tersebut, bukan gengsi.

  • Berbelanja dalam ukuran besar

Belanja dengan ukuran kemasan yang lebih besar harganya akan lebih murah. Mungkin Anda tidak menyadari hal ini. Namun jika Anda perhatikan betul, harga produk kemasan kecil jika dikalikan sejumlah kemasan besar dalam merek yang sama akan jauh lebih mahal. Sementara produk dengan kemasan lebih besar jauh lebih murah. Mungkin ini masih terlihat kontras namun bisa Anda buktikan sendiri. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya produk yang dibeli dalam kemasan besar berupa produk yang tahan lama seperti sabun, deterjen, dan lain-lain. Jika Anda membeli produk yang masa simpannya sedikit seperti bahan makanan baiknya pikirkan apakah frekuensi penggunaan Anda sering atau jarang.

Tips belanja hemat yang terakhir yaitu belanjalah di Alfamart. Alfamart memberikan banyak keuntungan belanja bagi Anda karena banyak menyediakan promo. Setiap hari, selalu ada promo menarik yang bisa Anda manfaatkan. Promo akan membantu menekan pengeluaran Anda agar tidak membengkak. Apalagi Alfamart juga sering memberikan diskon besar-besaran dan promo pembelian produk dengan jumlah tertentu. Agar tidak ketinggalan informasi promo menarik, Anda bisa download aplikasi Alfagift. Informasi promo juga bisa Anda ketahui melalui katalog promo bulanan yang ada di setiap gerai Alfamart. Ayo, belanja di Alfamart sekarang. Belanja hemat, ya di Alfamart.

Comment here