Biar Cepat Sembuh, Simak Tips Mengatasi Demam pada Anak

Anak-anak memiliki kondisi fisik serta daya tahan tubuh yang masih tengah berkembang. Daya tahan tubuh setiap anak pun berbeda-beda. Maka dari itu, banyak anak yang sering mengalami gangguan kesehatan, salah satunya seperti sakit demam. Biasanya, ketika tubuh anak sedang berupaya melawan serangan infeksi, maka terjadilah kondisi demam ini. Sebenarnya, tips mengatasi demam pada anak tidak hanya dengan membawa anak ke dokter saja. Anda juga bisa mengatasinya sendiri di rumah, kok. Akan tetapi, jika demamnya tinggi, yang biasanya melebihi 37 derajat Celcius, anak akan merasa tidak nyaman, bahkan mengalami dehidrasi.

Untuk itu, Anda bisa melakukan tindakan penanganan pertama yang dapat membantu meredakan demam anak. Sebab, jika sedang mengalami demam, anak akan merasa tidak nyaman, dikarenakan suhu tubuhnya terus naik. Bahkan, bisa jadi anak susah tidur karena dia menggigil saat malam hari. Maka dari itu, Anda disarankan melakukan langkah-langkah berikut ini untuk membantu mengatasi demam anak, tanpa membawa mereka ke dokter. Langkah penanganan demam di rumah yaitu:

Banyak Minum Air Putih

Anak Anda tidak harus minum air putih banyak secara langsung, namun justru lebih baik jika dia meminumnya sedikit-sedikit tetapi sering. Tips mengatasi demam pada anak ini juga dapat membantu panasnya agar cepat keluar dari tubuh. Dengan banyak minum air putih, maka ini bisa membantu mencegah dehidrasi. Sebab, ketika demam si kecil biasanya kehilangan lebih banyak cairan tubuh. Nah, Anda juga bisa memberikan asupan cairan lainnya selain minuman air putih. Anda boleh memilih makanan dan minuman seperti es krim, sup dan lainnya. Tidak apa-apa, kok, memberikan minuman dingin kepada anak, karena ini bisa membantu mengatasi demamnya. Namun, Anda bisa menghindari minuman berkafein, misalnya teh, minuman bersoda atau kopi, sebab ini bisa membuat si kecil jadi sering buang air kecil.

Lebih Banyak Makan

Ketika sakit, termasuk saat sedang demam, anak Anda membutuhkan nutrisi lebih banyak daripada biasanya. Makanya, supaya demamnya cepat reda, Anda bisa memberikan banyak makanan untuk si kecil. Biasanya, demam yang lebih tinggi juga membutuhkan asupan gizi yang semakin banyak pula. Jadi, Anda biarkan saja anak makan makanan apapun yang disukainya. Ini dapat membantu menjaga nafsu makannya agar tetap tinggi. Sebab, biasanya kalau anak sedang demam, nafsu makannya akan berkurang, sehingga dia jadi susah makan dan ini malah membuatnya tidak kunjung sembuh. Anda bisa menawarkannya makanan apa saja, namun ingat untuk tidak memaksanya jika anak tidak mau. Nanti, kalau dia lapar, pasti anak Anda akan mencari makanan.

Mempercepat Keluarnya Panas Tubuh

Untuk melakukan cara ini, langkah pertama yang dapat Anda lakukan yakni memakaikan pakaian tipis pada anak. Sebab, baju yang kainnya tebal justru akan menghalangi panas untuk cepat keluar dari tubuh anak. Pilihkan pakaian tipis yang menutupi seluruh tubuh anak, jadi dia tidak akan kedinginan maupun kepanasan. Cara lainnya yang juga sangat manjur yaitu dengan memakai produk penurun demam yang bisa Anda beli di Alfamart, seperti Bye Bye Fever. Produk yang berupa plester ini bisa Anda pakaikan di dahi anak, nanti lama-kelamaan panasnya akan berangsur-angsur turun. Perlu diingat bahwa Bye Bye Fever diperuntukkan bagi anak berusia di atas 2 tahun, ya.

Tips mengatasi demam di rumah cukup sederhana, bukan? Untuk berjaga-jaga supaya Anda bisa melakukan penanganan dengan segera, dapatkan obat dan alat penurun demam di Alfamart! Produknya lengkap dan berkualitas, serta harganya sangat terjangkau.

Comment here